Review Android App- FoodSpotting: Mencari Tempat Makan yang Sesuai Selera

Reading time:
April 11, 2012


Sering kali, saat berada dalam sebuah perjalanan panjang, Anda harus mencari tempat makan karena perbekalan yang dibawa sudah habis. Bisa juga saat kita berada di sebuah daerah baru, kita tergoda untuk mencicipi makanan khas daerah tersebut dan mencari tempat yang menyajikan masakan pilihan tersebut.

Menu Utama

Sayangnya, jika berada di tempat yang bukan daerah yang kita kuasai betul, kita akan kesulitan mencari tempat makan yang sesuai ekspektasi kita. Salah satu upaya yang dapat dilakukan apabila masalah seperti ini terjadi adalah menggunakan GPS atau peta. Namun, ada satu cara lagi yang dapat mempermudah pencarian tempat makan yaitu dengan meng-install FoodSpotting di perangkat Android Anda. Aplikasi ini dapat membantu menemukan lokasi tempat makan terdekat dari posisi Anda.

Platform

HTC Aria
2G Network: 850/900/1800/1900
3G Network: 850/1900 – 900/2100
Dimensi: 103.8 x 57.7 x 11.7 mm
Berat: 115 g
Display: 320 x 480 pixel, 3.2 Inch
Internal: 512 MB ROM, 384 MB RAM
Eksternal: MicroSD sampai dengan 32 GB
WLAN: WiFi 802.11 b/g
Kecepatan: HSDPA 7.2 Mbps
Bluetooth: Yes v2.1 dengan A2DP
Chipset: Qualcomm MSM7227
GPU: Adreno 200
CPU: 600 MHz ARM 11
GPS: Yes A-GPS
OS: Android OS 2.1 (Eclair) upgradeable to Gingerbread

Keuntungan

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat memperoleh banyak keuntungan. Selain dapat dengan mudah menemukan lokasi restoran terdekat tanpa banyak waktu yang terbuang, berbagai informasi terkait mengenai masakan dan tempat makan tersebut disajikan dengan cara dan bahasan yang menarik.

Instalasi

FoodSpotting 3.1.1 ini mendapatkan rating yang cukup baik yaitu empat buah bintang dengan penggunduh sebanyak 1.000.000 hingga 5.000.000. Anda dapat meng-install aplikasi ini dengan persyaratan OS yang digunakan minimum Android 1.6 ke atas. Kapasitas file setup sebesar 1.8 MB ini akan memakan ruang hard disk sebesar 3.5 MB dan dapat di-install ke dalam memori eksternal.

Fitur

Program ini bukan hanya sekadar sebuah penunjuk jalan untuk menemukan berbagai makanan yang enak saja, banyak user yang mengunduh karena berbagai fitur telah dikembangkan dengan baik oleh pihak developer. Anda sebagai pengguna tentunya tidak ingin menggunakan aplikasi tanpa adanya kelebihan yang menarik. Berikut adalah berbagai fitur yang menjadi senjata utama dari aplikasi ini.

Makanan – Aplikasi ini akan memberikan berbagai rekomendasi mengenai tempat dan makanan yang dapat diraih dengan cepat. Anda tidak perlu khawatir merasa kelaparan di jalan.

Dishes

Map – Bukan hanya nama tempat dan makanan saja yang muncul di aplikasi ini. Di sini, Anda akan dibimbing langsung dengan peta yang update dan mudah dijangkau. Peta yang disediakan berasal dari Google Maps yang sudah sejak lama menjadi penunjuk jalan yang dapat dipercaya. Anda dapat dengan mudah bernavigasi dan menemukan tempat yang terpampang di Google Maps.

Map

Personalisasi – Anda dapat melakukan berbagai personalisasi terhadap tempat makan di aplikasi ini dengan cara mem-bookmark apa pun yang disukai atau menyembunyikannya. Dengan begitu, perburuan makanan menjadi lebih fokus terhadap apa yang diinginkan. Memersonalisasikan apa yang ada menurut keinginan merupakan salah satu bentuk yang dapat dinikmati dalam aplikasi ini.

Sosial – Salah satu yang dapat dilakukan ketika menemukan makanan yang enak adalah dengan berbagi. Hal ini dapat dilakukan hanya dengan jentikan jari, meng-upload foto yang dari hidangan yang disantap kemudian langsung meng-upload-nya.

user

Pengujian

Berbagai respon positif yang diberikan oleh user dapat ditemukan di Google Play Store mengenai kinerja aplikasi. Desain yang ditampilkan cukup menarik dengan berbagai perpaduan warna yang nyaman di mata. Menu yang dihadirkan di sini cukup sederhana dan mudah untuk dioperasikan. Anda dapat menggunakan aplikasi ini tanpa harus sign up ke dalam komunitas.

Program ini menyediakan dua cara untuk bergabung, pertama langsung mendaftarkan diri dengan mengisi formulir yang disediakan, kedua adalah dengan mendaftarkan diri menggunakan account Facebook dan mengatur sedikit seting yang tersedia. Bila telah terdaftar, Anda dapat mengikuti jejak anggota yang diinginkan agar mendapatkan informasi mengenai tempat makan yang enak.

Untuk mengakses menu utama Anda cukup menekan ikon yang terdapat tepat di sebelah Foodspotting, dalam menu ini terdapat beberapa submenu, seperti eksplore dishes, spot a dish, following, view profile, notification, dan sign up/sign in. Apabila merasa aplikasi ini cukup menyenangkan untuk digunakan, Anda dapat men-sharingnya langsung ke dalam Google + yang ikonnya diletakkan di bagian pantat sanga pengguna dapat ditemukan ikonnya pada pojok sebelah kanan.

Share

Pada menu explore dishes ini merupakan tempat utama yang dapat dipergunakan untuk menjelajah berbagai makanan. Disini terdapat beberapa sub menu seperti  special, nearby, best, latest, following, dan me. Setiap makanan yang direpresentatifkan dengan gambar yang cukup menggoda. Selain itu, Anda juga dapat menemukan sebuah ikon yang akan membawa langsung kepada sebuah peta bila ingin bernavigasi.

Submenu

Daftar restoran ataupun tempat makan yang telah diupload oleh para user kebanyakan berada di luar negeri. Di dalam negeri sendiri rasanya masih kurang banyak yang berpartisipasi memberikan informasi mengenai berbagai tempat dan restoran yang cukup enak. Semakin banyak orang yang bergabung dengan aplikasi ini dan memberikan informasi yang akurat, akan semakin besar pula data yang dapat dipergunakan. Aplikasi ini membutuhkan jalur Internet yang baik agar nyaman saat dioperasikan.

Support

Kami tidak dapat menemukan panduan file, keterangan mengenai developer, ataupun alamat email yang dapat digunakan sebagai feed back. Berbagai informasi sehubungan pihak developer ataupun bantuan penggunaan aplikasi ini dapat diperoleh melalui situs resminya. Anda dapat memperolehnya saat mengunduh di Google Play Store.

Kesimpulan

Aplikasi ini dapat membantu para pengguna yang sedang berada dalam perjalanan dan merasa perlu mengisi perut mereka. Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh siapa pun mulai dari yang gemar bepergian sampai kepada Anda yang memiliki hobi untuk mencicipi berbagai jenis makanan. Sangat mudah dioperasikan dan memiliki kestabilan serta kinerja yang baik. Daya tarik tambahan yang disertakan oleh pihak developer adalah dapat digunakan tanpa harus mengeluarkan biaya untuk membelinya.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…