in: Software | May 4, 2012 | by: Sony Hanifudin

Review Android Apps – RSS Feed: Dapatkan Berita Terhangat Langsung dari Perangkat Android Anda!

Saat ini, untuk mendapatkan informasi mengenai sesuatu, kita tidak perlu menunggu kedatangan koran di pagi hari, acara berita di televisi atau siaran berita di radio. Mengakses berita menjadi sangat mudah dengan bantuan Internet dan teknologi lainnya. Bagi pengguna perangkat Android, mengakses berita bahkan hanya memerlukan beberapa klik saja. Cukup dengan sebuah aplikasi RSS feed dan tentunya jalur data yang baik untuk sinkronisasi, pengguna dapat mengakses semua berita terbaru yang terjadi di dalam dan luar negeri di mana pun dan kapan pun.

Dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini, banyak media yang menyajikan berbagai berita dengan menggunakan RSS feed. Dengan banyaknya dan mudahnya proses pengunduhan aplikasi jenis ini di Google Play Store, kami melakukan pengujian dan membahasnya di artikel ini.

Platform

HTC Aria

2G Network: 850/900/1800/1900
3G Network: 850/1900 – 900/2100
Dimensi: 103.8 x 57.7 x 11.7 mm
Berat: 115 g
Display: 320 x 480 pixel, 3.2 Inch
Internal: 512 MB ROM, 384 MB RAM
Eksternal: MicroSD sampai dengan 32 GB
WLAN: WiFi 802.11 b/g
Kecepatan: HSDPA 7.2 Mbps
Bluetoot: Yes v2.1 dengan A2DP
Chipset: Qualcomm MSM7227
GPU: Adreno 200
CPU: 600 MHz ARM 11
GPS: Yes A-GPS
OS: Android OS 2.1 (Eclair) upgradeable to Gingerbread

Keuntungan

Salah satu keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan RSS feed adalah memperoleh informasi dengan cepat tanpa perlu mengeluarkan biaya besar untuk jalur data. Hal tersebut dapat terjadi karena kapasitas file yang diunduh sangat kecil. Selain itu, biasanya beberapa vendor melengkapi aplikasinya drngan fitur-fitur yang menarik.

Instalasi

Setelah cukup lama melakukan pencarian di Google Play Store, kami menemukan lima aplikasi yang kami anggap cukup fungsional. Kebanyakan aplikasi yang kami temukan memiliki kapasitasi instalasi file yang cukup kecil sehingga proses instalasi akan berlangsung cukup cepat dan tidak akan terlalu menghabiskan ruang memori di ponsel Anda.

Fact Sheet

RSS Feed

Melihat fungsi aplikasi-aplikasi di bawah ini yang merupakan media penyampai informasi, kami tidak melihat mereka dari segi fiturnya saja, tetapi juga melihat ke keakuratan berita yang disampaikan. Beberapa aplikasi bahkan memberikan bonus dalam bentuk fitur yang menarik. Berikut adalah kumpulan beberapa fitur menarik yang ada di aplikasi-aplikasi di bawah yang dapat menjadi nilai plus tersendiri.

Sparse rss – Standar RSS Feed Reader

Walaupun kapasitas file baik instalasi ataupun memori yang digunakan cukup kecil, bukan berarti aplikasi ini dapat diremehkan begitu saja. Saat menjalankannya pertama kali, Anda akan mendapatkan notifikasi license of agreement. Setelah menerima persyaratan lisensi yang diajukan, pertama-tama yang harus dilakukan adalah masuk ke menu setting untuk mengustomisasikan penampilan dan beberapa pilihan lainnya yang dapat dimaksimalkan demi kenyamanan membaca.

Bila tidak mengustomisasikan melalui menu setting, desain yang ditampilkan akan sangat sederhana dan kurang menarik. Aplikasi ini hanya menampilkan halaman utama berwarna hitam. Beberapa menu utama yang dihadirkan aplikasi ini terdiri dari Overview, All, dan Favorite. Sementara itu, untuk menambahkan feed, refresh, setting, mark all as read, about, dan more, dapat diakses dengan cara menekan tombol menu di perangkat Android Anda.

Selain menambahkan feed, pengguna juga dapat memperoleh berbagai informasi lainnya dengan cara mengimpor dan ekspor dari OPML, enable feed sort, menghapus feed yang telah dibaca atau menghapus secara keseluruhan. Semua standar operasional yang dibutuhkan dalam sebuah aplikasi RSS feed telah ditanamkan dengan baik oleh pihak pengembang.

NewsRob – Google RSS Feed Reader

NewsRob adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membaca berbagai RSS feed dari  Google. Saat menjalankannya, Anda akan diminta untuk memasukkan akun Google agar untuk bisa mengoperasikan aplikasi ini. Ada dua pilihan untuk login ke aplikasi ini. Pertama dengan menekan tombol “add account” yang secara otomatis akan menjalankan default dari perangkat dan yang kedua adalah dengan menekan tombol “use classic”. Setelah itu, izinkanlah NewsRob untuk mengakses beberapa hal yang  berkaitan dengan keperluan membaca RSS feed.

Beberapa menu utama yang dihadirkan, seperti Subscribe Feed, setting, clear cache, logout, dan FAQ langsung dapat diakses tanpa harus bersusah payah melakukan berbagai pengaturan terlebih dahulu. Aplikasi yang mengikuti pengujian kali ini merupakan versi gratisannya. Bila Anda merasa kurang puas dengan fitur-fitur yang ada di versi gratis, dapat langsung mengunduh versi pro-nya di Google Play Store seharga US$5,28.

Pihak pengembang membuat dan mengembangkan aplikasi ini dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan dukungan pemandu yang berupa catatan kecil dan beberapa animasi sederhana yang menunjukan cara penggunaannya. Selain itu, file FAQ juga dapat diakses secara online. Setelah semua persiapan telah dilakukan, Anda harus menyinkronisasikannya terlebih dahulu dengan cara menekan tombol “refresh” yang berada di sudut kanan baru. Setelah itu, baru Anda bisa menikmati berbagai berita yang ada di aplikasi ini.

D7 Google Reader – