in: Software | May 24, 2012 | by: Sony Hanifudin

Review Android App – Touchnote: Kartu Post Digital

Saat sedang berkunjung ke luar negeri, mengirimkan kartu pos kepada sanak keluarga merupakan salah satu budaya tersendiri. Umumnya, orang akan mengunjungi kantor pos terdekat dan memilih kartu yang hendak dikirimkan. Cara seperti ini akan cukup merepotkan apabila Anda sedang tidak memiliki waktu atau tidak mengetahui letak pastinya kantor pos dari negara yang sedang disinggahi.

Di era serba digital ini, banyak hal yang dapat dilakukan dengan hanya menggunakan sentuhan ujung jari. Mengirimkan kartu pos sudah tidak perlu lagi bersusah payah dilakukan secara manual. Para pengguna Android dapat melakukannya langsung dari perangkat yang ada di gengaman tangan dengan bantuan sebuah aplikasi bernama Touchnote produksi dari perusahaan yang bernama Touchnote Ltd.

Platform Pengujian: HTC Aria

2G Network : 850/900/1800/1900

3G Network : 850/1900 – 900/2100

Dimensi : 103.8 x 57.7 x 11.7 mm

Berat : 115g

Display : 320 x 480 pixel, 3.2 Inch

Internal : 512 MB ROM, 384 MB RAM

Eksternal : MicroSD sampai dengan 32 GB

WLAN : WiFi 802.11 b/g

Kecepatan : HSDPA 7.2 Mbps

Bluetooth : Yes v2.1 dengan A2DP

Chipset : Qualcomm MSM7227

GPU : Adreno 200

CPU : 600 MHz ARM 11

GPS : Yes A-GPS

OS : Android OS 2.1 (Eclair) upgradeable to Gingerbread

Instalasi

Keuntungan

Anda akan memperoleh banyak keuntungan dengan menggunakan program ini, salah satunya adalah penghematan waktu karena mengirimkan kartu pos dapat dilakukan kapan pun dan di mana saja selama memiliki jalur data yang baik. Selain itu, gambar ataupun theme dari kartu pos dapat dikustomisasi sesuai dengan keinginan.

What in it

Bila tingkat mobilitas dan traveling yang dilakukan cukup tinggi, maka memberikan sebuah kartu pos merupakan salah satu sarana menyampaikan berita dengan cara yang lebih eksklusif. Apalagi kini semua itu dapat dilakukan dengan mudah dan sangat menyenangkan hanya dengan menggunakan Touchnote.

Desain aplikasi ini tampak cukup elegan, dominasi warna biru dan putih sebagai background dasar tampil dengan cantik dan tidak mengurangi kenyamanan Anda saat membaca teks ataupun huruf yang tersedia pada tombol ataupun jendela utama. Lebih dari itu, aplikasi tersebut memang cukup nyaman untuk digunakan baik dari segi penempatan tombol dan posisi teks, serta pemilihan huruf yang tepat sehingga mata tidak akan cepat lelah.

Bagi para pengguna setia yang telah mendaftarkan diri ke komunitas Touchnote dapat langsung login dari halaman utama, sementara para user yang baru saja mengenal utility ini akan langsung dapat menggunakannya tanpa kesulitan karena prosesnya tampil seperti sebuah wizard instalasi file. Anda akan dipandu per halaman dalam mengkustomisasikan sebuah kartu pos.

Touchnote tersedia secara gratis dan tidak tersedia iklan sebagaimana layaknya sebuah freeware tetapi harus diingat untuk mengirimkan kartu akan dikenakan biaya berdasarkan kredit yang dibeli dimana jika membeli satu kredit akan dikenakan biaya sebesar 1.49 US dolar, 5 kredit sebesar 7.45 US dolar dengan ekstra 1 kredit sebagai bonus, dan 8 kredit seharga 11.92 US dolar yang mendapatkan 2 kredit gratis. Pembayaran dapat dilakukan melalui Paypal, Creditcard, atau debit card.

Anda sendiri dapat mengirimkan ke lebih dari 50 negara dunia (Indonesia termasuk di dalamnya) selama nama, alamat, dan negara tujuan jelas dicantumkan. Foto akan dicetak dengan desain kartu pos pada kertas glossy pilihan terbaik. Ada satu hal yang harus diingat, kualitas foto akan mempengaruhi hasil cetak, bila gambar yang dicantumkan dengan resolusi rendah sebuah peringatan akan muncul dan pilihan dapat diteruskan bila tetap ingin menggunakannya. Kemungkinan hasil yang kurang memuaskan dapat terjadi bila resolusi gambar rendah.

Menu

Di sini memang tidak tersedia menu ataupun sub-menu khusus, tetapi Anda  akan dipandu per halaman mulai dari memilih foto dan melakukan pengeditan, menginput nama dan alamat, serta negara tujuan. Kemudian menuliskan pesan dengan karakter sampai 220, preview dari kartu pos yang akan dicetak dan dikirimkan, terakhir adalah pembelian kredit. Jangan lupa untuk mencek mark box “agree to term” agar dapat dilanjutkan kehalaman berikutnya.

Animasi

Untuk sebuah aplikasi, sistem penggunaannya adalah mulai dari satu halaman ke halaman lainnya.  Setiap pergantian halaman dapat dilakukan dengan menekan tombol next yang tersedia tepat di bagian bawah. Animasi yang dimunculkan oleh Touchnote Ltd adalah sliding mulai dari kiri kekanan sebagai transisi. Selebihnya memang tidak tersedia animasi tambahan lainnya.

Support

Dengan sistem panduan layaknya sebuah instalasi pada dekstop, pihak developer memang tidak menyediakan panduan file khusus baik offline ataupun online. Pengenalan aplikasi ini sendiri dapat langsung terlihat pada halaman utama pada saat pertama kali dipergunakan. Selebihnya Anda dapat mengunjungi situs resminya di http://www.touchnote.com/ atau melayangkan email ke android@touchnote.com.

Kesimpulan

Cara baru dalam dunia pos, Anda dapat mengirimkan sebuah kartu pos darimana dan kapan saja saat menginginkannya. Sangat mudah untuk dipergunakan, terhindar dari berbagai masalah lama seperti antri, kehilangan dokumen, dan jauh lebih efesien daripada cara manual mengirimkan surat menyurat. Sangat cocok dipergunakan bagi yang memiliki mobilitas tinggi dan gemar traveling antar negara.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES