in: Software | May 19, 2012 | by: Sony Hanifudin

Review Android App – Fish Tycoon: Simulasi Memelihara Ikan Hias

Ikan hias merupakan salah satu jenis hewan yang paling banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Dalam memelihara ikan hias tersebut, diperlukan kesabaran dan kedisiplinan yang tinggi. Salah sedikit dapat menyebabkan kematian terhadap peliharaan tersebut. Nah, bagi Anda yang memiliki hobi ini dan ingin berbagi dengan putra putri, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengajarkan mereka melalui salah satu game Android, Fish Tycoon.

Fish Tycoon merupakan salah satu permainan untuk perangkat mobile berbasis Android yang memiliki tema dan simulasi dalam berbagai cara memelihara ikan hias. Game ini merupakan salah satu produk yang telah lama ada pada beberapa sistem operasi moblie sebelumnya seperti Windows Mobile 2003 .

PlatForm HTC Aria

2G Network : 850/900/1800/1900

3G Network : 850/1900 – 900/2100

Dimensi : 103.8 x 57.7 x 11.7 mm

Berat : 115g

Display : 320 x 480 pixel, 3.2 Inch

Internal : 512 MB ROM, 384 MB RAM

Eksternal : MicroSD sampai dengan 32 GB

WLAN : WiFi 802.11 b/g

Kecepatan : HSDPA 7.2 Mbps

Bluetooth : Yes v2.1 dengan A2DP

Chipset : Qualcomm MSM7227

GPU : Adreno 200

CPU : 600 MHz ARM 11

GPS : Yes A-GPS

OS : Android OS 2.1 (Eclair) upgradeable to Gingerbread

Keuntungan

Banyak hal yang dapat diperoleh dalam permainan jenis ini, salah satunya dapat mendidik putra putri Anda memegang sebuah tanggung jawab. Anda juga dapat mendidik kedisiplinan dengan cara yang menyenangkan. Ada beberapa hal yang harus tetap diingat yaitu game ini dapat menyita waktu dan membuat kecanduan yang memberikan dampak negatif lainnya.

Instalasi

Proses instalasi dapat segera dilakukan setelah mengunduh dari Google Play Store dengan kapasitas file setup sebesar 3 MB dan akan memakan ruang bebas yang tersedia pada perangkat Android sebesar 6.1 MB. Untuk memindahkan aplikasi ini ke SD card Anda membutuhkan utility tambahan sebab native move to sd card tidak dapat digunakan. Fish Tycoon yang kami uji merupakan versi 1.0 dan gratis. Bila menginginkan semua feature yang tersedia, Anda dapat membelinya dengan harga USD1.99.

Alur cerita

Pada suatu masa, terdapat sebuah pulau misterius dan tersembunyi yang bernama ISOLA. Pada pulau ini terdapat sebuah danau ajaib dimana terdapat ikan langka. Mahluk air yang hidup pada danau ini memiliki keseimbangan alam yang dijaga oleh tujuh jenis ikan ajaib. Hingga suatu ketika bencana datang dan semua ikan pun menghilang. Tugas Anda di sini mencari dan menemukan kembali ketujuh ikan ajaib tersebut.

What in It

Layar perangkat Anda berperan sebagai aquarium utama yang aktif ditempati oleh ikan-ikan yang hendak dikembang biakan. Pada posisi kanan atas terdapat empat kolom utama yang dapat dijadikan tempat menaruh barang pembelian, seperti makanan, obat, dan telur. Saat pertama kali dijalankan, kolom ini akan berisikan makanan ikan, obat, dan telur. Melalui sudut kiri atas, Anda dapat berpindah dari satu aquarium ke aquarium lainnya.

Tepat di bawah tangki utama, terdapat empat buah tombol, yaitu Menu, Supplies, Species, dan Sellfish. Menu merupakan akses utama agar dapat kembali ke menu utama. Supplies berisikan barang-barang yang dapat diperjual belikan mulai dari makanan, obat, perlengkapan aquarium sampai dengan riset yang dibutuhkan agar ikan dapat bertahan hidup lebih lama atau mendapatkan ikan jenis baru.

Tombol ketiga Species, berfungsi memberikan keterangan mengenai jenis ikan dengan cara menaruhnya ke dalam sebuah tangki kecil kemudian menekan tombol ini. Terakhir adalah SellFish yang berfungsi untuk menjual. Dengan menekan Sell Fish, Anda akan dibawa kepada sebuah simulasi penjualan dimana terdapat para pelanggan yang hendak membeli apabila kondisi dan ikan merupakan yang dicarinya. Setiap harga dapat ditentukan sesuai dalam keinginan dan dijual dengan mata uang dolar. Makhluk air yang dijual haruslah memenuhi sarat usia atau setelah beranjak dewasa.

Di sebelah keempat tombol tersebut terdapat keterangan mengenai usia dan jenis ikan. Selain itu, terdapat sebuah tangki, bar yang berisikan keterangan kesehatan dan kondisi lapar atau tidaknya ikan peliharaan Anda. Dua buah ikon tambahan yaitu tempat sampah yang berfungsi sebagai tempat membuang ikan yang telah mati dan ikon screen saver dimana Anda dapat menjadikan aquarium utama sebagai screen saver smartphone Anda.

