Review Android App – Kid Coloring: Belajar Mewarnai Gambar

Reading time:
April 13, 2012

Anak-anak di usia 3-5 tahun kerap melaukan hal-hal tak terduga. Salah satunya adalah kebiasaan mencorat-coret tembok dan bidang apa pun yang mereka temui. Jika pada umumnya orangtua melihat itu sebagai bentuk kenakalan, jika ditelaah lebih lanjut, perilaku tersebut sebenarnya wujud perkembangan daya kreativitas anak. Seiring dengan perkembangan teknologi di berbagai sektor terutama perangkat mobile berbasis Android, Anda dapat mengarahkan kegiatan corat-coret tembok tersebut dengan bantuan sebuah aplikasi yang bernama Kid Coloring.

Pertama6

Salah satu perkembangan yang dapat dilihat dari penggunaan aplikasi ini adalah membantu motorik syaraf anak sehingga dapat berkreasi dengan cara yang lebih efektif. Metode yang digunakan merupakan salah satu yang banyak digemari karena selain dapat belajar, anak Anda juga akan mendapatkan sensasi hiburan.

Platform

HTC Aria
2G Network: 850/900/1800/1900
3G Network: 850/1900 – 900/2100
Dimensi: 103.8 x 57.7 x 11.7 mm
Berat: 115g
Display: 320 x 480 pixel, 3.2 Inch
Internal: 512 MB ROM, 384 MB RAM
Eksternal: MicroSD sampai dengan 32 GB
WLAN: WiFi 802.11 b/g
Kecepatan: HSDPA 7.2 Mbps
Bluetooth: Yes v2.1 dengan A2DP
Chipset: Qualcomm MSM7227
GPU: Adreno 200
CPU: 600 MHz ARM 11
GPS: Yes A-GPS
OS: Android OS 2.1 (Eclair) upgradeable to Gingerbread

Keuntungan

Berbagi keuntungan dapat diperoleh saat mengajari anak berkreasi dengan bantuan aplikasi ini. Beberapa di antaranya adalah mengembangkan kreativitas, imajinasi, dan melatih motorik. Dinding rumah Anda pun akan terbebas dari coretan.

Instalasi

Anda dapat mengunduh Kid Coloring 1.4.7 langsung dari Google Play Store. Proses instalasinya tidak memakan banyak waktu karena hanya mengambil sisa memori sebesar 3, 74 MB. Dengan menggunakan fitur natif di Android 2.2 ke atas, Anda dapat memindahkan aplikasi ini ke dalam memori eksternal tanpa adanya gangguan ataupun penurunan kinerja.

Fitur

Menemani si buah hati belajar adalah sebuah pengalaman berharga yang sulit diungkapkan. Kid Coloring dapat membantu Anda menjalin hubungan yang lebih intens dengan cara meluangkan waktu bersama dan mengajarkan anak untuk mengembangkan kreativitas mereka.

Pihak developer tentunya tidak akan meluncurkan produk tanpa disertai kelebihan. Berikut adalah beberapa fitur menarik yang ditanamkan ke dalam program ini.

Coloring Image – Sebenarnya, produk ini memiliki dua metode dasar dalam pemberian warna, yaitu dengan memberikan gambar dalam bentuk sketsa, seperti gambar istana, hewan, buah-buahan, dan berbagai gambar lainnya yang dapat diwarnai sesuka hati. Anda dapat dengan mudah mewarnai hanya dengan menyentuhkan ujung jari ke layar perangkat Android.

Gambar

Painting – Metode yang kedua adalah membuat gambar sesuka hati. Di sini, kreativitas dan berbagai ide liar dapat dituangkan dengan menggambar apa pun yang muncul di benak anak. Kid Coloring memiliki fungsional yang kurang lebih sama seperti aplikasi bawaan Microsoft Windows, Paint.

Save and Share – Apa pun karya yang telah dibuat, hasilnya dapat langsung disimpan di memori eksternal. Selain itu, Anda juga dapat mengirimkan gambar yang telah jadi melalui menu send by email yang tersedia.

Save

Pilihan warna – Berbagai jenis warna tersedia dengan sangat beragam. Standar warna yang disediakan dapat langsung dipilih melalui bar menu dengan sistem dropdown. Sementara itu, jika Anda mencari warna yang tidak ada di menu asal, Anda dapat mengaktifkan fitur advance color langsung dari menu setting.

Color

Pengujian

Mungkin slogan yang tepat untuk aplikasi ini adalah “Pilih warna kesukaanmu dan mulailah melukis”. Berbagai fitur yang disediakan dapat membantu anak dalam mengoptimalkan kreativitasnya. Aplikasi ini menyediakan lebih dari 20 sketsa gambar dengan variasi bentuk yang lucu.

Canvas Mode

Pihak developer mempersiapkan aplikasi ini dengan matang. Di bagian atas terdapat sederetan tool yang siap digunakan, sementara di bagian tengah terdapat kanvas berwarna putih atau sketsa gambar. Bagian bawah berisi iklan. Pilihan penempatan komersial ads di bagian bawah merupakan langkah bijak yang tidak mengganggu penggunaan aplikasi ini.

Kami menguji aplikasi ini lebih lanjut dengan menengok menu setting-nya. Kami hanya menemukan dua pilihan, yaitu user advance color picker dan enable sound yang jika diaktifkan akan memberikan efek suara saat berpindah dari mode gambar ke mode kanvas.

Setting1

Support

Kid Coloring merupakan sebuah aplikasi yang sangat mudah dioperasikan sehingga pengguna tidak memerlukan file panduan. Pihak pengembang selalu meng-update aplikasi ini dan memperbaiki bugs yang pernah terjadi. Anda dapat menghilangkan iklan yang ada di bagian bawah dengan memilih menu remove ads yang tersedia. Anda bisa mengetahui lebih lanjut mengenai aplikasi ini dengan membaca berbagai review yang tertera di Google Play Store.

Support4

Kesimpulan

Aplikasi ini sangat sederhana dan sangat bermanfaat untuk mengembangkan daya kreativitas dan imajinasi anak Anda. Jadi, Anda tidak perlu pusing atau sibuk menahan emosi karena anak Anda kerap mencorat-coret dinding rumah. fitur-fitur yang ditawarkan aplikasi ini sangat simpel dan mudah digunakan, membuat Anda bahkan tidak memerlukan file panduan.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…