21 Jump Street: Adaptasi Serial Televisi yang Surprisingly Funny!

Reading time:
April 23, 2012

Minggu ini, ada satu film yang wajib Anda tonton! Film adaptasi dari serial televisi berjudul sama ini dengan sangat mengejutkan berhasil dieksekusi dengan baik oleh para sutradara dan pemainnya. Film ini dibintangi oleh Jonah Hill dan Channing Tatum yang berperan sebagai partner kerja di kepolisian. Kursi sutradara diduduki oleh Phil Lord dan Chris Miller yang pernah sukses menyutradarai film animasi 3D, Cloudy with a Chance of Meatballs.

21 Jump Street versi layar lebar mungkin akan mengejutkan penggemar serial televisinya karena dikemas dengan gaya yang sangat berbeda. Jika serial televisinya lebih memfokuskan diri untuk menyampaikan pesan moral dari setiap kasus yang terselesaikan, versi filmnya justru mengedepankan unsur hiburan alias komedi.

21 jump street poster

Film ini memiliki kerangka cerita yang sama dengan versi serial televisinya. Dua orang polisi muda, Morton Schmidt (Jonah Hill) dan Greg Jenko (Channing Tatum), berasal dari satu SMA yang sama. Namun, keduanya memiliki sifat dan keberuntungan yang sangat berbeda. Sewaktu SMA, Schmidt adalah seorang nerd yang selalu berkutat dengan Fisika dan memiliki kesulitan untuk mendekati wanita, sedangkan Jenko adalah atlit berwajah tampan yang sangat populer. Keduanya bertemu kembali di sekolah kepolisian dan memutuskan untuk berteman karena masing-masing memiliki kelebihan yang saling melengkapi.

21 jump street movie

Walau begitu, mereka bukanlah dua polisi dengan prestasi yang membanggakan. Tugas mereka pun jauh dari dunia kriminal yang berbahaya: sebagai polisi taman. Namun, seorang kapten (Ice Cube) memberikan mereka misi rahasia untuk menyamar sebagai anak SMA dan menelusuri jaringan narkoba yang beredar di kalangan SMA. Mereka pun kembali ke SMA dan membaur bersama remaja lainnya. Berhasilkah mereka bekerja sama untuk menyelesaikan misi tersebut? Dengan pengalaman keduanya di masa lalu dengan kondisi yang sangat berbeda, apa yang akan terjadi kali ini? Apakah Jenko mengulang kepopuleran yang pernah ia dapatkan? Apakah Schmidt akan tetap menjadi nerd yang selalu gagal mendekati wanita?

Surprisingly Funny!

Channing Tatum. Aktor yang satu ini adalah salah satu alasan saya sempat meragu menyaksikan film ini. Karakterisitik Tatum yang terbiasa memberikan ekspresi nyaris datar di tiap karakter yang diperankannya membuat saya tidak yakin: apakah ia bisa mengeksekusi film komedi yang satu ini? Apakah ia bisa menyeimbangkan diri dengan Jonah Hill yang memang seorang komedian?

21 Jump Street Movie Review 6

Satu hal yang pasti, Tatum tampil dengan karakteristik khasnya, minim ekspresi. Walau begitu, aktingnya di film ini terlihat lebih santai. Saya mengacungkan jempol kepada para sutradara yang memberikan Tatum peran Jenko, pria tampan yang mendapatkan kepopulerannya di SMA. Sepertinya, Tatum tidak perlu mengeksplorasi karakter ini terlalu dalam karena bagi saya karakter tersebut memang merepresentasikan kepribadiannya. Namun, tantangan terberat Tatum sepertinya muncul ketika ia harus berperan sebagai polisi konyol—yang sangat bertolak belakang dengan penampilannya yang kekar dan cool—yang tidak berprestasi. Untungnya, aktor ini berhasil mengeksekusi tiap adegan humor dengan sangat baik.

Keberhasilan tiap adegan joke di film ini tidak lepas dari sang komedian yang juga berperan sebagai penulis naskah film ini. Tidak ada peran yang lebih cocok untuk Jonah Hill selain Morton Schimdt, pria berwajah lugu yang cupu dan memiliki kepercayaan diri yang sangat rendah. Hill membawakan peran ini dengan sangat baik, membuatnya terlihat sangat nerd.

21 jump street 20120215093504081 000

Seperti yang sempat saya singgung di atas, film ini dikemas dengan gaya yang sangat berbeda dengan versi aslinya. Banyak pihak yang meragukan film ini akan sukses dengan gaya barunya. Untungnya, prediksi-prediksi negatif tersebut terpatahkan karena film ini menyajikan komedi yang fresh dan menghibur! Menggunakan template klise kisah remaja SMA pada umumnya, para penulis naskah memberikan sentuhan komedi yang menyegarkan dan menjadikan cerita klise tersebut sebagai inti dari humor yang ada. Deretan adegan lucu juga muncul di saat-saat adegan action berlangsung, terkadang muncul secara mengejutkan, memberikan penonton sebuah senyuman lebar di tengah adegan menegangkan.

Satu kejutan lagi muncul di penghujung film ketika para pemain lama serial 21 Jump Street memberikan penampilan cameo-nya. Yup, Johnny Depp, Peter DeLuise, dan Holly Robinson muncul membawakan perannya masing-masing dan menghadirkan aura nostalgia di film ini.

I hope you enjoy the movie!

Tanggal rilis:
20 April 2012 (Indonesia)

Genre:
Action-komedi

Durasi:
109 menit

Sutradara:
Phil Lord, Chris Miller

Pemain:
Jonah Hill, Channing Tatum, Brie Larson, Dave Franco, Ice Cube

Studio:
Columbia Pictures

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…
March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…