in: News | April 26, 2012 | by: Yufianto Gunawan

Microsoft Akan Dukung Standar Terbaru Open Document Format di Office 15

Paket aplikasi office terbaru Microsoft yang kini tengah berada dalam masa pengerjaan, Office 15, akan mendukung dokumen dengan standar terbaru Open Document Format, ODF 1.2! Hal tersebut diungkapkan Microsoft di acara ODF Plugfest, Brussels, Belgia, minggu lalu.

Dukungan untuk ODF 1.2 tersebut terlihat dari demo terbatas yang ditunjukkan Microsoft kepada pengunjung ODF Plugfest. Namun, kemampuan Office 15 dalam menangani ODF 1.2 baru akan langsung terlihat saat Microsoft merilis versi beta dari paket aplikasi office tersebut di sekitar bulan Agustus – September nanti.

Bagi Microsoft, dukungan untuk standar baru ODF 1.2 ini merupakan langkah lanjutan dari dukungan mereka untuk ODF. Sebelumnya, sejak Service Pack 2 untuk Microsoft Office 2007, Microsoft telah menambahkan kemampuan untuk menangani dokumen berformat ODF ke dalam paket aplikasi office milik mereka tersebut.

Selain di Office 15, Microsoft juga mengumumkan bahwa dukungan untuk standar ODF 1.2 juga akan hadir di paket aplikasi office berbasis cloud mereka, Office 365. Update Office 365 terkait dukungan standar ODF 1.2 tersebut tampaknya akan hadir bersamaan dengan peluncuran Office 15 nanti.

ODF 1.2 merupakan standar terbaru Open Document Format yang baru saja diperkenalkan di bulan September 2011 yang lalu. Beberapa hal baru diperkenalkan di standar baru tersebut, antara lain standar format baru untuk aplikasi spreadsheet, dukungan untuk Resource Description Framework (RDF), serta standar baru untuk pertukaran data melalui web yang telah disetujui oleh World Wide Web Consortium. Format tersebut saat ini telah digunakan sebagai format standar di beberapa paket aplikasi office, seperti OpenOffice 3 dan LibreOffice, serta menjadi salah satu format dokumen yang didukung oleh Google Docs.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES