Review Android App – Media Mudik: Mempersiapkan Diri Untuk Pulang Kampung

Reading time:
April 3, 2012

Masyarakat di Indoensia biasanya memanfaatkan berbagai hari libur, seperti perayaan agama, libur panjang nasional, atau liburan sekolah untuk pulang ke kampung halaman. Acara mudik ini dilakukan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang telah lama tidak berjumpa ataupun sekadar melepaskan stres dari berbagai beban pekerjaan yang dihadapi di kehidupan sehari hari.

Pertama

Umat Islam di Indonesia sendiri banyak yang memanfaatkan hari raya Idul Fitri untuk mudik merayakan kemenangan selama sebulan penuh berpuasa dengan orangtua atau sanak keluarga lainnya. Agar acara seperti ini bisa sukses tanpa ada kendala, Anda wajib mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Bagi pengguna perangkat Android, ada sebuah aplikasi bernama Media Mudik yang dapat digunakan untuk membantu melancarkan segala persiapan yang dibutuhkan. Ini memang masih terlalu awal untuk membicarakan mudik dan hari raya. Namun, bersiap lebih dini tidak ada salahnya, bukan?

Platform

HTC Aria
2G Network: 850/900/1800/1900
3G Network: 850/1900 – 900/2100
Dimensi: 103.8 x 57.7 x 11.7 mm
Berat: 115g
Display: 320 x 480 pixel, 3.2 Inch
Internal: 512 MB ROM, 384 MB RAM
Eksternal: MicroSD sampai dengan 32 GB
WLAN: WiFi 802.11 b/g
Kecepatan: HSDPA 7.2 Mbps
Bluetooth: Yes v2.1 dengan A2DP
Chipset: Qualcomm MSM7227
GPU: Adreno 200
CPU: 600 MHz ARM 11
GPS: Yes A-GPS
OS: Android OS 2.1 (Eclair) upgradeable to Gingerbread

Instalasi

Ternyata, aplikasi ini tergolong sangat kecil dan hanya memakan ruang bebas di hard disk sebesar 548 KB ketika proses unduh dan instalasi telah selesai dilakukan dari Google Play Store. Saat pengujian dilakukan, Media Mudik masih dalam versi  1.0. Anda akan membutuhkan jalur Internet melalui data ataupun WiFi untuk menjalankan aplikasi ini.

Fitur

Dari berbagai aplikasi untuk memandu perjalanan jauh yang pernah ada sebelumnya, kami mendapati bahwa Media Mudik cukup akurat dalam memberikan informasi dan kaya akan fitur yang dibutuhkan dalam melakukan perjalanan. Pihak developer telah mengembangkan dan mempersenjatai aplikasi ini dengan baik. Berikut adalah beberapa fitur yang dapat ditemukan di aplikasi yang satu ini.

Tips – Aplikasi ini menyediakan tips menarik untuk melakukan perjalanan jauh. Anda dapat menerapkan informasi yang diberikan agar tidak terhindar dari masalah kecil yang merepotkan. Berbagai tips menarik tersedia, mulai dari mempersiapkan kendaraan sampai al-hal yang kira-kira diperlukan selama perjalanan.

Tips

Calculator – Oleh karena kebiasaan mudik banyak terjadi di hari raya Lebaran, aplikasi ini menyertakan sebuah alat hitung untuk menghitung pengeluaran zakat fitrah yang berguna bagi umat Muslim. Perhitungan yang dilakukan aplikasi ini sesuai dengan keputusan MUI mengenai penetapan zakat fitrah sebesar 3,5 liter beras.

Kalkulator Zakat

Jadwal Imsyak – Bagi yang hendak melakukan perjalanan di bulan puasa, pihak developer juga menyertakan jadwal Imsyak agar dapat melakukan sahur sehingga ibadah puasa masih tetap dapat dijalankan. Sampai saat tulisan ini diturunkan, kami menemukan bahwa daftar yang disertakan merupakan jadwal di tahun 1432 Hijriah.

News – Akan sangat membosankan bila dalam sebuah perjalanan panjang Anda tidak melakukan apa pun kecuali melihat pemandangan saja. Demi mengatasi kebosanan, pihak developer menyertakan fitur penyampaian berita. Anda pun akan terhindar dari rasa bosan dan dapat menikmati berita-berita yang telah disajikan.

News

Sharing Informasi – Berbagai informasi kepada sesama rekan merupakan sesuatu yang biasa dilakukan. Begitu pula dengan aplikasi ini. Anda dapat berbagi keadaan lalu lintas yang Anda lalui sepanjang perjalanan agar orang lain dapat mengetahui situasi terbaru di daerah tertentu. Selain itu, Anda juga dapat menerima informasi yang sama dari orang lain sehingga dapat mengambil tindakan sebelum terjebak kemacetan.

Laporkan

Pengujian

Anda akan menemukan bahwa aplikasi ini memiliki desain yang didominasi dengan warna cokelat. Desainnya tidak memiliki terlalu banyak ornamen ataupun animasi yang dapat memberatkan kinerja perangkat. Aplikasi ini terdiri atas lima buah menu utama yang akan memudahkan Anda mengoperasikannya.

Spot

aplikasi ini memberikan lima menu. Pertama, info Mudik. Di sini Anda akan menemukan beberapa submenu tambahan seperti Kalkulator Mudik yang berguna kurang lebih sebagai To do List agar berbagai persiapan dapat dilakukan dengan matang. Lalu, ada juga Zakat Kalkulator sebagai perhitungan untuk membayarkan zakat fitrah.Ketiga, Spot yang berisikan berbagai informasi berguna seperti keberadaan SPBU. Keempat, ada Trafic Report yang merupakan berita yang berisi keadaan lalu lintas jalan. Terakhir adalah submenu Laporkan Kondisi Jalan yang memungkinkan Anda membuat laporan mengenai keadaan lalu lintas di sepanjang jalur yang Anda lewati.

Menu kedua adalah Persiapan Mudik. Di sini tersedia berbagai tips menarik untuk mempersiapkan segala sesuatunya yang berurusan dengan rencana pulang ke kampung halaman. Menu ketiga adalah Jadwal Imsyakiyah dan menu keeepat adalah Konten Islami di mana Anda akan memperoleh berbagai informasi mengenai Islam. Terakhir, ada menu Breaking News yang menyajikan berbagai berita terkini.

Info Mudik

Instalasi file memang tidak membutuhkan memori yang besar. Walau begitu, Anda tetap harus terhubung dengan Internet agar dapat menjalankan aplikasi ini. Setiap konten akan disinkronisasikan dengan server yang telah tersedia. Selain itu, kami juga menemukan sebuah iklan dari Media Indonesia yang berada di setiap halaman, menu, dan submenu aplikasi ini.

Support

Kami menemukan bahwa penggunaan aplikasi ini tidak membutuhkan panduan file baik secara online ataupun offline. Software ini sendiri dibuat oleh salah satu perusahaan dalam negeri yang bernama PT Nusantara yang bekerja sama dengan Media Indonesia untuk urusan konten. Anda dapat menggunakan aplikasi ini tanpa dikenakan biaya sepeserpun.

Supporty

Kesimpulan

Media Mudik merupakan salah satu aplikasi yang sangat cocok digunakan oleh umat Islam yang menjalankan ibadah di bulan Ramadan dan melakukan perjalanan panjang di saat hari raya Lebaran. Banyaknya fitur yang disediakan pengembang aplikasi ini membuat segala kebutuhan mudik Anda terpenuhi, bahkan dari segi hiburan.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…