in: Movies | April 23, 2012 | by: Lucky Natalia

21 Jump Street: Adaptasi Serial Televisi yang Surprisingly Funny!

Minggu ini, ada satu film yang wajib Anda tonton! Film adaptasi dari serial televisi berjudul sama ini dengan sangat mengejutkan berhasil dieksekusi dengan baik oleh para sutradara dan pemainnya. Film ini dibintangi oleh Jonah Hill dan Channing Tatum yang berperan sebagai partner kerja di kepolisian. Kursi sutradara diduduki oleh Phil Lord dan Chris Miller yang pernah sukses menyutradarai film animasi 3D, Cloudy with a Chance of Meatballs.

21 Jump Street versi layar lebar mungkin akan mengejutkan penggemar serial televisinya karena dikemas dengan gaya yang sangat berbeda. Jika serial televisinya lebih memfokuskan diri untuk menyampaikan pesan moral dari setiap kasus yang terselesaikan, versi filmnya justru mengedepankan unsur hiburan alias komedi.

Film ini memiliki kerangka cerita yang sama dengan versi serial televisinya. Dua orang polisi muda, Morton Schmidt (Jonah Hill) dan Greg Jenko (Channing Tatum), berasal dari satu SMA yang sama. Namun, keduanya memiliki sifat dan keberuntungan yang sangat berbeda. Sewaktu SMA, Schmidt adalah seorang nerd yang selalu berkutat dengan Fisika dan memiliki kesulitan untuk mendekati wanita, sedangkan Jenko adalah atlit berwajah tampan yang sangat populer. Keduanya bertemu kembali di sekolah kepolisian dan memutuskan untuk berteman karena masing-masing memiliki kelebihan yang saling melengkapi.

Walau begitu, mereka bukanlah dua polisi dengan prestasi yang membanggakan. Tugas mereka pun jauh dari dunia kriminal yang berbahaya: sebagai polisi taman. Namun, seorang kapten (Ice Cube) memberikan mereka misi rahasia untuk menyamar sebagai anak SMA dan menelusuri jaringan narkoba yang beredar di kalangan SMA. Mereka pun kembali ke SMA dan membaur bersama remaja lainnya. Berhasilkah mereka bekerja sama untuk menyelesaikan misi tersebut? Dengan pengalaman keduanya di masa lalu dengan kondisi yang sangat berbeda, apa yang akan terjadi kali ini? Apakah Jenko mengulang kepopuleran yang pernah ia dapatkan? Apakah Schmidt akan tetap menjadi nerd yang selalu gagal mendekati wanita?

Surprisingly Funny!

Channing Tatum. Aktor yang satu ini adalah salah satu alasan saya sempat meragu menyaksikan film ini. Karakterisitik Tatum yang terbiasa memberikan ekspresi nyaris datar di tiap karakter yang diperankannya membuat saya tidak yakin: apakah ia bisa mengeksekusi film komedi yang satu ini? Apakah ia bisa menyeimbangkan diri dengan Jonah Hill yang memang seorang komedian?

Satu hal yang pasti, Tatum tampil dengan karakteristik khasnya, minim ekspresi. Walau begitu, aktingnya di film ini terlihat lebih santai. Saya mengacungkan jempol kepada para sutradara yang memberikan Tatum peran Jenko, pria tampan yang mendapatkan kepopulerannya di SMA. Sepertinya, Tatum tidak perlu mengeksplorasi karakter ini terlalu dalam karena bagi saya karakter tersebut memang merepresentasikan kepribadiannya. Namun, tantangan terberat Tatum sepertinya muncul ketika ia harus berperan sebagai polisi konyol—yang sangat bertolak belakang dengan penampilannya yang kekar dan cool—yang tidak berprestasi. Untungnya, aktor ini berhasil mengeksekusi tiap adegan humor dengan sangat baik.

Keberhasilan tiap adegan joke di film ini tidak lepas dari sang komedian yang juga berperan sebagai penulis naskah film ini. Tidak ada peran yang lebih cocok untuk Jonah Hill selain Morton Schimdt, pria berwajah lugu yang cupu dan memiliki kepercayaan diri yang sangat rendah. Hill membawakan peran ini dengan sangat baik, membuatnya terlihat sangat nerd.

Seperti yang sempat saya singgung di atas, film ini dikemas dengan gaya yang sangat berbeda dengan versi aslinya. Banyak pihak yang meragukan film ini akan sukses dengan gaya barunya. Untungnya, prediksi-prediksi negatif tersebut terpatahkan karena film ini menyajikan komedi yang fresh dan menghibur! Menggunakan template klise kisah remaja SMA pada umumnya, para penulis naskah memberikan sentuhan komedi yang menyegarkan dan menjadikan cerita klise tersebut sebagai inti dari humor yang ada. Deretan adegan lucu juga muncul di saat-saat adegan action berlangsung, terkadang muncul secara mengejutkan, memberikan penonton sebuah senyuman lebar di tengah adegan menegangkan.

Satu kejutan lagi muncul di penghujung film ketika para pemain lama serial 21 Jump Street memberikan penampilan cameo-nya. Yup, Johnny Depp, Peter DeLuise, dan Holly Robinson muncul membawakan perannya masing-masing dan menghadirkan aura nostalgia di film ini.

I hope you enjoy the movie!

Tanggal rilis:
20 April 2012 (Indonesia)

Genre:
Action-komedi

Durasi:
109 menit

Sutradara:
Phil Lord, Chris Miller

Pemain:
Jonah Hill, Channing Tatum, Brie Larson, Dave Franco, Ice Cube

Studio:
Columbia Pictures

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES