in: Software | March 14, 2012 | by: Sony Hanifudin

Review Android Apps – Pregnancy: Software Pembantu Kehamilan

Setiap pasangan yang baru saja melangsungkan pernikahan, cepat atau lambat akan dihadapkan kepada proses hidup selanjutnya, yaitu memiliki buah hati. Hal ini merupakan bagian dari perjalanan hidup itu sendiri. Akan tetapi, dalam usaha untuk memiliki seorang anak, perencanaan yang matang dan informasi yang tepat adalah kunci keberhasilan. Mulai dari kehamilan sampai masalah pendidikan di masa yang akan datang, semuanya harus dipersiapkan dengan matang.

Ketika berbicara mengenai kehamilan, rasanya terlalu banyak berita simpang siur yang selalu kita dengar. Mulai dari berbagai larangan yang tidak masuk akal, sampai dengan berbagai anjuran yang bertentangan dengan medis yang sampai sekarang masih beredar luas di masyarakat. Demi menghindari berbagai mitos tersebut, tidak ada salahnya menggunakan salah satu aplikasi yang beredar di Google Play Store seputar masalah kehamilan.

Platform HTC Aria

2G Network: 850/900/1800/1900
3G Network: 850/1900 – 900/2100
Dimensi: 103.8 x 57.7 x 11.7 mm
Berat: 115g
Display: 320 x 480 pixel, 3.2 Inch
Internal: 512 MB ROM, 384 MB RAM
Eksternal: MicroSD sampai dengan 32 GB
WLAN: WiFi 802.11 b/g
Kecepatan: HSDPA 7.2 Mbps
Bluetooth: Yes v2.1 dengan A2DP
Chipset: Qualcomm MSM7227
GPU: Adreno 200
CPU: 600 MHz ARM 11
GPS: Yes A-GPS
OS: Android OS 2.1 (Eclair) upgradeable to Gingerbread

Instalasi

Berbicara tentang aplikasi kehamilan, Anda dapat menemukan berbagai jenis aplikasi serupa di Google Play Store. Walaupun memiliki tema yang sama, Anda akan menemukan beberapa keterangan ataupun fungsi yang berbeda-beda. Beberapa aplikasi peserta yang telah kami unduh memiliki kesamaan, seperti informasi perkembangan janin sampai perhitungan kelahiran.

Fact Sheet

Keuntungan Menggunakan Utility Kehamilan

Dari fakta sampai mitos yang banyak beredar di kalangan masyarakat tentunya akan menimbulkan keraguan bagi Anda yang berencana hendak memiliki bayi. Dengan mengonfirmasikan berbagai keterangan tersebut, kita akan memperoleh keuntungan mengetahui kebenaran yang sesungguhnya terjadi. Dengan adanya konfirmasi tersebut, Anda dapat mengambil berbagai langkah bijak dengan perencanaan yang lebih baik tentunya. Keuntungan lainnya adalah kita menjadi lebih tahu apa yang terbaik untuk sang buah hati di masa kandungannya.

7 Aplikasi Seputar Kehamilan

Mengetahui perkembangan janin bukan satu-satunya informasi yang dapat diperoleh dengan menggunakan aplikasi jenis ini. Anda bahkan dapat menyimulasikan keadaan untuk mengetahui apakah sedang mengandung atau tidak. Dari beberapa aplikasi yang ada, kami menyaringnya dan menghadirkan tujuh buah aplikasi yang dapat menjelaskan, memberikan informasi yang tepat, dan menghitung waktu masa kehamilan yang dapat menjadi panduan. Berikut adalah ketujuh aplikasi tersebut:

GetPregnant  – Lebih dari Sekadar Kalkulator Kehamilan

Aplikasi ini telah mendukung beberapa bahasa, seperti Inggris, Belanda, Prancis, Jerman, dan Spanyol. Sangat disayangkan aplikasi ini tidak menyediakan bahasa Indonesia sebagai bahasa penunjang. Di aplikasi ini, Anda akan menemukan beberapa tips dalam merencanakan masa kehamilan, seperti tips atau penjelasan mengenai kelamin bayi yang diinginkan baik itu perempuan ataupun laki laki. Selain menyertakan sedikit informasi, Anda juga akan menemukan komersial ads seputar software kehamilan lainnya dari pihak developer yang sama.

Pada dasarnya, fungsional utama dari aplikasi ini adalah Anda untuk menghitung mulai dari hari terakhir Anda menstruasi sampai dengan tanggal melahirkan dengan perhitungan usia bayi dalam kandungan. Selain itu, Anda juga dapat mengecek masa subur Anda untuk melakukan hubungan seksual yang berpotensial menjadi sebuah kehamilan. Walaupun terkesan sangat sederhana, program ini banyak memberikan manfaat dalam merencakan memiliki buah hati.

I’m Expecting – Ketika Program Memiliki Anak Dijalankan

Bila Anda ingin memiliki buah hati, segala sesuatunya harus direncanakan dengan matang, termasuk memperoleh informasi yang akurat mengenai kehamilan. Dengan I’m Expecting, semua rencana Anda dapat berjalan dengan baik. Selain informasi kehamilan, Anda juga dapat mengalkulasi, memperkirakan, bahkan memperoleh keterangan bukan hanya sekadar keadaan janin saja, melainkan juga masalah berat badan yang seharus terjadi di masa perkembangan janin. Informasi seperti ini diberikan mulai dari satu minggu hingga waktu melahirkan.

Beberapa fungsi tambahan yang disediakan aplikasi  ini adalahMy Calender, MyWeight, MySymptom, dan bahkan Anda dapat menyimpan berbagai informasi penting mengenai Dokter konsultasi ataupun rumah sakit bersalin yang telah direncanakan. Sementara itu, untuk menggunakan menu Q & A, Anda diharuskan menggunakan jaringan internet baik melalui WiFi ataupun jalur data untuk memperoleh berbagai informasi yang tersedia. Untuk mengikuti forum yang ada, Anda diharuskan login ataupun sign in terlebih dahulu.

MyPregnancy – Penjelasan dengan Video dan Gambar

Aplikasi yang satu ini merupakan salah satu aplikasi yang memberikan informasi tanpa banyak berbicara melalui teks. Detail gambar dari keadaan janin dan beberapa keterangan lainnya ditampilkan dalam bentuk yang lebih interaktif dan tidak membosankan: video. Informasi yang diberikan cukup akurat dan video yang ditampilkan juga memberikan informasi yang baik dengan di moderator wanita yang memberikan keterangan.

Penggunaan jalur data atau Wifi sangat dibutuhkan karena video yang ditampilkan merupakan streaming. Kekurangan aplikasi ini adalah letak komersial ads yang cukup mengganggu karena berada tepat di bagian atas aplikasi ini. Pengoperasian aplikasi ini cukup sederhana. Dengan beberapa tombol saja Anda sudah dapat menikmati keterangan yang disajikan pihak developer.

Pregnancy Calculator – Kalkulasikan Kehamilan Anda

Bila Anda sedang mencari sebuah aplikasi kecil tanpa banyak fitur yang dapat membantu perhitungan kehamilan, Pregnancy Calculator adalah aplikasi yang tepat untuk dilirik. Di sini, Anda hanya akan menemukan beberapa tombol operasional yang berfungsi untuk mengalkulasi masa kehamilan saja. Dari sisi desain, kami memperoleh kesan yang sederhana dan tidak rumit. Sementara itu, tingkat kestabilan aplikasi ini juga dapat diandalkan.

