LOGO
,

Jaguar XKX: Desain Elegan yang Memberikan Efisiensi Daya Baterai

Satu lagi konsep kendaraan yang bisa dipertimbangkan untuk diaplikasikan di mobil-mobil elektrik masa depan. Seorang desainer bernama Marin Myftiu dan dua ahli mesin, Ali dan Hussain Almossawi, mendesain mobil Jaguar dengan jenis XKX yang diadaptasi dari bodi yang dimiliki Jaguar era 60an, Tipe-E.

Tentunya, desain mobil ini sangat berbeda dengan desain contohnya. Myftiu memberikan banyak lekukan indah di jenis XKX yang ternyata tidak hanya sedap dipandang mata, tetapi juga memiliki segudang fungsi. Jaguar XKX memiliki lekukan yang dilapisi oleh sel piezoelectric yang dapat berfungsi untuk mengisi ulang baterai dari gesekan yang terjadi antara udara dengan tubuh mobil. Lapisan riak mikroskopis tersebut terstimulasi oleh tekanan dan gesekan angin yang meningkatkan kecepatan mobil. Dari bagian depan sampai belakang mobil terdapat sebuah “lorong” yang mengalirkan udara ke seluruh mobil dan mengurangi tarikan dan tekanan. Tidak hanya menambah kecepatan, teknologi ini mampu membuat penggunaan daya baterai menjadi lebih efisien.

Selain itu, mobil ini memiliki desain kaca spion yang cukup unik. Saat kendaraan dalam keadaan terparkir, kaca spion yang memiliki ketebalan 1 cm ini akan tertekuk, menyatu dengan tubuh mobil. Ini dilakukan untuk mencegah bahaya kerusakan yang dapat terjadi saat mobil sedang diparkir, entah karena tertabrak mobil lainnya atau aksi vandalisme.

Sayangnya, Jaguar XKX bukanlah konsep resmi Jaguar. Apakah mungkin suatu saat nanti konsep ini akan benar-benar terealisasi? Kita tunggu saja perkembangannya.

Random Articles
Back to Top