LOGO

Review Android Apps – Radio Internet: Mendengarkan Radio Online

Sebagai salah satu media yang berumur cukup tua, radio mengalami perkembangan yang semakin canggih. Mulai dari sebuah kotak biasa yang dapat mengeluarkan suara sampai menjadi fitur di sebuah smartphone. Masyarakat pun dapat mendengarkan radio di mana saja tanpa terbatas tempat.

Radio sendiri saat ini sudah banyak disertakan sebagai salah satu standar fitur di smartphone jenis apa pun. Akan tetapi, apabila menginginkan sesuatu yang lebih, radio internet dapat menjadi pilihan untuk menangkap lebih banyak channel radio.

Platform

HTC Aria

2G Network: 850/900/1800/1900
3G Network: 850/1900 – 900/2100
Dimensi: 103.8 x 57.7 x 11.7 mm
Berat: 115 g
Display: 320 x 480 pixel, 3.2 Inch
Internal: 512 MB ROM, 384 MB RAM
Eksternal: MicroSD sampai dengan 32 GB
WLAN: WiFi 802.11 b/g
Kecepatan: HSDPA 7.2 Mbps
Bluetooth: Yes v2.1 dengan A2DP
Chipset: Qualcomm MSM7227
GPU: Adreno 200
CPU: 600 MHz ARM 11
GPS: Yes A-GPS
OS: Android OS 2.1 (Eclair) upgradeable to Gingerbread

Keuntungan

Anda dapat mendengarkan siaran radio Internet dengan cara streaming. Tentunya, ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan seperti siaran yang beraneka ragam dari berbagai stasiun radio. Anda tidak perlu lagi bergantung dengan pemancar lokal. Fitur yang disediakan juga lebih berlimpah dibandingkan radio biasa.

Instalasi

Setiap aplikasi yang kami review ditawarkan secara cuma-cuma alias gratis. Begitu pula aplikasi-aplikasi yang ada di artikel kali ini. Walaupun tersedia secara gratis, aplikasi-aplikasi ini menunjukkan kemampuan yang prima dengan proses instalasi yang cepat dan file setup yang besar.

Factsheet

Internet Radio

Sudah dapat dipastikan bahwa setiap aplikasi disertakan di pembahasan kali ini memiliki berbagai kelebihan. Berikut adalah ulasan singkat yang dapat dijadikan bahan referensi untuk memilih aplikasi radio Internet yang menurut memiliki fitur paling menarik.

Nux Radio

Salah satu aplikasi yang mengizinkan Anda mendengarkan berbagai saluran radio ini memiliki beberapa kelebihan menarik, channel-channel lokal yang beragam, simple UI, menggunakan bahasa Indonesia, dan beberapa kelebihan menarik lainnya. Aplikasi ini juga memiliki fitur Komentar yang emmungkinkan pengguna memberikan pendapat atau masukan untuk siaran tertentu. Namun, ketika pengujian berlangsung, fitur ini sedang ditutup karena sedang ada perbaikan.

Ada lima menu utama yang dihadirkan aplikasi ini, yaitu Paling Banyak Didengar yang berisi beberapa channel yang paling sering didengar oleh pengguna, MNC Radio Network yang berisi stasiun radio yang tergabung dalam MNC Group, Daftar Radio yang merupakan sebuah katalog, dan menu Cari Radio yang merupakan tempat untuk melakukan pencarian radio dengan cara instan, dan yang terakhir adalah Komentar Anda.

Indoradio FM

Indoradio FM merupakan standar saluran radio komersial yang ada di Indonesia saat ini. Aplikasi ini didesain dengan tampilan yang cukup sederhana dengan perpaduan warna putih dan hitam. Penggunaan dua warna kontras tersebut membuat teks dapat dibaca dengan mudah. Untuk membuka aplikasi ini (tanpa memilih channel dan mendengarkan siaran), Anda membutuhkan jalur Internet. Jadi, pastikan koneksi Internet Anda dalam keadaan menyala saat mengakses aplikasi ini.

Aplikasi ini memiliki tiga menu utama, yaitu Ready yang berisi channel-channel ternama dari radio di Indonesia, seperti PAS FM 92.4 Jakarta, POP FM 103 Jakarta, sampai PAS FM 106 Semarang.  Menu kedua adalah Favorit yang berisi kumpulan stasiun radio yang menjadi favorit pengguna. Menu yang ketiga adalah Cari Station yang merupakan menu search yang memudahkan pengguna mencari stasiun radio dengan cara memasukkan kata kunci, seperti kota, nama stasiun radio atau frekuensi.

Rec. Radio Indonesia

Desain yang ditampilkan aplikasi ini terkesan mewah dengan warna-warna mencolok yang cukup trendy. Pengoperasiannya sangat mudah yaitu hanya dengan menekan nama stasiun radio yang ada di daftar. Aplikasi radio yang satu ini sepertinya dibuat sesederhana dan semudah mungkin karena ketiadaan menu di dalamnya.

Keunggulan utama yang ditawarkan selain streaming adalah fasilitas rekam siaran. Anda dapat melakukan perekaman siaran radio favorit Anda dengan cara yang cukup mudah. Sayangnya, aplikasi ini tidak memiliki fitur search. Sepertinya pengembang aplikasi ini perlu melakukan pengembangan lebih lanjut untuk menambah database channel agar pengguna memiliki koleksi stasiun radio yang lebih variatif.