Pregnancy Diet – Diet Saat Kehamilan

Saat hamil, janin memang membutuhkan berbagai nutrisi tetapi bukan berarti Anda harus mengorbankan berat badan dengan makan tanpa aturan. Dengan bantuan informasi dari sebuah aplikasi bernama Pregnancy Diet, Anda akan memperoleh berbagai keterangan seputar zat-zat yang terkandung dalam makanan yang dibutuhkan oleh bayi. Aplikasi ini sendiri lebih condong atau tepatnya disebut sebagai ebook reader yang menyediakan keterangan kebutuhan zat yang dapat menunjang perkembangan janin. Artikel yang diberikan plikasi ini dapat menuntun Anda lebih jauh mengenai cara terbaik untuk melakukan diet saat masa kehamilan. Dengan begitu Anda dapat melakukan diet dengan cara yang benar tanpa membahayakan kondisi janin.

Pregnancy Disc  – Informasi yang Cukup Akurat

Selain menghitung masa kehamilan mulai dari minggu pertama hingga perkiraan tanggal kelahiran, aplikasi ini juga menyediakan tips yang berguna saat kehamilan seperti menghindari alkohol dan rokok demi kesehatan janin yang ditampilkan dalam sebuah tulisan pendek berisi beberapa fakta tambahan dari kerusakan yang dapat diakibatkan oleh alkohol dan rokok. Saat menjalankan aplikasi ini, Anda akan menemukan empat menu utama yang dapat ditemukan di bagian bawah, seperti disc, week info, calender, dan lain sebagainya.

Dari pengujian yang telah dilakukan, kami juga mendapatkan beberapa fitur tambahan yang cukup menarik seperti Baby Names yang berfungsi menyimpan berbagai nama yang telah Anda siapkan, Ultrasound Gallery tempat menyimpan gambar atau foto-foto yang dihasilkan dari proses USG dengan keterangan masa janin tertentu, Nutrision Tips yang berisi tips-tips terbaik untuk menjaga kehamilan, dan terakhir adalah Glossary. Berbagai keterangan dan fungsi yang ada di aplikasi ini sangat membantu dan memberikan informasi yang sangat berguna.

Pregnancy Test Dr Diagnozer – Apakah Anda Hamil?

Setelah menanti cukup lama melihat gejala kehamilan yang muncul di seluruh tubuh, tetapi tidak cukup yakin karena kurangnya pengetahuan, Anda dapat memastikannya dengan cara yang paling mudah tanpa harus membeli alat atau yang lebih dikenal dengan nama testpack. Sebelum melakukan hal ini, masih ada satu cara mudah yaitu dengan menggunakan aplikasi bernama Pregnancy Test Dr Diagnozer.

Aplikasi ini akan mengajukan sekitar 17 pertanyaan yang menyangkut beberapa gejala kehamilan dan Anda akan diwajibkan untuk menjawabnya dengan jujur untuk mendapatkan hasil yang akurat. Saat dijalankan, aplikasi ini akan meminta Anda memilih dua buah bendera secara langsung demi menentukan penggunaan bahasa saat pertanyaan-pertanyaan tersebut diajukan.

Rekomendasi

Jika membahas urusan kinerja dan stabilitas, kami merasa kualitas tujuh aplikasi di atas tidak perlu diragukan lagi. Di review kali ini, kami tidak dapat merekomendasikan salah satu aplikasi karena prinsipnya program yang telah kami pilih ini memiliki fungsi dan fitur dengan tema yang agak berbeda satu sama lain. Sebagai contoh, salah satu peserta menampilkan kalkulasi perhitungan sementara peserta lainnya memberikan informasi janin. Silakan pilih salah satu di antara aplikasi-aplikas di atas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merencanakan kehamilan dan memantaunya hingga sang buah hati lahir. Salah satu caranya adalah mengunduh satu dari tujuh aplikasi yang kami tampilkan di artikel ini. Ketujuh aplikasi tersebut memiliki fungsi dan fitur masing-masing yang akan memberikan Anda banyak informasi mengenai kehamilan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES