in: Storage Devices | April 27, 2012 | by: Oik Yusuf Araya

Review-RAIDON STARAY S-Series USB 2.0 HDD Enclosure: Hard Disk Eksternal dengan Fingerprint Scanner!

Di saat perangkat storage berbasis USB sudah menjadi konsumsi umum seperti sekarang, pertukaran data dalam jumlah besar sangat mudah dilakukan. Cukup tancapkan flash drive atau hard disk eksternal, file pun langsung bisa ditransfer. Akan tetapi, ada kalanya kemudahan tersebut justru menimbulkan masalah karena dokumen sensitif menjadi gampang diakses oleh pihak yang tidak dikehendaki. Untuk mengatasinya, Anda butuh media storage yang memiliki fitur keamanan esktra.

Beberapa flash drive yang beredar di pasaran sudah dilengkapi dengan mekanisme pengaman sehingga dapat digunakan untuk membawa data sensitif. Namun, bagaimana jika rangkaian file yang perlu diproteksi berjumlah sangat besar, mencapai puluhan, atau bahkan ratusan gigabyte? Untuk ini, Anda membutuhkan solusi lain, seperti STARAY-S Series, USB Hard Disk Enclosure dari RAIDON yang dilengkapi dengan fingerprint scanner!

RAIDON STARAY S-Series USB 2.0 HDD Enclosure

Kotak kemasan RAIDON STARAY S-Series USB 2.0 HDD Enclosure.
Perangkat RAIDON STARAY S-Series USB 2.0 HDD Enclosure.

Begitu melihat RAIDON STARAY S-Series USB 2.0 HDD Enclosure, perhatian Anda akan langsung tertuju di fingerprint scanner yang berada di bagian muka perangkat ini. Model scanner-nya seperti yang biasa Anda temukan di beberapa notebook kantor yang dilengkapi fitur serupa. Di sampingnya terdapat dua lampu indikator yang menunjukkan status access dan power.

Selain fingerprint scanner tadi, RAIDON STARAY S-Series USB 2.0 HDD Enclosure tak jauh berbeda dari kebanyakan hard disk enclosure lain. Ukurannya pun hanya sedikit lebih besar dari hard disk 2,5 inci yang tertanam di dalamnya. Di salah satu sisinya terdapat port mini-USB yang dipakai untuk menyambungkan perangkat ini ke komputer. Meskipun memiliki colokan adaptor, Anda tidak memerlukannya dan dapat memakai perangkat ini dengan normal menggunakan satu buah port USB saja.

Sebuah port USB 2.0 teletak di salah satu sisi. Di sampingnya terdapat sebuah colokan untuk jack adaptor, tetapi Anda tidak membutuhkannya untuk dapat memakai perangkat ini.

RAIDON STARAY S-Series USB 2.0 HDD Enclosure datang tanpa hard disk di dalamnya. Namun, Anda bisa menggunakan hard disk/SSD (ukuran 2,5 inci) mana pun yang memiliki interface SATA. Yang harus dilakukan hanya membuka cover belakang lalu menancapkan hard disk ke konektor data dan power yang tersedia. Enclosure pun siap digunakan. Satu hal yang perlu dicatat, kecepatan media storage di RAIDON STARAY S-Series USB 2.0 HDD Enclosure terbatasi oleh kecepatan interface USB 2.0 yang digunakannya. Jadi, SSD sekalipun tidak akan lebih kencang dari hard disk jika Anda menggunakannya di alat ini.

Hard disk 2,5 inci dalam keadaan terpasang di RAIDON STARAY S-Series USB 2.0 HDD Enclosure.

Di dalam kemasan, RAIDON memberikan paket aksesori berupa CD Driver, buku manual, kabel USB, serta kotak plastik berwarna hitam yang bisa digunakan untuk membawa HDD enclosure berikut kabel. Kabel USB yang disediakan memiliki dua cabang konektor. Salah satunya yang berwarna merah dipakai untuk memasok daya tambahan. Namun, di buku manual, RAIDON tidak menyarankan untuk memakai konektor berwarna merah ini.

Bundel aksesori RAIDON STARAY S-Series USB 2.0 HDD Enclosure.
Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES