in: Software | April 25, 2012 | by: Sony Hanifudin

Review Android App – PictsArt: Berkreasi dengan Foto

Manusia suka berkreasi. Ada beberapa yang memiliki jiwa seni yang cukup tinggi dan selalu penuh dengan ide-ide baru yang menuntunnya untuk menghasilkan sebuah karya. Salah satunya adalah seni fotografi.

Saat ini, fotografi tidak terpaku kepada kamera-kamera berukuran besar (DSLR). Kamera poket atau bahkan kamera ponsel bisa menjadi prasarana yang cukup mumpuni untuk menghasilkan karya foto yang berkualitas.

Dengan fitur kamera yang semakin berkembang di smartphone berbasis Android, berbagai produsen berlomba-lomba memberikan aplikasi pendukung yang menarik. Salah satunya adalah Pict Arts Photo Studio dari Pict Arts. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat berkreasi sebebas-bebasnya terhadap foto yang telah diambilnya.

Platform

HTC Aria
2G Network: 850/900/1800/1900
3G Network: 850/1900 – 900/2100
Dimensi: 103.8 x 57.7 x 11.7 mm
Berat: 115 g
Display: 320 x 480 pixel, 3.2 Inch
Internal: 512 MB ROM, 384 MB RAM
Eksternal: MicroSD sampai dengan 32 GB
WLAN: WiFi 802.11 b/g
Kecepatan: HSDPA 7.2 Mbps
Bluetooth: Yes v2.1 dengan A2DP
Chipset: Qualcomm MSM7227
GPU: Adreno 200
CPU: 600 MHz ARM 11
GPS: Yes A-GPS
OS: Android OS 2.1 (Eclair) upgradeable to Gingerbread

Keuntungan

Aplikasi ini memberikan keuntungan yang tidak sedikit. Anda dapat berkreasi dengan foto Anda dengan memanfaatkan beragam fitur yang ditawarkan aplikasi ini. Anda dapat “mendandani” foto Anda dengan hiasan bertema lelucon atau mengubahnya menjadi artistik. Semuanya tergantung kepada kreativitas Anda!

Instalasi

Penjelasan mengenai fitur aplikasi ini di Google Play Store disampaikan dengan memperlihatkan berbagai gambar menarik. Hingga saat ini, aplikasi ini telah berada di versi 2.6.1. Untuk meng-install aplikasi ini, Anda tidak memerlukan minimum spesifikasi hardware. Walau begitu, aplikasi ini hanya dapat digunakan di smartphone dengan sistem operasi Android versi 1.6 ke atas. Selain itu, proses instalasi aplikasi ini tidak mengalami masalah selama tidak ada gangguan di koneksi Internet Anda.

Fitur

Pict Arts sebagai pihak pengembang aplikasi ini tentunya tidak akan merilis produknya tanpa memastikan bahwa produk tersebut memiliki deretan fitur yang bermanfaat. Berikut adalah fitur-fitur yang tersedia di aplikasi ini.

Network – Pengembangan network yang disertakan di aplikasi ini diambil dari salah satu aplikasi jejaring sosial pendahulunya, Picsln. Sebagai salah satu media yang cukup terkenal, Anda dapat berbagi berbagai foto dengan kolega atau mencari teman sesama penikmat karya seni foto dan pengguna lainnya tanpa harus bertemu dengan permasalahan pengunggahan.

Kamera – Dengan fasilitas kamera yang ada di ponsel, Anda dapat mengambil berbagai gambar dan kemudian memberikan beberapa sentuhan cantik yang membuatnya memiliki nilai dan arti tersendiri. Menariknya, Anda tidak hanya dapat mengedit foto yang Anda ambil, melainkan juga gambar-gambar bawaan yang ada di galeri.

Live Wallpaper – Ketika Anda mengunduh aplikasi ini, Anda akan mendapatkan bonus sebuah wallpaper menarik bermotif garis-garis menyerupai ular dengan warna yang beragam. Warna-warna tersebut akan bertambah banyak ketika Anda menyentuh layar.

Sharing – Foto hasil kreasi Anda dapat dibagi ke keluarga atau teman melalui berbagai jejaring sosial dengan cara mengunggahnya ke Facebook, Thumblr, Flickr, Picasa, Foursquare, blog, WordPress, atau bahkan menyimpannya di storage online seperti DropBox tanpa dikenakan biaya.

