in: News | May 10, 2012 | by: Lucky Natalia

General Electric Ciptakan Lampu yang Mampu Hidup Hingga 22 Tahun

Teknologi lampu mengalami stagnansi selama sekitar 100 tahun. Fungsinya pun tidak mengalami pergeseran yang signifikan yang membuat lampu jauh dari lirikan para peneliti untuk dikembangkan lebih lanjut. Untungnya, hal tersebut sudah menjadi bagian dari masa lalu karena sekarang teknologi lampu mengalami perkembangan yang signifikan! Terima kasih kepada General Electric!

Karir GE di dunia perlampuan yang sudah mencapai 100 tahun membuat para ahlinya memikirkan teknologi terbaru bagi produk-produk mereka. Maka, ide menciptakan lampu dengan masa hidup lebih lama pun muncul di permukaan. Berapa lama masa hidup yang dapat ditambahkan ke dalam sebuah lampu? Para ahli GE dengan yakin mampu mengembangkan lampu dengan masa hidup 25.000 jam!

Sederetan penelitian dan percobaan dilakukan sebelum akhirnya mereka berhasil menciptakan lampu ini. Permasalahan utamanya adalah pembuangan panas yang harus dilakukan dengan benar agar lampu dapat hidup lebih lama. Lampu dengan daya 27 watt dapat menghasilkan panas yang mampu mendidihkan secangkir teh. Lalu, bagaimana bisa lampu berdaya 100 watt dapat hidup selama 22 tahun?

Para peneliti menggunakan jet sintetis yang berfungsi untuk mengalirkan panas ke luar lampu. Setelah beberapa kali mencoba dan mengerdilkan ukuran jet, GE berhasil menciptakan jet berukuran cukup kecil yang bisa ditanamkan di tubuh lampu tanpa perlu memperbesar ukuran lampu. Lampu pun dapat tetap menyala dan panas yang dihasilkannya dapat dialirkan keluar dengan baik.

Lampu ini dapat hidup hingga 22 tahun dengan waktu hidup per harinya rata-rata tiga jam.

GE berencana untuk menyempurnakan teknologi ini terlebih dahulu sampai akhirnya siap merilisnya ke pasaran awal tahun 2013.

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES