LOGO
,

Transition: Mobil Terbang dari Terrafugia

Teknologi mobil terbang hanya ada di cerita fiksi? Tampaknya pendapat itu harus Anda tarik kembali. Setelah menjalankan proses pematangan konsep dan perancangan selama 6 tahun, Terrafugia berhasil menyelesaikan pembuatan mobil terbang pertama, Transition. Kendaraan yang disebut-sebut sebagai “roadable aircraft” ini telah melewati berbagai pengujian dan telah berhasil terbang dengan sukses Maret lalu.

Kendaraan ini terdiri dari dua kursi penumpang dengan panjang 7,5 kaki—19 kaki ketika kendaraan ini sedang berjalan atau terbang. Kendaraan ini memiliki sayap yang dapat dilipat ke atas. Kecepatan kendaraan ini mencapai 500 mil/jam. Selain itu, kendaraan ini termasuk ke dalam kendaraan ramah lingkungan karena menggunakan bahan bakar tanpa timbal.

Transition awalnya diciptakan untuk digunakan sebagai kendaraan menuju satu bandara ke bandara lain. Ini mempermudah para pilot untuk berpindah bandara tanpa harus berganti kendaraan dan menghadapi kemungkinan macet yang terjadi di jalanan umum. Juli 2011 lalu, Administrasi Penerbangan Federal (Federal Aviation Administration—FAA) menyatakan bahwa kendaraan ini aman dan diperbolehkan beroperasi di jalanan umum. Sinyal hijau dari FAA ini memungkinkan Transition tidak hanya dimiliki kalangan tertentu saja. Bisa jadi, masyarakat umum pun bisa memiliki kendaraan ini.

Prototipe Transition rencananya akan dipamerkan di New York International Auto Show yang akan berlangsung bulan ini. Setelah itu, Terrafugia siap memproduksi kendaraan ini yang rencananya akan dirilis tahun depan. Pihak yang tertarik dengan kendaraan ini dan mau memilikinya dapat memberikan deposit sebesar US$10.000 untuk proses pengerjaannya. Kendaraan ini sendiri rencananya akan dipasarkan dengan harga US$279.000.

Random Articles
Back to Top