in: News | March 8, 2012 | by: Pramanaya Tjokronegoro

iPad Baru vs iPad 2: Head-to-Head

Apple mengumumkan penerus iPad 2 beberapa jam lalu dan tablet itu cukup memukau perwakilan media yang hadir saat itu. Apa saja perbedaannya dengan iPad yang Anda miliki sekarang? Apakah Anda perlu mengupgrade iPad Anda? JagatReview akan membantu Anda menjawab pertanyaan ini.

Spesifikasi


Tabel ini cukup menjelaskan perbedaan kedua iPad tersebut. Masih membingungkan? Mari kita breakdown.

Layar

Layar kedua iPad memiliki ukuran sama, kecerahan sama, viewing angle yang kira-kira sama. Perbedaannya ada pada resolusi. iPad baru dilengkapi layar resolusi 2048 x 1536 pixel yang empat kali lipat lebih tinggi dari iPad 2. Layar ini sudah lama diprediksi, dan memang impresif. Resolusi tersebut dengan telak mengalahkan resolusi semua tablet lain, juga mengalahkan resolusi televisi dan layar LCD Anda.

Resolusi setinggi ini akan berdampak pada kenikmatan membaca majalah/komik, browsing, movie playback, photo editing, atau gaming. Basically, semua tipe user iPad pasti akan merasakan perbedaan yang signifikan.

Processor

iPad2 dilengkapi processor dual core Apple A5. Sementara, iPad baru menggunakan processor A5X. CPU kedua processor ini disinyalir memiliki core dan clockspeed sama. Karena itu, pengguna yang CPU intensive, seperti photo editing atau audio processing mungkin tak akan merasakan perbedaan.

Namun, GPU iPad baru merupakan tipe quad-core. Tentu saja ini untuk mengimbangi display yang juga memiliki jumlah pixel lebih tinggi. Karena itu, performa gaming, 3D rendering, dan movie editing akan terdorong.

Kamera

Hasi foto iPad

Apakah Anda akan memotret secara serius dengan tablet 10 inci? Apple mengatakan, “Ya.” iPad baru memiliki kamera yang serupa dengan iPhone 4. Kamera tersebut sudah terkenal performanya, baik pada kondisi terang maupun kondisi kurang cahaya. Kamera ini juga kini dapat merekam video sampai 1080p, di mana iPad 2 hanya dapat merekam video 720p. Jadi, jika Anda hobi memotret dengan gadget sebesar baki, tentu iPad baru ini adalah pilihan terbaik.

Konektivitas

Perbedaan konektivitas hanya pada koneksi data seluler. Di mana sebelumnya iPad 2 hanya terbatas pada kecepatan 3G, iPad baru sudah mendukung HSPA, HSPA+, DC-HSDPA, dan koneksi LTE. Apa dampaknya bagi Anda? Jika Anda tinggal di Jakarta, Anda bisa mendapatkan koneksi data yang lebih cepat (di lokasi-lokasi tertentu). Namun, jika Anda berdomisili di kota lain yang belum terjamah HSPA, Anda tak akan merasakan perbedaan kecepatan akses data.

Dimensi & Bobot

iPad yang baru sedikit lebih tebal dan lebih berat karena baterai yang lebih besar. Baterai besar ini dibutuhkan untuk menjaga daya tahan iPad tetap seperti dahulu, yaitu 10 jam. Meskipun begitu, perbedaan dimensi dan bobot ini cukup minim sehingga Anda tak akan merasakannya.

Kesimpulan

Dengan harga sama dan feature yang menarik, iPad baru ini sangat layak dimiliki. Perbedaannya dengan iPad 2 cukup signifikan sehingga kami menyarankan Anda untuk mempertimbangkan upgrade begitu produk tersebut tersedia.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES