in: Events - News | March 8, 2012 | by: Pramanaya Tjokronegoro

Penerus iPad 2: Apple iPad

Keynote kali ini cukup membuat jurnalis kebingungan karena sampai akhir presentasi, Apple tidak menyebutkan nama produk baru tersebut. Rupanya, Apple memutuskan untuk untuk berhenti menggunakan penanda numerik pada produk iPad. Jadi, iPad baru ini bukan disebut iPad 3, bukan disebut iPad HD, tetapi hanya “iPad”.

Namun apa arti sebuah nama? Mari kita kupas feature-featurenya.

Feature paling luar biasa adalah layar 9,7 inci dengan Retina Display. Retina Display memiliki kerapatan 264 pixel per inch, dan diklaim merupakan kerapatan pixel optimal di mana pixel individu tak lagi dapat ditangkap retina mata manusia. Pada layar sebesar iPad, kerapatan pixel tersebut memberikan resolusi 2048×1536 pixel! Bayangkan, resolusi tablet ini lebih tinggi dari resolusi televisi atau monitor Anda.

Apple juga mengklaim tingkat saturasi yang 44% lebih tinggi, sesuatu yang tentu sangat dihargai kalangan fotografer.

Processor yang digunakan adalah Apple A5X. Processor ini adalah processor SOC (system on a chip) yang menghadirkan CPU dual-core dan GPU quad-core. Clock speed CPU dan GPU tersebut masih belum diketahui, tetapi Apple mengklaim kinerja yang 2x lebih cepat dibandingkan Tegra 3.

Kamera iPad terbaru ini tak luput dari pengembangan. Kini, kamera tersebut dapat mengambil gambar sampai 5 megapixel dan perekaman video 1080p.

Spesifikasi baru lain adalah konektivitas 4G sampai 73Mbps, voice dictation, dimensi yang sedikit lebih tebal dari iPad 2, baterai dengan daya tahan 10 jam, dan Personal Hotspot (seperti pada iPhone).

iPad baru ini tersedia dalam kapasitas 16GB, 32GB, dan 64GB, dengan harga yang sama seperti sebelumnya, yaitu mulai $499. Berbeda dengan prakiraan pemerhati IT, tidak ada varian iPad kapasitas 128GB atau yang ukuran 7 inci.

Untuk mengantisipasi demand yang besar, iPad baru ini akan diluncurkan secara bersamaan pada 16 Maret di 10 negara, yaitu Amerika, Kanada, Inggris, Prancis, Jerman, Swiss, Jepang, Hongkong, Singapura, dan Australia.

Kira-kira, kapan ya diluncurkan di Indonesia?

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES