LOGO
,

Nikon D3200: DSLR Pemula dengan Sensor 24 Megapixel dan Opsi Konektivitas Wi-Fi

Nikon mengumumkan kamera DSLR entry level terbarunya, D3200, yang merupakan pembaruan seri dari D3100. Sejumlah peningkatan fungsi disertakan dalam seri terbaru ini, seperti penggunaan sensor CMOS DX-format beresolusi 24,2 megapixel, kemampuan rekam video full HD 1080p dengan pilihan kecepatan 24 atau 30 fps, serta continuous shooting mode yang mencapai 4 fps.

Prosesor gambar EXPEED 3 yang dibenamkan dalam D3200 memungkinkan pengguna untukmenghasilkan kualitas gambar dan video yang jernih dengan warna-warni yang hidup, gradasi warna yang halus, serta tingkat noise yang rendah. Tingkatan ISO 100—12.800 memungkinkan pengguna mengambil foto berkualitas tinggi dalam kondisi pencahayaan yang rendah.

Meningkatkan kualitas reproduksi warna dalam foto, Nikon telah menyertakan sistem Scene Recognition yang disandingkan dengan 3D Color Matrix Metering II. Kedua teknologi ini bekerja sama untuk mengenali warna dan tingkat kecerahan untuk exposure yang seimbang, akurasi AF, white balance yang tepat, dan hasil foto yang indah saat menggunakan flash.

Pengguna tidak perlu takut kehilangan momen penting dengan peningkatan kemampuan continuous shooting menjadi 4 fps. Apalagi kemampuan ini dikombinasikan dengan sistem AF 11 titik yang memungkinkan pengguna untuk menjaga fokus walaupun subjek bergerak secara konstan dan cepat.

Tentunya kemampuan rekam video tidak lupa disertakan dalam D3200 yang kini dapat merekam video full HD 1080p dengan pilihan kecepatan 24 dan 30 fps, serta memanfaatkan full-time AF selama proses perekaman. Nikon menawarkan kontrol exposure secara manual atau otomatis, input mikrofon stereo, serta output HDMI untuk berbagi konten melalui TV HD. Proses rekam video pun dipermudah dengan tombol rekam video khusus dan tuas Live View yang mudah diakses, serta layar LCD berukuran 3 inci dengan resolusi 921k dot.

Karena kamera ini ditujukan bagi mereka yang baru pertama kali menggunakan DSLR, Nikon menyertakan fitur Guide Mode yang berisi instruksi lengkap penggunaan DSLR bagi para fotografer pemula. Untuk menambah kemudahan pengambilan gambar yang kreatif, Nikon menghadirkan enam Scene Modes yang terdiri dari Potrait, Landscape, Child, Sports, Close-Up, dan Night Portrait.

Fitur tambahan paling menarik dari Nikon adalah Wireless Mobile Adapter WU-1a yang mampu menghubungkan D3200 dengan smartphone dan tablet pengguna via Wi-Fi hingga jarak 15 meter. Penggunaan adapter ini dapat dilakukan melalui aplikasi yang akan hadir untuk smartphone berbasis Android 2.3 ke atas dan tablet Android seri 3.x pada bulan Mei mendatang, sedangkan aplikasi untuk iPhone dan iPad akan hadir di akhir tahun 2012.

Nikon D3200 akan dijual di akhir bulan April dengan harga USD700 dan adapter WU-1a dijual dengan harga USD60.

 

Comments

  1. Wah infonya bagus banget gan,
    dengan Nikon D800 kira-kira masih unggul mana ya?

  2. praetorian81 says:

    @PusatTekno : kayaknya kelas kamera nya aja udah beda deh masbro…D800 khan semi pro

  3. [...] Source #1 Source #2 Like this:LikeBe the first to like this [...]

Random Articles
Back to Top