Proses kembang biak dilakukan dengan cara menaruh ikan yang satu pada sebuah tangki kecil yang berada di bawah, kemudian drag sebuah ikan lainnya ke dalam tangki tersebut, lalu lepaskan kembali ke dalam tempat aquarium yang ada di depan layar. Sebagai sebuah simulasi game, Anda diwajibkan mengontrol keadaan peliharaan dari waktu kewaktu dan tidak melupakan memberi makan agar tidak mati.

Salah satu rintangan yang terdapat dalam permainan ini adalah dua buah jenis penyakit yang dapat disembuhkan dengan cara membeli obat dan memakainya sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.  Bila sudah terlalu banyak ikan yang berada dalam sebuah tangki, ada dua pilihan yang dapat dilakukan yaitu membeli sebuah aqurium tambahan lainnya (secara keseluruhan terdapat tiga buah tangki termasuk aquarium penjualan) atau menjualnya untuk mendapatkan uang tambahan.

Game bergenre simulasi ini diperlukan kesabaran dan tidak dapat diselesaikan dalam waktu sekejap, Anda harus telaten memainkannya dan mendisiplinkan diri dalam memberi makanan. Dampak yang diperoleh bila tidak disiplin adalah kehilangan peliharaan karena penyakit atau mati kelaparan. Bila secara keseluruhan gagal maka harus mengulangi kembali dari awal permainan.

Menu Utama

Tampilan halaman utama berisikan sebuah gambar dari dasar danau dengan beberapa ikan menarik. Pada saat pertamakali menjalankan game ini, Anda akan dihadapkan kepada sebuah halaman dimana terdapat beberapa menu utama seperti Play untuk memulai game, Option berisikan pilihan-pilihan untuk mengkustomisasi permainan seperti suara, tingkat kesulitan permainan, dan kecepatan game.

Ketiga adalah Tropy, piala yang dimaksud di sini adalah tujuh buah ikan yang dicari. Keempat adalah Help yang berisikan panduan penggunaan game ini. Dua buah ikon tambahan yang terdapat pada halaman awal adalah Buy Now dimana Anda akan dibawa ke Google Play Store untuk melakukan pembelian game ini secara full dan Star Over yang berguna untuk mengulang kembali permainan mulai dari awal.

Game ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup membuat Anda kecanduan dalam memainkannya. Level tidaklah tersedia pada permainan ini tetapi tingkat kesulitan dapat dipilih sesuai kehendak hati dengan tiga pilihan yaitu easy, medium, dan hard dimana terdapat perbedaan yang berdampak terhadap penemuan ikan ajaib yang menjadi tujuan para pemain.

Limitasi

Sehubungan game yang kami uji kali ini adalah versi Lite maka Anda dapat memainkannya secara gratis dengan beberapa batasan yang mengharuskan untuk membelinya seharga USD1.99 demi membuka seluruh feature yang telah disediakan. Sebagai informasi, agak sedikit sulit menyelesaikan game ini dalam versi lite karena batasan yang diberikan merupakan salah satu sarana penunjang kehidupan seperti riset yang diperlukan untuk bertahan hidup lebih baik.

Walaupun demikian, pihak pengembang cukup berbaik hati dengan tidak menyertakan iklan pada game ini sehingga tidak mengganggu jalannya permainan dan dapat menghemat baterai serta quota internet yang dapat diakibatkan karena tersedianya iklan. Hal ini merupakan satu nilai lebih, karena walaupun ini sebuah game gratis tetapi tetap nyaman dipergunakan.

Animasi

Pihak developer menyertakan game ini dengan animasi yang minim. Ikan akan bergerak dari kiri ke kanan atau keatas dan kebawah. Pada saat pemberian makan (bila sudah lapar) maka ikan akan mengerumuni jari Anda ketika menaruh makanan. Selain itu, terdapat gelembung udara yang akan muncul ketika menyentuh layar baik itu pada aquarium ataupun pada layar utama.

Support

Dukungan penuh yang diberikan oleh pihak developer tidak hanya dalam bentuk penyelesaian bugs, feedback mengenai bugs, ataupun melayangkan email bila terdapat masalah saja. Anda akan memperoleh panduan file yang dapat diakses melalui menu help dan beberapa tip-tip yang berguna selama permainan berlangsung. Tip dapat diaktifkan atau dinon-aktifkan pada saat pertama kali menjalankan game ini dengan pilihan iya atau tidak.

Kesimpulan

Fish Tycoon merupakan sebuah game bergenre simulasi yang dapat menyita waktu Anda dalam menyelesaikannya. Disini terdapat dua buah simulasi yaitu memelihara ikan dalam aquarium dan yang kedua adalah penjualan ikan terhadap pelanggan yang akan datang pada saat penjualan. Produk dari Last Day of Work, LLC ini cukup membuat kecanduan.

Game ini sangat berguna untuk melatih kesabaran dan juga diri sendiri menjadi lebih disiplin. Bila tidak memiliki kesabaran dan mendisiplinkan diri maka peliharaan akan mati karena kelaparan ataupun penyakit yang dapat timbul. Daya tarik utama yang diberikan dalam game ini berupa tropi ikan-ikan ajaib yang dapat membantu Anda mengembangkan atau menemukan jenis baru.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES