in: Movies | April 30, 2012 | by: Lucky Natalia

50/50: Kisah Dramatis tentang Penderita Kanker

Bagaimana rasanya jika suatu hari Anda mengetahui bahwa sakit yang sering Anda rasakan adalah kanker, padahal saat itu Anda belum mencapai umur 30 tahun dan masih berstatus single? Semua orang tidak ada yang mau mendengar kata “kanker” di sepanjang hidupnya. Namun, jika itu benar-benar terjadi, apa yang akan terjadi dengan hidup Anda?

Film yang sebenarnya telah rilis tahun lalu ini berkisah mengenai perjuangan seorang pria yang didiagnosis mengidap kanker tulang belakang. Kisah ini sendiri diadaptasi dari pengalaman pribadi sang penulis naskah, Will Reiser, yang adalah sahabat Seth Rogen, salah satu pemain sekaligus produser film ini. Berdasarkan pengalaman Reiser, keduanya memutuskan untuk mengangkat kisah ini ke layar lebar dan membumbuinya dengan sedikit unsur komedi. Hhmm, film mengenai perjuangan hidup melawan penyakit dengan sentuhan komedi? Let’s give this film a try…

Film berjudul 50/50 ini berkisah mengenai kehidupan Adam Lerner (Joseph Gordon-Levitt), seorang jurnalis radio berumur 27 tahun. Adam mengetahui bahwa ia mengidap kanker langka ketika sebelumnya ia mengalami sakit berkelanjutan di bagian tulang belakangnya. Adam berusaha menerima keadaannya dengan perasaan tenang dan meyakinkan dirinya bahwa keadaannya akan baik-baik saja. Ia pun rutin melakukan kegiatan-kegiatan barunya, kemoterapi dan bertemu terapis. Selama melakukan itu semua, Adam hanya mendapatkan dukungan dari sahabatnya, Kyle (Seth Rogen) dan pacarnya, Rachel (Bryce Dallas Howard), sedangkan ibunya (Anjelica Huston) sudah terlalu sibuk mengurusi ayahnya (Serge Houde) yang mengidap dementia. Melalui informasi yang didapat dari Internet, Adam mengetahui bahwa kemungkinan hidupnya 50:50 dengan melakukan operasi pengangkatan tumor.

Mengidap sebuah penyakit mematikan bukanlah hal yang mudah bagi Adam. Ia kesulitan mengekspresikan perasaan-perasaannya bahkan kepada terapisnya, Katherine (Anna Kendrick), yang membuat hubungan keduanya tidak begitu mulus di awal. Hidup Adam semakin suram ketika Kyle memergoki Rachel selingkuh dengan pria lain. Bersama satu-satunya orang yang ia percaya, Kyle, Adam menjalani hari-harinya untuk melawan penyakitnya.

Is This a Drama-Comedy Film?

Saya setuju jika film ini dikategorikan ke dalam genre drama. Namun, komedi? Seriously? Selama menyaksikan film ini, saya cukup terlarut dalam perasaan sang tokoh utama, Adam Lerner, dan beberapa kali menghela napas berat dan menahan tetesan air mata. Jadi, di mana letak unsur komedinya?

Ketika mengetahui keberadaan komedian Seth Rogen di film ini, saya pun sempat menerka-nerka apakah film ini akan dipenuhi unsur komedi seperti film-film Rogen pada umumnya. Apalagi, komedian tersebut tidak hanya berperan sebagai pemain saja, melainkan juga sebagai produser. Sayangnya, unsur komedi yang dimaksudkan Rogen di film ini tidak berhasil dieksekusi dengan baik karena unsur dramanya terlalu kuat. Akting Joseph Gordon-Levitt sebagai penderita kanker—didukung dengan make up dan gaya plontosnya—yang depresi dan mengalami tekanan batin terlalu kuat untuk disejajarkan dengan lelucon-lelucon yang dilempar lawan mainnya. Beberapa lelucon yang ada di film ini saya anggap sebagai pemanis dan pencair suasana, tetapi tidak terlalu kuat untuk membuat film ini dikategorikan sebagai film komedi.

Film ini justru terlihat memfokuskan diri ke pergulatan batin yang dialami Adam Lerner dan usahanya untuk menguasai emosi-emosinya dalam menghadapi penyakit dan masalah hidupnya. Film ini bukanlah film dengan kisah inspiratif yang bisa membuat siapa pun yang menontonnya tergugah untuk semakin memotivasi diri untuk kuat menghadapi cobaan hidup yang lebih ringan dari penyakit kanker. Film ini lebih bersifat deskriptif yang akan membuat penonton merasakan kesedihan, kekecewaan, kesendirian, dan keputusasaan yang dialami sang tokoh utama. Film ini juga menonjolkan unsur kesetiaan yang ditunjukkan Kyle saat menemani Adam di saat-saat terberatnya.

Jika Anda menyukai film-film bergenre drama yang akan membuat mata Anda basah sepanjang film berlangsung, 50/50 adalah pilihan yang tepat.

Tanggal rilis:
30 September 2011 (Amerika)

Genre:
Drama

Durasi:
100 menit

Sutradara:
Jonathan Levine

Pemain:
Joseph Gordon-Levitt, Seth Rogen, Anna Kendrick, Bryce Dallas Howard, Anjelica Huston

Studio:
Mandate Pictures

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES