LOGO

Review Android App – Fishing Diary: Menjaring Ikan di Lautan

DroidHen dikenal sebagai produsen mini game untuk perangkat Android. Beberapa saat lalu, DroidHen meluncurkan sebuah game dengan tema memancing ikan yang diberi nama Fishing Diary. Game ini ternyata begitu digemari. Hal tersebut tampak dari banyaknya jumlah download dan rating yang dicapai di Google Play Store.

Platform Pengujian: HTC Aria

2G Network : 850/900/1800/1900

3G Network : 850/1900 – 900/2100

Dimensi : 103.8 x 57.7 x 11.7 mm

Berat : 115g

Display : 320 x 480 pixel, 3.2 Inch

Internal : 512 MB ROM, 384 MB RAM

Eksternal : MicroSD sampai dengan 32 GB

WLAN : WiFi 802.11 b/g

Kecepatan : HSDPA 7.2 Mbps

Bluetooth : Yes v2.1 dengan A2DP

Chipset : Qualcomm MSM7227

GPU : Adreno 200

CPU : 600 MHz ARM 11

GPS : Yes A-GPS

OS : Android OS 2.1 (Eclair) upgradeable to Gingerbread

Instalasi

Keuntungan

Fishing Diary memiliki gameplay yang mudah untuk dipelajari. Game ini sangat berguna untuk mengisi waktu luang. Untuk menggunakan aplikasi ini, spesifikasi minimum yang diperlukan tidaklah terlalu berat. Fishing Diary juga dapat berjalan tanpa adanya masalah pada Android 2.1 ke atas.

Alur cerita

Tidak ada cerita dalam Fishing Diary ini. Permainan berjalan mirip dengan game genre Arcade dan Action lainnya. Tokoh yang berkeliaran hilir mudik di game tersebut hanyalah ikan, kura-kura, dan putri duyung. Walau berjalan tanpa alur cerita, Fishing Diary tetap sangat menarik untuk dimainkan.

What’s in it

Yang harus Anda lakukan di game ini adalah menyebar jala, kemudian mejaring ikan-ikan yang hilir mudik di lautan. Terdapat berbagai jenis mahluk laut yang menawan, diantaranya adalah ikan paus, kura-kura, putri duyung, dan masih banyak lagi.

Anda akan dipersenjatai sebuah meriam yang dapat mengeluarkan jala untuk memancing. Ada sembilan pilihan meriam yang tersedia dengan berbagai keunggulannya. Defaultnya sendiri terdiri dari dua buah yang memiliki keunggulan berbeda. Seiring permainan berlanjut satu persatu akan terbuka dengan sendirinya apabila memenuhi persyaratan yang berlaku.

Bila Anda kesulitan dalam mendapatkan ikan, maka akan ada tiga jenis bantuan yang dapat digunakan. Pertama adalah Bom. Fungis utama Bom adalah menghancurkan seluruh ikan yang ada di layar. Bantuan yang kedua adalah Roti atau makanan yang berfungsi untuk mengumpulkan ikan dari segala penjuru ke tempat di mana roti tersebut dilempar. Bantuan yang terakhir adalah Petir, yang berfungsi untuk membuat ikan diam terpaku, jika hal tersebut terjadi, langsung tangkap semua ikan yang ada! Untuk membuat game ini lebih menarik, ketiga jenis bantuan tersebut telah dibatasi penggunaannya, jadi gunakanlah sebijak mungkin.

Selain itu, masih terdapat berbagai hal menarik lainnya yang harus diperhatikan seperti putri duyung dapat ditangkap untuk memberikan petunjuk mengenai letak harta karun atau menangkap Bullhead Shark yang dapat memberikan keberuntungan.

Menangkap ikan sebanyak mungkin bukan saja berfungsi sebagai nilai, setiap jala yang ditebar akan memakan uang hasil penangkapan. Dengan menjerat mahluk laut sebanyak mungkin maka meriam yang digunakan dapat meningkatkan daya tembak menjadi sebuah laser beam.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan seperti ikan bermigrasi dalam garis banyak setiap beberapa saat sekali. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjalanya dengan jarak yang baik.

Sistem leveling yang membuat permainan ini semakin menarik, harus diingat bonus kerang atau shell ada pada setiap level, jadi jangan dilewatkan. Selain itu, terdapat auto regenerasi koin baik secara online ataupun offline. Pada level bonus terdapat sebuah item tersembunyi yang harus ditemukan sendiri, rasanya sangat disayangkan untuk dilewatkan.

Menu

Dengan lima buah menu utama, aplikasi ini menyodorkan halaman utama dengan background dasar laut yang dihiasi jangkar kapal, peti berisikan koin mas, terumbu karang, dan bintang laut. Menu yang tersedia seperti Start untuk memulai permainan, Diary berisikan berapa banyak jenis ikan yang ditangkap pada tanggal yang tertera.

Ketiga adalah menu Equip dimana Anda dapat membeli (upgrade) meriam yang dipergunakan dengan sejumlah koin yang tersedia dan membeli jenis bantuan seperti bom, roti, dan elektrik shock. Bahkan koin regenasi juga dapat dibeli di sini. Sementara More berisikan berbagai game yang diluncurkan oleh pihak pengembang dan sebuah ikon menu bergambar tangga nada yang berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan musik.

Ketika permainan berlangsung, di jendela utama terdapat beberapa ikon tambahan yang dapat merujuk kepada sub menu tertentu ataupun memiliki fungsional yang berbeda seperti sebuah ikon kamera yang tertera di sudut kanan atas berfungsi sebagai pengambilan screenshot dimana dapat dijadikan sebagai wallpaper atau dapat di-share. Sebagai kapten kapal, Anda tentunya memiliki tugas tertentu. Tugas tugas tersebut dapat langsung diakses pada ikon Task yang berada di deretan atas.

Animasi

Dengan minimum prosesor 800 MHz Anda sudah dapat memainkan game ini dengan animasi yang berjalan mulus. Pergerakan ikan yang hilir mudik tampak sangat halus dan cukup menawan, dan beberapa animasi lainnya seperti ledakan bom, elektrik shock yang ditampilkan sangat baik. Pada halaman utama sendiri terdapat gelembung udara yang bergerak keluar dari jangkar. Nampaknya pihak developer berhasil memanfaatkan sumberdaya dan riset yang dilakukan dengan baik untuk produknya.

Support

Sebenarnya Anda tidak perlu mencari panduan penggunaan untuk Fishing Diary ini karena memang untuk memainkannya cukup dengan menangkap ikan sebanyak mungkin dengan cara menekan layar perangkat. Selebihnya sebagaimana yang telah dijelaskan pada review ini, di setiap perwakilan ikon pada halaman utama berisikan beberapa keperluan dalam memancing.

Dua buah links yang dapat digunakan untuk berkorespondesi ataupun mengetahui lebih lanjut mengenai Fishing Diary yaitu mobilehkcn@gmail.com bila ingin melayangkan e-mail seputar aplikasi ataupun produk lainnya atau mengunjungi situs resminya di http://moreapps.droidhen.com/. Semuanya dapat diperoleh dengan kedua links di atas.

Kesimpulan

Sebuah game mini untuk untuk siapa saja yang menyukai tema keindahan dasar laut, ikan, harta karun, dan berbagai game bergenre arcade and action. Dengan pengoperasian yang sangat sederhana, tingkat kesulitan dapat ditemukan seiring meningkatnya level. Grafik dan animasi yang ditampilkan sangat memuaskan mata, rasanya tidak aneh apabila game ini akan memakan ruang bebas pada perangkat Android Anda.

Random Articles
Back to Top