in: News - Otomotif | May 30, 2012 | by: Ernest Dimitria

PT Astra Daihatsu Motor Adakan Program Recall untuk Gran Max dan Sirion

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengejutkan industri otomotif Indonesia dengan pengumuman program recall Gran Max dan Sirion pada hari Selasa (29/5) kemarin. Program ini dilakukan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan pelanggan berdasarkan hasil evaluasi oleh Daihatsu Motor Company (DMC) Jepang. Apa yang ditemukan DMC di kedua model mobil tersebut?

Daihatsu Gran Max

DMC Jepang menemukan potensi keretakan di bagian dudukan ban cadangan yang terletak di bagian belakang bawah kendaraan. Seiring bertambahnya usia dan intensitas kendaraan melewati medan perjalanan yang kasar, kondisi dudukan ban cadangan semakin berpotensi untuk jatuh dan membahayakan pengendara lainnya.

Walaupun sejak diproduksi pada tahun 2007 hingga saat ini belum ada laporan kasus kerusakan fatal di Indonesia, ADM lebih memilih untuk mengambil langkah preventif. Oleh karena itu, ADM akan melakukan pemeriksaan dan penggantian dudukan ban cadangan di semua unit Gran Max secara gratis.

Jumlah unit gran Max yang teridentifikasi dalam program ini sebanyak 36.988 unit Gran Max Pick Up produksi tahun 2007—2010, serta 11.715 unit Gran Max Mini Bus dan Blind Van produksi tahun 2007—2008.

Daihatsu Sirion

DMC Jepang menemukan bahwa tetesan air yang keluar dari selang pembuangan air A/C menetes mengenai bagian luar steering rack. Dalam jangka panjang masalah ini berpotensi menimbulkan karat dan mengganggu fungsi steering rack.

Sama seperti model Gran Max, belum ada laporan kasus serupa yang terjadi dengan Daihatsu Sirion di Indonesia. Namun, hal itu tidak mengurungkan niat ADM untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk dan melakukan penggantian selang pembuangan air A/C di mobil-mobil Sirion yang terlibat. Terhitung sejak tahun 2008, jumlah mobil Sirion yang terlibat mencapai 3.227 unit.

Pemilik kendaraan Daihatsu yang terlibat dalam program recall ini cukup menghubungi Daihatsu Access: (kode area) 500898 untuk mengatur jadwal pemeriksaan ke bengkel terdekat. Pemeriksaan dan penggantian bagian mobil yang termasuk dalam program ini tidak dikenakan biaya apapun. Program ini berlangsung dari tanggal 29 Mei 2012 hingga 28 Mei 2013.

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
News | March 13, 2015 | Comments

Apple Watch Tidak Populer di Kalangan Muda

  Beberapa waktu yang lalu Apple Watch resmi diluncurkan. Harga dan ketersediaannya juga telah diungkapkan. Walau diprediksi akan banyak orang yang tertarik untuk membeli perangkat berbentuk jam tangan tersebut, tetapi dikatakan
Read More »
News | March 26, 2015 | Comments

MSI Hadirkan USB 3.1 ke Motherboard AMD AM3+

Gelombang munculnya motherboard dengan dukungan USB 3.1 untuk platform yang ada saat ini terus berlanjut. Kali ini, MSI, produsen motherboard terkemuka asal Taiwan, memperkenalkan produk baru mereka yang juga telah
Read More »
News | April 21, 2015 | Comments

Performa SSD 440GB Didalam USB Stick Mungil

Perusahaan pengembang hardware komputer asal Austin, Amerika Serikat, Other World Computing atau lebih dikenal dengan nama OWC, beberapa hari yang lalu meluncurkan media penyimpanan data terbaru mereka OWC Envoy Pro
Read More »