[PR] Ekosistem Cloud Foundry Rayakan Hari Jadi Pertama

Reading time:
April 16, 2012

Platform as a Service (PaaS) Terbuka yang Pertama di Industri Menambahkan Lebih Banyak Cloud, Kode Sumber, Komunitas dan Mitra 

JAKARTA, 15 April 2012 – VMware, Inc. (NYSE: VMW), pemimpin global virtualisasi dan infrastruktur Cloud, hari ini merayakan satu tahun penyediaan Cloud Foundry™, yakni platform as a service (PaaS) terbuka yang pertama di industri. Bersamaan dengan itu, VMware mengumumkan sejumlah kemitraan baru, sistem baru untuk mengelola kontribusi peranti lunak sumber terbuka (open source), beberapa perkakas baru untuk mengoperasikan layanan berskala besar, dan aneka pilihan untuk penggelaran multi-cloud.

Cloud Foundry telah menjadi PaaS pilihan di era Cloud ini, menyediakan berbagai pilihan penggelaran Cloud, framework dan layanan aplikasi bagi developer, sekaligus menyederhanakan penggelaran dan pengembangan aplikasi.

Stephen Herrod
Stephen Herrod

“Sejak peluncuran Cloud Foundry™ sebagai PaaS terbuka satu tahun lalu, kami menyaksikan kegairahan para pengembang atas kehadiran cara yang lebih baik dalam membangun dan menggelar aplikasi Cloud. Selain itu, kami melihat investasi yang besar dari kalangan industri di dalam dan seputar Cloud Foundry,” kata Steve Herrod, CTO dan Senior Vice President of R&D, VMware. “Dengan menyediakan pendekatan yang lebih sederhana, merangkul keragaman dan kecepatan pengembangan aplikasi modern, Cloud Foundry menghilangkan kompleksitas  hampir di setiap tahap pengembangan sehingga para pengembang bisa mendapatkan benefit dari inovasi yang terjadi lintas industri.”

Cloud Foundry Berkembang di Semua Lini
VMware meluncurkan Cloud Foundry pada April 2011, dengan kode sumber yang tersedia melalui lisensi Apache. Cloud Foundry adalah platform aplikasi di era Cloud untuk menyederhanakan dan mempercepat pengembangan, penggelaran dan operasi aplikasi. Untuk melanjutkan momentum Cloud Foundry, VMware hari ini mengumumkan :

Kemitraan: Cloud9, Collabnet, ServiceMesh, SOASTA, X.commerce (perusahaan eBay) umumkan dukungan bagi Cloud Foundry – Sejumlah perusahaan telah mengumumkan investasinya di dalam dan seputar Cloud Foundry, memberikan kontribusi bagi ekosistem. Termasuk di antaranya adalah para pengembang dan penyedia peranti, vendor manajemen Cloud, operator public cloud, pengembang framework dan layanan aplikasi, serta pengembang aplikasi. Saat ini, Cloud9, Collabnet, ServiceMesh, SOASTA dan eBay’s X.commerce mengumumkan dukungannya bagi Cloud Foundry.  Lingkungan pengembangan yang berbasis browser dari Cloud9 kini mendukung penggelaran dalam model apapun dari Cloud Foundry. Collabnet telah menambahkan dukungan pada Cloud Foundry ke dalam peranti peranti pengembangan agile kelas enterprise. ServiceMesh sudah menambahkan fungsi penggelaran yang didorong kebijakan dari Cloud Foundry bagi Agility Platform kelas enterprise mereka. SOASTA menawarkan solusi pengujian otomatis berbasis Cloud Foundry bagi Cloud. X.commerce, platform teknologi e-commerce hulu-hilir dari eBay, dikembangkan di atas Cloud Foundry. Simak komentar mitra dan industri tentang Cloud Foundry

Komunitas: Memudahkan Partisipasi Open Source – Cloud Foundry adalah proyek open source sejak pertama kali dirilis. Proyek ini sudah banyak diikuti di GitHub dan sudah mendapatkan banyak sekali kontribusi berharga dari komunitas pengembang, termasuk dukungan terhadap berbagai framework pengembangan dan layanan aplikasi, termasuk penggelaran bermacam infrastruktur Cloud, perbaikan sejumlah bug, dokumentasi dan banyak kontribusi lainnya. Untuk memfasilitasi partisipasi komunitas yang lebih luas, VMware hari ini memperkenalkan CloudFoundry.org, sistem manajemen kode sumber baru untuk Cloud Foundry. Melalui konvergensi kode sumber Cloud Foundry ke dalam satu penyimpanan kode publik dalam GitHub, lalu integrasi dengan Gerrit untuk pengkajian kode dan Jenkins untuk integrasi berkesinambungan, proses yang baru ini menyederhanakan kontribusi kode dari komunitas, memperbaiki kualitas kode dan menawarkan visibilitas yang lebih besar ketika terjadi perubahan kode.

Code: Memungkinkan Operasi Berskala Besar dengan Tingkat Keandalan Tinggi – VMware hari ini memperkenalkan Cloud Foundry BOSH, yakni perkakas open source untuk merilis rekayasa, penggelaran dan manajemen daur hidup dari layanan yang didistribusikan secara luas. Dirancang untuk memudahkan manajemen layanan, BOSH memfasilitasi operasi produksi dalam Cloud Foundry. Telah terbukti dalam membantu operasional CloudFoundry.com, BOSH tersedia dalam lisensi Apache dari CloudFoundry.org dan saat ini termasuk dukungan bagi VMware vSphere® juga dukungan untuk Amazon Web Services. Kode sumber sudah tersedia saat ini di www.github.com/cloudfoundry/bosh.

Cloud: Mendukung Multi-Cloud – Sebagai PaaS terbuka, Cloud Foundry dirancang untuk mampu menjalan aneka ragam Cloud dan infrastruktur Cloud, melindungi para pengembang dari kondisi terkunci di satu jenis Cloud. Visi ini sudah divalidasi dengan banyaknya distribusi private cloud, solusi manajemen dan penggelaran cloyd dan dukungan operator public cloud terhadap Cloud Foundry. Keragaman ini memberikan pilihan penggelaran multi-cloud bagi pelanggan dan melindungi pilihan dan fleksibilitasnya. Melalui fungsi ini, aplikasi bisa digelar dalam berbagai instansi dalam hitungan menit menggunakan Cloud Foundry.

Sumber-sumber Tambahan

  • Simak pandangan dari Steve Herrod, VMware CTO and senior vice president of R&D, tentang pengumumam Cloud Foundry.
  • Rincian teknis dari pengumuman hari ini
  • Kunjungi cloudfoundry.org untuk mengakses kode sumber.
  • Simak video yang menunjukkan multi-cloud beraksi.
  • Cloud Foundry Open Tour: http://opentour.cloudfoundry.com
  • Ikuti @cloudfoundry dan @VMware di Twitter (hashtag: #cfoundry)
  • Untuk memulai dengan Cloud Foundry, silakan kunjungi http://www.cloudfoundry.com/
Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…
March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…