 Tfs Radio Indonesia

Aplikasi yang satu ini merupakan bagian dari Tfs Radio yang sudah cukup terkenal dan memiliki banyak cabang di beberapa negara. Kali ini yang mengikuti pengujian adalah siaran Indonesia. Aplikasi ini juga tersedia secara gratis. Oleh karena itu, jangan heran ketika Anda menemukan bar iklan di bagian bawah layar.

Aplikasi ini menawarkan fitur yang cukup lengkap, seperti Mesin Pencari, Favorites, History Penggunaan, Recording, dan Streaming Now Playing. Bila Anda menyukai salah satu saluran radio, Anda hanya cukup menekan ikon bintang yang ada tepat di sebelah kiri layar. Secara otomatis stasiun radio ini akan masuk ke menu favorit. Selain itu, database channel-channel radio di Indonesia sendiri terhitung cukup lengkap.

Beberapa fitur tambahan yang membuat aplikasi ini menjadi menarik adalah tool yang tersedia, seperti pemilihan jaringan untuk on/off penggunaan WiFi saja sehingga jalur koneksi 3G atau jaringan telepon dapat dimatikan, pemasangan waktu, alarm, bahkan di sini Anda dapat langsung menuliskan sedikit review di Google Play Store. Berbagi dengan teman atau memasukkan review melalui Twitter pun dapat dilakukan dengan mudah.

MyRadio Indonesia

Dilihat dari penampilannya, aplikasi produksi anak bangsa ini selintas terlihat kurang menarik. Namun, ketika sudah ditelusuri dan ditelaah lebih dalam, aplikasi ini ternyata cukup keatif dan mengesankan. Dengan database yang lengkap, mendengarkan streaming radio menjadi sangat mudah dan tidak membosankan. Bagi pemilik perangkat Android dengan kapasitas memori yang sudah minim, jangan khawatir karena aplikasi ini dapat langsung di-install ke memori eksternal.

Berbeda dengan para pesaing lainnya, di sini tersedia dua menu tambahan, yaitu Web dan Chat. Untuk menggunakan menu-menu tersebut, Anda akan diharuskan mendaftarkan diri terlebih dahulu. Jika Anda tertarik lebih lanjut, menu More akan menunjukkan jalan kepada Anda untuk mengeksplorasi produk lainnya dari pengembang yang sama.

Oleh karena tersedia secara gratis bagi siapa pun yang menggunakannya, aplikasi ini menyediakan tempat untuk iklan di bagian bawah layar. Untuk segi kinerja, aplikasi ini menunjukkan kemampuan yang cukup baik. Kualitas suara pun tergolong standar dan cukup nyaman untuk didengarkan.

Pembanding

Kami sedikit kesulitan menemukan aplikasi sejenis yang khusus menyediakan saluran radio hanya siaran Indonesia saja. Setelah beberapa berpikir, kami pun memutuskan untuk menampilkan aplikasi sejenis yang bernama Mobile Radio Live. Menu yang dihadirkan sedikit banyak tidak jauh berbeda dengan yang lainnya, yaitu search, playlist, play, dan add yang berfungsi untuk menambahkan saluran radio.

Anda akan menemukan ribuan channel dari seluruh belahan dunia yang dikategorikan berdasarkan negara masing-masing. Indonesia sendiri menyumbangsihkan sebanyak 277 siaran radio mulai dari Sabang sampai Merauke. Aplikasi ini memiliki kemampuan yang cukup mengesankan!

Rekomendasi

Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, dapat diperoleh bahwa  setiap aplikasi yang diuji kali ini telah memaksimalkan kinerjanya dan berusaha memberikan nilai terbaik dengan firue-fitur yang mereka tawarkan. Kami sendiri merekomendasikan tfsRadio Indonesia sebagai radio streaming karena memiliki kemampuan, kinerja, fitur, dan stabilitas yang ditunjukkan cukup unggul dan sangat berguna.

Support

Dilihat dari jenis aplikasinya, kami memeriksa satu persatu dukungan yang diberikan oleh pihak pengembang. Sebagian memberikan dukungan langsung melalui email bila terdapat sebuah bugs dan sebagian lagi memberikan dukungan dengan menyediakan halaman situs resmi yang sangat menarik. Penggunaan dan pengoperasiannya sendiri tidak membutuhkan panduan file baik online atau offline.

Kesimpulan

Mendengarkan musik, siaran, berita, dan wawancara kini dapat dinikmati langsung dari perangkat Android jenis apa pun selama terdapat jalur koneksi baik itu 3G atau WiFi. Dengan sekian banyak stasiun radio yang tersedia di Indonesia, Anda dapat langsung mendengarkannya tanpa khawatir lupa membawa earphone biasanya digunakan sebagai antena di fasilitas radio FM manual.

Mengesampingkan kekurangan yang dimiliki aplikasi-aplikasi jenis ini, kelebihan menarik yang ditawarkan memang lebih dari sekadar mendengarkan radio saja. Merekam sebuah acara yang disiarkan, database channel yang lengkap, dan kemudahan pengoperasian merupakan salah satu keuntungan yang didapat.

Random Articles
Back to Top