LOGO

Honda Pamerkan Sistem Smart Home dengan Target Penurunan Emisi CO2 Sebanyak 50%

Peningkatan efisiensi energi dan penurunan tingkat emisi CO2 kian menjadi fokus perusahaan-perusahaan otomotif dalam menciptakan rangkaian kendaraan terbarunya. Namun, bumi yang sehat tidak dapat dicapai hanya dengan menggunakan kendaraan elektrik atau hybrid untuk kebutuhan transportasi sehari-hari. Memonitor dan mengontrol penggunaan energi di dalam rumah pun harus digalakkan.

Oleh karena itu, Honda Motor Co., Ltd. menghadirkan Honda Smart Home System (HSHS) yang belum lama ini didemonstrasikan dalam rumah percobaan di Saitama, Jepang. Sistem ini membantu konsumen dalam mengontrol kebutuhan dan asupan energi dalam rumah, serta mengelola energi yang dikeluarkan dan dikonsumsi untuk mengoperasikan peralatan-peralatan elektronik.

HSHS yang didemonstrasikan terdiri dari panel surya dengan lembar CIGS (Copper-indium-gallium-selenide) yang tipis, baterai rechargeable, serta sistem penyedia air panas dan gas. Di bagian inti sistem ini terdapat Smart e Mix Manager, sebuah alat pengelola energi yang memberikan kontrol optimal terhadap energi listrik yang dihasilkan oleh jaringan listrik dan setiap perangkat energi dalam HSHS. Kehadiran Smart e Mix Manager diklaim mampu mengurangi emisi CO2 dari rumah, sekaligus menyediakan cadangan energi jika terjadi pemadaman listrik.

Sistem smart home yang dikembangkan Honda ini dapat dihubungkan dengan produk mobilitas elektromotif, seperti mobil elektrik dan sistem Internavi. Melalui HSHS, Honda menargetkan adanya penurunan emisi CO2 dalam rumah sebanyak 50% dibanding tahun 2000.

Random Articles
Back to Top