LOGO

Review Processor Intel Ivy Bridge Core i5 3570K dan Core i7 3770K

Part: 1 2 3 4 5 6 7

 Sebelum melanjutkan ke bagian pengujian, mari kita sedikit mengulas spesifikasi CPU ini, berikut dengan prosesor yang kami pilih sebagai pembandingnya.

 

Kami memilih Core i7 2600K dan Core i5 2500K sebagai pembanding karena kedua prosesor ini mewakili pendahulu dari Ivy Bridge. Akan menarik membandingkan perbedaan performa antara kedua generasi prosesor ini.

Untuk mewakili AMD pada pengujian, kami menghadirkan prosesor FX-8150. Prosesor tersebut memang dikeluarkan AMD untuk “melawan” Intel Sandy Bridge. Apakah prosesor ini mampu bersaing dengan pengganti Sandy Bridge? Inilah yang akan kita lihat pada pengujian berikut ini.

Mari kita sedikit ulas perbedaan-perbedaan yang terdapat dalam ke-lima prosesor ini.

Jika kita membandingkan diantara sesama Core i7, terlihat perbedaan pada clock speed, internal graphics, dan TDP. Perbedaan clock speed yang diusung 3770K dan 2600K hanyalah 100 MHz, tetapi perlu diingat bahwa proses fabrikasi dari Ivy Bridge sudah berbeda. Ivy Bridge menggunakan fabrikasi 22 nm sedangkan Sandy Bridge menggunakan fabrikasi 32 nm. Selain efisiensi kinerja yang didapatkan dengan fabrikasi yang berbeda, TDP prosesor menurun sehingga akan menjadi lebih hemat daya. Perbedaan lainnya yang mencolok adalah internal GPU yang dianut Ivy Bridge merupakan HD4000. Rumor mengatakan bahwa GPU ini dua kali lebih cepat dari GPU yang diusung Sandy Bridge, yaitu HD3000.

Perbedaan  yang sama dapat dilihat pada line-up Core i5. Dapat dilihat perbedaan yang ada secara fundamental sama dengan yang terjadi pada line up Core i7.

AMD FX-8150 hadir sebagai pembanding dari kubu kompetitor. Prosesor ini dikeluarkan AMD sebagai jawaban terhadap prosesor Intel dengan core Sandy Bridge. Bagaimana jika kita bandingkan penerus dari Sandy Bridge ini? Ini yang akan kami jawab melalui pengujian.

 

CPU-Z Screenshot

Intel Core i7 3770K “Ivy Bridge”

 

Intel Core i5 3570K “Ivy Bridge”

 

Intel Core i7 2600K “SandyBridge”

Intel Core i5 2500K “Sandy Bridge”

AMD FX-8150 “Bulldozer”

 

Platform Pengujian

 

  • Prosesor: Intel Core i7 3770K “Ivy Bridge”, Intel Core i5 3570K “Ivy Bridge”, Intel Core i7 2600K “Sandy Bridge”, Intel Core i5 2500K “Sandy Bridge”, AMD FX-8150 “Bulldozer”
  • Motherboard : Intel DZ77GA-70K                                                                                                               
  • Memory: 2 Keping KHX1600C9D3K4/16GX ( 8 GB)                                               
  • Hard Drive: Kingston HyperX SSD 120 GB                                                                
  • Power Supply: Corsair Professional Series™ Gold AX850 — 80 PLUS® Gold Certified Fully-Modular Power Supply
  • Cooling : Stock Cooling                                                                                                                                                  
  • Monitor: Philips 221E
  • Input: Genius (keyboard dan mouse)
  • OS: Windows 7 Ultimate 64-bit SP1 yang telah menggunakan patch KB26545594 & KB2646060

 

 

Part: 1 2 3 4 5 6 7

Comments

  1. [...] Review kami yang terdahulu menunjukkan bahwa performa prosesor Ivy Bridge tidak jauh berbeda dibandingkan dengan Sandy Bridge pada konfigurasi clock dan jumlah thread yang sama. Jadi, bagi Anda yang membutuhkan tenaga ekstra untuk menjalankan aplikasi multithreading yang berat, di atas 8 thread, mungkin prosesor Sandy Bridge-E lebih cocok untuk Anda. [...]

  2. BTW itu kok AMD FX bus speednya 100 MHz ya? lalu juga AMD FXnya juga tanpa patch. Saya tau patch ga seberapa pengaruh, tapi patch dibuat pasti ada gunanya.

  3. Bhisma Sidarto says:

    @speed.fastest :
    thx atas koreksinya, tabelnya telah diperbaiki.
    Kami memang menguji menggunakan patch tersebut dan keterangannya telah ditambahkan di artikel.

  4. @ Bhisma Sidarto : Thanks sudah di koreksi, oh jadi sudah pakai patch ya? soalnya saya liat di CPU-Znya kedeteksi 8 Core 8 Thread. Biasanya kan 4 Core 8 Thread kalau sudah di patch.

  5. [...] Prosesor: Intel Core i7 3770K                                                                                                                        [...]

  6. joshleos says:

    buat agan agan , mau nanya neh ” lucid virtu udah fix belum sih ?
    Terus peningkatannya untuk gaming berapa % kalau pake softwere lucid virtu?
    Oh iah saya pake chipset z68, mohon penjelasannya.

  7. irvan says:

    sedikit info katanya prosesor Intel Ivy Bridge Core i5 3570K dan Core i7 3770K lebih panas klo di OC.??
    mungkin karna ini
    maaf translate google
    Selama peluncuran prosesor Intel Bridge Ivy, ternyata prosesor lebih sulit untuk tetap tenang dari para pendahulu mereka Sandy Bridge. Akhir April, kami melaporkan bahwa ini mungkin disebabkan oleh chip yang lebih kecil dengan hasil sebagai panas yang terkonsentrasi pada permukaan yang lebih kecil. Hal itu diungkapkan bahwa Intel telah menggunakan pasta termal dalam chip, bukan listrik non-melakukan solder.

    Situs Impress Watch PC Jepang telah sejak dihapus heatspreader Terpadu (IHS) dari sebuah prosesor Intel Core i7-3770K dan meletakkannya untuk ujian. Substansi putih telah dikerok dan diganti dengan pasta OCZ termal. Pengujian kemudian diulang dengan pasta Coollaboratory. Menurut spesifikasi, ini Coollaboratory pasta termal Liquid Pro memiliki konduktivitas termal dari 82 watt per meter Kelvin (W / mK). Pendingin CPU yang digunakan adalah Thermalright Silver Panah SB-E, yang menampilkan delapan milimeter 6 heat pipe dan kedua 140 mm dan 150 mm fan.

    Mengganti pasta termal mengurangi suhu Core i7-3770K dengan kecepatan referensi, sebagaimana dibuktikan oleh penurunan suhu 8 derajat Celcius ketika menggunakan Freeze Extreme OCZ. Pro Liquid menyimpan tiga chip derajat lebih dingin bahkan.

    Impress PC Menonton jelas overclock chip, memilih untuk frekuensi 4,6 GHz. Suhu prosesor sekitar 15 derajat lebih rendah dengan Pro Freezer dan 20 derajat lebih rendah yang luar biasa ketika menggunakan thermal paste Liquid Pro. Hal ini menyebabkan mereka menginginkan lebih, sehingga frekuensi chip ditingkatkan menjadi 5 GHz, dikombinasikan dengan tegangan 1.55V. Bahkan pada kecepatan ini, prosesor mempertahankan stabilitas, tidak terpengaruh oleh suhu.

    Sementara suhu tergantung pada pendingin CPU yang digunakan, penelitian menunjukkan bahwa mengganti thermal paste memiliki efek positif pada produksi panas. Ini harus dicatat bahwa garansi prosesor voided jika Anda menghapus heatspreader tersebut.

    Ini aneh bahwa chip Bridge Ivy melakukan lebih buruk dibandingkan dengan prosesor Sandy Bridge pada frekuensi clock yang lebih tinggi. Keputusan untuk menggantikan solder untuk pasta termal rendah cukup membingungkan, terutama mengingat kenyataan bahwa kita tidak berbicara tentang entry-level Celeron atau Pentium chip, tapi K-seri prosesor untuk penggemar yang ingin mendapatkan performa maksimal dari chip mereka berkat multiplier unlocked. Hal ini dikabarkan bahwa Intel telah melakukan ini dengan sengaja untuk menyingkirkan pasokan Sandy Bridge, tapi kami tidak dapat memastikan ini. Pada saat penulisan, Intel belum menanggapi.

    http://content.hwigroup.net/images/news/Intel_overklok_koelpasta_3770K-001.jpg
    http://content.hwigroup.net/images/news/Intel_overklok_koelpasta_3770K-002.jpg
    http://content.hwigroup.net/images/news/Intel_overklok_koelpasta_3770K-003.jpg
    http://content.hwigroup.net/images/news/Intel_overklok_koelpasta_3770K-004.jpg
    http://content.hwigroup.net/images/news/Intel_overklok_koelpasta_3770K-005.jpg
    http://content.hwigroup.net/images/news/Intel_overklok_koelpasta_3770K-006.jpg

    sumber : http://uk.hardware.info/news/27716/ivy-bridge-heat-issue-indeed-caused-by-thermal-paste

Random Articles
Back to Top