Photo Editor – Anda dapat berkreasi dengan sentuhan jari tanpa harus repot seperti ketika melakukan editing foto menggunakan desktop. Dengan tambahan efek yang beraneka ragam, filter, collage frame, dan clip art graphics, tentunya hasil yang diperoleh akan jauh lebih indah dibandingkan dengan standar pengambilan foto biasa.

Gallery – Selain menyumbangkan berbagai gambar menarik, Anda juga dapat melihat hasil karya orang lain di menu Gallery. Di sini tersedia berbagai foto menarik dengan pengategorian yang rapi. Anda dapat memilih list kategori yang terletak di sebelah kanan, seperti sophia, vintage, spring. retro, color splash, dan lain sebagainya.

Frame – Tertarik dengan membuat foto dengan menggunakan bingkai sebagai salah satu yang pemanis foto? Anda dapat melakukannya menggunakan aplikasi ini. Di sini, tersedia berbagai jenis bingkai dengan bentuk yang beraneka ragam. Anda tidak akan pernah kehabisan ide dan akan selalu memiliki berbagai hasil karya yang variatif dengan bantuan fitur-fitur yang ada di aplikasi ini.

Pengujian

Sebenarnya, aplikasi ini bukanlah foto editor biasa. Sesaat ketika Anda selesai mengambil gambar, Anda bisa langsung mengedit foto ini dengan cara yang sangat mudah. Setelah itu, Anda dapat langsung berbagi hasl karya Anda tersebut langsung ke jejaring sosial. Selain itu, kemudahan pengoperasian ditunjukkan dengan UI dan tata letak ikon yang mudah dimengerti.

Selain mengedit, memasukkan teks sebagai pemanis merupakan salah satu hal yang membuat gambar atau foto menjadi lebih artistik. Dukungan magic effect, seperti Stenciler, Cartoonizer, Sketcher, Orton, dan Lomo dapat digunakan sepuasnya dengan cuma-cuma.

Bila Anda bermaksud untuk mengkreasikan sebuah foto yang ditujukan untuk profile picture, Anda dapat memanfaatkan fitur draw, seperti draw sticker mode, callouts, Artistic brushes dan text styles. Pihak pengembang juga menyertakan beberapa kelebihan lainnya, seperti filters, collage, frames, stickers, text effects, clipart graphics, crop, rotate, adjust color, dan add artistic effects.

Di pengujian yang kami lakukan, field penggunaan terasa cukup nyaman dengan desain yang menarik. Aplikasi ini memiliki kinerja yang sangat baik, stabil, dan kompatibel dengan berbagai aplikasi yang telah ter-install sebelumnya.

Lebih dari sekadar foto editor dengan berbagai efect yang cukup memukau, aplikasi ini juga merupakan sebuah jejaring sosial dengan foto sebagai tema penggunaannya. Menggunakan jalur WiFi merupakan sebuah langkah bijak daripada memakai jalur data 3G karena selain dapat mengakses bandwidth yang lebih besar, Anda juga dapat melakukan editing tanpa menemui masalah dalam hal koneksi.

Support

Dukungan penuh diberikan oleh developer mulai dari FAQ yang dapat langsung ditemukan di deskripsi aplikasi ini di Google Play Store sampai pengajuan kritik dan pertanyaan ke email picsartmobile@gmail.com. Bila Anda menginginkan pengalaman lebih dari sekadar apa yang telah diperoleh, silakan kunjungi situs resmi Picart di http://www.picsart.com.

Aplikasi ini merupakan sekumpulan ide cemerlang yang berasal dari berbagai fitur menarik dari aplikasi pendahulunya, seperti “PicsIn Photo Studio”, Photoid, AnDrawing, dan “Magic Effects”. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan pilihan bahasa yang cukup lengkap, tetapi sayangnya belum termasuk bahasa Indonesia.

Kesimpulan

Kreasi manusia tidak pernah ada batasnya. Aplikasi ini dapat membantu Anda untuk mengeksplorasi kreativitas Anda. Aplikasi ini sangat cocok untuk siapa pun yang gemar berkreasi dengan foto. Selain itu, aplikasi ini juga berfungsi sebagai jejaring sosial yang memungkinkan pengguna untuk saling berbagi hasil karya dengan teman atau keluarganya. Tentunya, aplikasi ini dilengkapi dengan deretan fitur yang lengkap dan variatif yang akan semakin mempermanis foto Anda.

Keterangan

Kategori
Fotografi

Minimum OS
1.6 ke atas

Versi
2.5

Vendor
PicsArt

Email
picsartmobile@gmail.com

Situs
http://www.picsart.com

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES