in: Otomotif - Popular Science | April 11, 2012 | by: Lucky Natalia

Honda Modifikasi FCX Clarity Menjadi Generator

Tampaknya, kendaraan elektrik tidak hanya berfungsi sebagai kendaraan saja, melainkan juga bisa berfungsi sebagai penyimpan energi cadangan alias generator. Siapa yang menyangka sedan yang terparkir di garasi Anda akan sangat berguna saat terjadi pemadaman listrik?

Honda telah memodifikasi teknologi kendaraan elektrik FCX Clarity bertenaga hidrogen-nya dengan menambahkan otlet elektrik dan membangun sebuah stasiun pengisian hidrogen bertenaga surya dan air. Dengan penggunaan tenaga surya, Honda memastikan bahwa kendaraan FCX Clarity akan menjadi generator tanpa emisi buang.

Kendaraan bertenaga hidrogen memang tidak sepopuler kendaraan elektrik yang dijalankan dengan baterai. Namun, itu tidak membuat Honda menghentikan pengembangan di produk FCX Clarity-nya. Setelah empat tahun sejak pertama kalinya Honda meluncurkan FCX Clarity, perusahaan otomotif asal Jepang tersebut mengumumkan generasi lanjutan FCX Clarity yang dilengkapi dengan otlet berisi energi—yang terletak di dekat roda belakang kendaraan—yang dapat digunakan sebagai cadangan energi sebesar 9 kW.

Honda membangun sebuah stasiun pengisian hidrogen di gedung pemerintahan di Saitama, Jepang, untuk mendukung teknologi ini. Honda menguji sistem ini menggunakan sistem elektrolisis air bertekanan tinggi untuk memproduksi hidrogen. Energi yang digunakan untuk menghidupkan sistem ini berasal dari jaringan listrik dan tenaga surya yang dapat menghasilkan 1,5 kg hidrogen dalam 24 jam—cukup untuk menggerakkan FCX Clarity sejauh 90 mil.

Setelah peristiwa tsunami yang melanda Jepang dan juga bencana nuklir yang terjadi setelahnya, banyak produsen mobil di Jepang mengubah kendaraan elektrik buatan mereka menjadi generator portable. FCX Clarity menjadi kendaraan bertenaga hidrogen pertama yang dapat digunakan sebagai generator, mengikuti langkah yang sudah diambil Nissan dan Mitsubishi yang mengubah kendaraan elektrik bertenaga baterai mereka menjadi sumber listrik cadangan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES