in: Processors | April 23, 2012 | by: Bhisma Sidarto

Review Processor Intel Ivy Bridge Core i5 3570K dan Core i7 3770K

Pengujian Terhadap Intel HD4000

Intel menjanjikan peningkatan performa yang tinggi pada IGP Intel HD4000 jika dibandingkan dengan HD3000 terdahulu. Mari kita lihat seberapa jauh peningkatannya.

Left 4 Dead 2 – The Sacrifice

Left 4 Dead 2 merupakan salah satu game bergenre First Person Shooter yang cukup populer maka merupakan langkah yang tepat kami menggunakan game ini sebagai salah satu benchmark. Pengujian dilakukan dalam dua skenario yaitu skenario indoor dan outdoor. Skenario indoor lebih bergantung kepada kinerja prosesor sedangkan skenario outdoor bergantung sekali kepada kinerja  GPU.

Pada pengujian game ini terlihat bahwa hampir di semua resolusi yang kami uji terlihat perbedaan yang cukup jauh antara Ivy Bridge dan Sandy Bridge. Perbedaan antara keduanya terlihat berkisar antara 34-38 % pada skenario pengujian yang menitikberatkan pada performa CPU.

Performa internal GPU dari Ivy Bridge terlihat mampu mengungguli Sandy Bridge dengan margin yang cukup jauh. Perbedaan kinerja pada pengujian skenario outdoor berkisar antara 42-48 %.

Pada pengujian ini terlihat bahwa pada resolusi 1920×1080, nilai FPS yang didapatkan tidak cukup untuk mendapatkan pengalaman bermain yang nyaman. Sepertinya resolusi Full HD pada saat bermain game masih merupakan sebuah tantangan yang tak dapat dilewati oleh Ivy Bridge ketika menggunakan internal GPU nya.

Dirt 3

Siapa yang tak kenal dengan game racing yang satu ini? Dirt 3 menjadi salah satu game racing  yang cukup populer di kalangan pc gamer. Untuk pengujian game ini kami menggunakan bencmark internal yang tersedia.

Pada pengujian game terlihat kami berhasil mendapatkan FPS yang cukup playable pada semua resolusi. Perbedaan kinerja dari Core i7 3770K dengan 2600K terlihat berkisar 23-36 %, sedangkan margin antara Core i5 3570K dengan 2500K berkisar 32%-45%. Terlihat sekali perbedaan cukup besar antara Ivy Bridge dengan Sandy Bridge.

Lost Planet 2

Lost Planet 2 adalah salah satu game 3rd person action yang cukup populer di pasaran. Maka dari itu kami menggunakan game ini sebagai salah satu barometer performa bagi pengujian hardware. Pengujian kami lakukan di mode DirectX 9.0 dan DirectX 11.0 menggunakan benchmark internal dari game ini sendiri.

Pada pengujian menggunakan mode DirectX 9.0 performa Ivy Bridge mampu mengungguli pendahulunya sebesar 34-40%. Untuk pengujian mode DirectX 11.0 kita tidak dapat membandingkan hasil karena internal GPU dari yang tertanam di dalam prosesor berbasis Sandy Bridge tidak mendukung mode tersebut.

3DMark Vantage

3DMark Vantage merupakan salah satu benchmark sintetik yang digunakan banyak orang sebagai barometer kemampuan sebuah sistem.

Pengujian dengan Entry Preset menunjukkan keunggulan Core i7 3770K sebesar 34% di atas Core i7 2600K, sedangkan Core i5 3570K mampu unggul atas 2500K sebesar 43%. Pada setting Performance Preset perbedaan ini menjadi lebih jauh 44% untuk sesama Core i7 dan 47% untuk Core i5.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
News | February 5, 2015 | Comments

Kota Kanada Ingin Instalasi Jalanan Es

Umumnya, pengguna jalan yang menggunakan sisi jalanan akan berjalan kaki atau mungkin menggunakan sepeda untuk menelusuri jalanan tersebut. Tapi nampaknya Kanada memiliki ide lain untuk membuat jalanan khusus pejalan kaki. Disebut
Read More »