in: Otomotif - Popular Science | March 12, 2012 | by: Lucky Natalia

Volvo Rilis Teknologi Airbag untuk Pejalan Kaki

Volvo memang sudah dikenal sebagai produsen mobil dengan tingkat keamanan terbaik di dunia. Namun, itu tidak membuat Volvo berhenti berinovasi untuk memberikan keamanan lebih tidak hanya untuk pengendara dan penumpang mobil, melainkan juga untuk pihak yang ada di luar kendaraan. Ya, para pejalan kaki.

Melihat begitu banyaknya kecelakaan yang terjadi kepada pejalan kaki, Volvo berinisiatif untuk menciptakan teknologi yang bisa mengurangi dampak fatal yang terjadi terhadap pejalan kaki jika terjadi tabrakan: menambahkan airbag di bagian luar mobil untuk mengurangi benturan saat terjadi tubrukan.

Sistem keamanan telah aktif ketika sensor yang dipasang di bagian bumper depan mendeteksi adanya objek yang berada di dekat kendaraan dalam jarak beberapa meter. Sistem tersebut terdiri dari radar dan kamera yang dipasang di bagian depan kaca spion. Kamera itulah yang nantinya akan mendeteksi objek apa yang ada di dekat mobil.

Ketika radar mendeteksi adanya pejalan kaki yang ada di depan mobil, mobil akan mengeluarkan suara sejenis alarm dan secara otomatis akan mengaktifkan rem ketika pengendara tidak melakukan tindakan apa pun. Saat pejalan kaki menghantam bagian bumper depan dan kap, sebuah airbag yang tersimpan di kompartemen mesin akan otomatis aktif dan meng-cover bagian pinggir-bawah kaca depan.

Teknologi ini ditanamkan di seri terbaru Volvo, V40, dan telah dipamerkan di ajang Geneva Motor Show yang digelar minggu lalu. Stefan Jacoby, Presiden dan CEO Volvo Car Corporation menyatakan bahwa seri terbaru V40 adalah produk mobil pertama yang dibuat berdasarkan konsep humansentris dengan desain bernama “Designed Around You” yang memang diciptakan untuk mengoptimalkan keamanan untuk para pejalan kaki.

Rencananya, V40 akan diproduksi secara massal pada bulan Mei dan akan dipasarkan pada September.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES