in: Otomotif - Popular Science | May 8, 2012 | by: Lucky Natalia

Head-up Display dari Laser untuk Mobil Akan Hadir Tahun 2016

Bersiaplah untuk merasakan pengalaman berbeda mengendarai mobil dengan panel dashboard yang tidak lagi dibenamkan di dashboard, melainkan berada di kaca depan mobil Anda. Microvision, perusahaan pengembang display dan imaging, sedang mengembangkan teknologi heads-up display berbasis laser untuk mobil. Teknologi ini menggabungkan sinar laser merah, biru, dan hijau yang dipantulkan di sebuah kaca. Dengan mengatur intensitas laser, display tersebut akan memproduksi piksel berwarna-warni. Kaca akan memindai gabungan laser tersebut secara horizontal dan vertikal, menciptakan pencitraan di kaca depan mobil dengan piksel berwarna. Proses tersebut terjadi dengan sangat cepat. Mata manusia tidak dapat menangkap proses tersebut sehingga pencitraan tersebut tampak stabil.

Sinar laser memproduksi warna yang lebih terang dan nyata dibandingkan display LED. Selain itu, sinar laser juga menghidupkan piksel satuan dengan mengonsumsi daya yang lebih sedikit. Hanya dengan satu kaca, keseluruhan panel dashboard akan tampak lebih kecil dibandingkan versi sejenis yang terbuat dari LED.

Teknologi ini rencananya sudah akan digunakan di mobil-mobil Amerika tahun 2016, sedangkan perusahaan asal Jepang, Pioneer Corporation, telah menggunakan teknologi ini dan berencana untuk merilisnya tahun ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES