Malapetaka Menonton “The Avengers” di IMAX – Gandaria City XXI!

Reading time:
May 7, 2012

 

gandaria imax

“I HATE MONDAY”, para kaum pekerja tentu saja paham dengan ungkapan yang satu ini. Sebagai hari awal dari minggu yang sibuk, hari Senin memang menjadi hari yang paling ditakuti. Namun untuk 7 Mei 2012, hari Senin menjadi jauh lebih bersahabat, setidaknya untuk saya pribadi dan reviewer Storage dan Gadget – Dimas Galih Windujati. Memutuskan untuk beristirahat sejenak dari kepenatan pekerjaan, kami memutuskan untuk mengambil satu hari libur bebas dan meluangkan waktu untuk menyaksikan salah satu film fenomenal yang sedang menjadi tren di bioskop saat ini – The Avengers. Setelah berjuang sejak hari Jumat, kami akhirnya mendapatkan tiket untuk hari ini, tentu saja lewat layanan “eksklusif” dari XXI – M-tix.

Anda yang sudah pernah menikmati pengalaman menonton di XXI tentu seringkali disuguhi kelebihan-kelebihan menggunakan M-tix, terutama dari iklan “menggoda” sebelum sebuah film diputar. Menjadi komunitas “eksklusif” penikmat film, para pengguna M-tix dapat memesan tiket secara online, tanpa perlu antri, dan dengan kemudahan menukarkan tiket di sebagian besar XXI. Maka, kami berangkat dengan rasa percaya diri bahwa setelah penantian yang begitu lama, kami akhirnya dapat menikmati The Avengers. Sebuah film terbaik tentu harus dinikmati dengan teknologi dan media tayang terbaik, bukan? Anda tentu setuju. Di kota sebesar Jakarta, hanya XXI Gandaria City yang menawarkan kesempatan untuk menikmati The Avengers dalam kualitas IMAX. Bayangkan, aksi enam superhero terbaik dalam layar super-besar dengan kejernihan dan definisi tinggi. Membayangkannya saja sudah cukup membuat kami berdua tidak sabar. Namun, nyatanya, pengalaman hari ini justru berujung pada malapetaka.

Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak pagi hari seolah menjadi petunjuk agar kami mengurungkan niat untuk menikmati The Avengers hari ini. Namun tekad sudah membulat di hati, menerobos hujan dan kemacetan, kami rela menghabiskan waktu perjalanan hingga berjam-jam untuk tiba di Gandaria City. Tentu saja, kami langsung menuju ke XXI untuk menukarkan bukti M-tix dengan tiket nyata. Namun sayangnya, loket masih tutup waktu itu, padahal waktu sudah menunjukkan pukul 12.15 siang, sementara The Avengers kami akan mulai tayang pada pukul 12.45. Waktu berjalan sangat lambat dan tidak ada tanda-tanda loket penukaran M-tix akan dibuka. Bau-bau masalah sudah tercium. Kerumunan massa pengguna M-tix juga mulai berkerumun di depan loket penukaran, bersama dengan antrian panjang para penikmat film yang masih mengantri untuk tiket yang sama.

IMG 20120507 00245
Seperti yang bisa diduga sebelumnya, antrian di Avengers tentu saja membludak di Gandaria XXI. Pada sebagian besar waktu, Anda mungkin akan bersyukur punya M-tix. Namun tidak untuk hari ini.

Pukul 13.05, loket tetap belum dibuka dan tidak ada penjelasan lebih lanjut tentang apa yang sebenarnya terjadi. Yang kami tahu hanyalah bahwa film The Avengers untuk versi IMAX nya sendiri tetap belum diputar, walaupun sudah melewati waktu penayangan. Apa yang sebenarnya terjadi? Usut-diusut, setelah menunggu begitu lama, kami baru mendapatkan penjelasan bahwa telah terjadi “kecerobohan” dari pihak manajemen yang tidak mengantisipasi kemungkinan terburuk dari rusaknya server M-tix. Akibatnya? Telah terjadi double-seat dalam jumlah yang tidak sedikit. Karena tidak tercatat di database (setidaknya alasan inilah yang dikemukakan oleh pihak management XXI Gandaria City), mereka menjual semua kursi untuk para penikmat film yang sudah mengantri di depan loket sejak pagi. Kekacauan pun terjadi. Di satu sisi, para pengguna M-tix yang tidak dapat masuk menuntut agar mereka dapat menikmati film ini pada jam yang sama. Sementara di sisi yang lain? Para penikmat film yang membeli tiket di loket juga menuntut agar film segera diputar, karena mereka sudah tertunda selama kurang lebih setengah jam. Setelah berargumen, mendapatkan cacian dan hardikan dari para penikmat film yang sudah duduk di theater IMAX, pihak management pun langsung memutar The Avengers begitu saja, meninggalkan kami para pengguna M-tix yang kebingungan. M-tix sebagai layanan eksklusif? Kami tidak merasakan sensasi itu sama sekali hari ini.

IMG513
Kecerobohan pihak management membuat kericuhan double-seat terjadi. Pengguna M-tix menuntut kursi yang sudah dijanjikan, sementara para penikmat film yang sudah duduk masih belum dapat menikmati The Avengers karena kericuhan yang terjadi
IMG515
Walaupun sempat menimbulkan kebingungan karena tidak mampu bersikap tegas, namun sikap kooperatif pihak Management XXI Gandaria City patut diacungi jempol. Mereka secara terbuka mengakui kesalahan dan berani untuk bertanggung jawab.

Untungnya, semua masalah ini dapat teratasi dengan baik oleh pihak management XXI Gandaria City. Mengakui bahwa kekacauan ini merupakan kesalahan mereka sendiri, XXI Gandaria City secara terbuka dan berani bertanggung jawab atas kesalahan yang mereka perbuat hari ini. Untuk para pengguna M-tix yang jumlahnya tidak sedikit, mereka bersedia untuk memenuhi kompensasi yang diajukan oleh setiap konsumen yang dirugikan ini, termasuk mengganti waktu tonton dan ganti rugi. Untuk penanganan krisis yang satu ini (walaupun kami sempat di”ping-pong” tanpa kejelasan), kami harus mengacungkan dua jempol untuk management XXI Gandaria City.

Akhir kisah, mimpi untuk dapat menikmati salah satu film terbaik saat ini di theater terbaik di ibukota harus berakhir sia-sia. Walaupun sudah mendapatkan kompensasi, bagi kaum pekerja seperti kami, yang tidak mudah mendapatkan hari cuti, kejadian seperti ini tetap menimbulkan kerugian non-material yang tidak bisa digantikan begitu saja. Tidak bermaksud menyudutkan, dengan niat memberikan dukungan dan kritik yang membangun, kami berharap agar XXI Gandaria City tidak lagi mengulang kesalahan yang sama di masa depan. Setidaknya, mereka dapat belajar dari kejadian menyebalkan seperti ini dan mempersiapkan diri untuk pencegahan dan penanggulangannya. Pada akhirnya, tidak ada Avengers untuk kami hari ini. Namun pantas atau tidak menunggu hingga akhir minggu untuk sebuah IMAX? Kami berharap, ia pantas.

hulk sad
Hulk sad... Hulk sad..

Bagaimana dengan Anda sendiri? Pernah menjadi “korban” dari kejadian menyebalkan seperti ini, khususnya yang berhubungan dengan XXI? Silakan berbagi kisah Anda di komen.

*Penulis adalah reviewer JagatPlay. Isi dari artikel ini tidak mencerminkan sikap redaksi.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…