in: Gadget | April 18, 2012 | by: Dimas Galih Windujati

Review HTC One X: Smartphone Android Tegra 3 Pertama!

Kesimpulan

Performa yang tersedia pada HTC One X akan mampu membuat setiap game yang Anda temukan untuk Android dapat berjalan tanpa lag atau terpatah-patah. Dengan menggunakan empat core, HTC pun percaya diri dengan menghadirkan sebuah aplikasi untuk editing video yang memang haus akan performa prosesor. Saat menguji dengan bermain game pun, panas yang dihasilkan tidak lebih tinggi dibandingkan dengan smartphone ber-SoC NVIDIA Tegra 2.

Secara ergonomi, HTC One X tergolong smartphone yang nyaman digunakan. Bentuknya yang melengkung dan permukaan yang tidak licin membuatnya mudah dioperasikan. Meski ukuran layarnya lebar, kami tidak menemukan masalah saat membawanya kemana-mana. Mungkin satu-satunya kelemahan dari sisi ergonomi adalah tidak tersedianya tombol khusus (hardware) untuk pengambilan gambar.

Bagi Anda yang menginginkan smartphone terkencang saat ini, jawabannya adalah HTC One X. Kinerjanya mampu menandingi semua smartphone yang saat ini ada dipasaran Indonesia, pada saat kami menulis artikel ini. Tentunya, di masa depan akan banyak produsen lain yang akan berusaha menandinginya. Walau demikian, HTC bersama NVIDIA Tegra 3 yang digunakannya tetap akan menjadi smartphone pertama yang menggunakan 4 core untuk pasar Indonesia. Melihat bahwa SoC selain NVIDIA masih menggunakan 1 hingga 2 core, rasanya performa tinggi pada HTC One X ini akan bertahan cukup lama. Seharusnya, akhir tahun atau bahkan tahun 2013, pada saat aplikasi mulai dioptimalkan untuk SoC dengan  2 hingga 4 core, performa HTC One X ini akan lebih terlihat lagi.

Membicarakan performa HTC One X memang tidak ada habisnya. Sampai-sampai nyaris terlewatkan oleh kami bahwa HTC One X adalah sebuah paket smartphone yang memang luar biasa. Di samping performa kencang, smartphone ini dilengkapi dengan beragam feature yang susah ditandingi. Kamera 8.0 megapixel dengan lensa f/2.0 yang responsif serta menghasilkan foto berkualitas tinggi, kemampuan mengambil foto sembari merekam video, layar dengan resolusi HD, dan Beats Audio Enhancement adalah beberapa keunggulan yang susah ditemukan pada smartphone kelas atas lainnya saat ini. Jangan lupakan pula kenyamanan pada menu yang diberikan HTC sense 4.0 yang responsif namun tetap cantik.

Berdasarkan kabar burung yang beredar, harga yang akan dibanderol untuk HTC One X di Indonesia akan berada di atas 6 juta rupiah (akan kami update setelah smartphone ini diluncurkan). Jika benar, harga tersebut memang cukup premium untuk sebuah smartphone. Akan tetapi, apabila Anda memang membutuhkan smartphone Android terbaik saat ini, HTX One X ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kelebihan

+ Kinerja tinggi

+ Sangat responsif

+ HTC Sense 4.0 yang cantik

+ Tipis

+ Feature kamera yang baik

+ Hasil foto kamera yang berkualitas tinggi

+ Beats Audio Enhancement

+ Layar HD yang tajam dan terang, dilengkapi Gorilla Glass 2

+ Storage terintegrasi yang kencang, 32 GB

 

Kekurangan

– Browser bawaan

– Baterai yang tidak bisa dibuka

– Tidak tersedia slot microSD untuk menambah kapasitas storage

– Tidak ada tombol kamera yang khusus

 

Data Teknis

Prosesor NVIDIA Tegra 3 dengan CPU Cortex A9 Quad Core 1,5 GHz dan GPU GeForce ULP
Format Video H.264, MPEG4, WMV, AVI
Format Audio MP3, MP4, WMA, AAC, AAC+, WAV, MIDI, OGG, FLAC
Format  Gambar JPG, BMP, PNG
Layar Capacitive 4,7 inci dengan resolusi 1280 x 720
Kamera Utama / Depan 8 MP AutoFocus / 1.3 MP
Interface MicroUSB
Koneksi nirkabel Wi-Fi (802.11 b/g/n), Bluetooth 3.0
Dimensi dan Bobot 134.4 x 69.9 x 8.9 mm / 130 gram
Daya Tahan Baterai 482 Menit
Produsen HTC
Website http://www.htc.com.tw
Harga Rp —
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7
Tags: