in: Graphics Card | March 22, 2012 | by: Gatot Tri Yuwono

Mengintip Arsitektur dan Teknologi Terbaru Pada VGA NVIDIA GeForce GTX 680 2GB (Kepler)

Graphics card

 

Seperti inilah bentuk fisik NVIDIA GTX 680 reference. NVIDIA GTX 680 menggunakan desain dual-slot cooling. NVIDIA GTX 680 memiliki ukuran panjang sebesar 254 mm dimana ukuran ini lebih pendek dibandingkan NVIDIA GTX 580 yang memiliki ukuran 267 mm.

NVIDIA GTX 680 kembali menghadirkan sistem pendingin tipe vapor chamber dengan tiga buah heatpipe tembaga. Heatpipe ini akan mengalirkan panas dari chip GPU menuju sirip-sirip heatsink yang terbuat dari bahan alumunium di atasnya.

NVIDIA melakukan beberapa perombakan pada layout sistem pendingin. Komponen heatsink ditempatkan menjauh dari bracket dengan jarak sekitar 13mm. Hal ini ditujukan agar udara panas dapat mengalir lebih lancar saat melalui sirip-sirip heatsink menuju lubang pembungan udara. Selain itu, komponen phase-power tidak lagi ditempatkan sejajar dengan sisi lebar PCB melainkan sejajar dengan sisi panjang PCB. Hal ini menyebabkan posisi kipas sedikit bergeser mendekati sisi samping PCB. Komponen kipas kini dilengkapi bahan peredam terbaru sehingga kebisingan yang dihasilkan oleh kipas lebih nyaman untuk didengar. Bagaimanakah kinerja sistem pendingin NVIDIA GTX 680 saat diuji dengan aplikasi Unigine Heaven. Simak hasilnya berikut ini.

NVIDIA GTX 680

  • Full-load : 80 °C (fan speed: Auto @58%)
  • Idle : 36 °C (fan speed: Auto @30%)

Penampang sisi atas dan sisi bawah PCB NVIDIA GTX 680. Berbeda dengan generasi sebelumnya, chip GPU NVIDIA GTX 680 tidak lagi dilengkapi komponen heatspreader. Di sekeliling chip GPU terlihat delapan buah chip memori GDDR5 dengan ukuran masing-masing chip memori sebesar 256 MB. NVIDIA GTX 680 menggunakan konfigurasi 4+2 phase-power. 4 phase-power menangani asupan daya ke chip GPU dan 2 phase-power menangani asupan daya ke chip memori.

Pada sisi bawah PCB, tidak jauh dari konektor daya PCIe, terdapat sebuah chip Richtek RT8802A yang berfungsi sebagai PWM Controller. 

Berbeda dengan graphics card kelas high-end pada umumnya yang menggunakan konektor daya 8-pin + 6-pin, NVIDIA GTX 680 ternyata hanya menggunakan konektor daya 6-pin sebanyak dua buah. Ini berarti NVIDIA GTX 680 tidak membutuhkan power supply dengan keluaran daya besar yang biasanya memiliki harga tinggi. NVIDIA GTX 680 sendiri membutuhkan power supply dengan keluaran daya minimal 550 Watt. Lebih rendah dibandingkan NVIDIA GTX 580 yang membutuhkan  power supply 600 Watt. Selain itu, NVIDIA GTX 680 menggunakan desain berbeda pada konektor daya dimana konektor daya diposisikan bertumpuk satu dengan lainnya yang ditujukan untuk menghemat penggunaan ruang pada PCB.

NVIDIA GTX 680 kini telah dilengkapi konektor PCIe x16 generasi ketiga yang menawarkan bandwidth dua kali lipat lebih besar dibandingkan generasi kedua. Graphics card PCIe generasi ketiga tetap dapat digunakan pada slot PCIe generasi sebelumnya.

NVIDIA GTX 680 menyediakan dua buah konektor SLI. Ini berarti pengguna dapat menggunakan hingga empat buah NVIDIA GTX 680 pada konfigurasi multi-GPU.

NVIDIA GTX 680 menyediakan tipe konektor display yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Konektor display yang tersedia terdiri dari

  • 2x Dual-link DVI
  • 1x Full-size HDMI 1.4a
  • 1x Full-size Display Port

Akhirnya sampai juga pada bagian akhir artikel. Apakah berakhir sampai disini saja? Tentu saja tidak karena kami telah menyiapkan artikel berikutnya yang membahas mengenai kinerja NVIDIA GTX 680. Simak terus JagatReview untuk mengetahui kinerja graphics card ini!

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This: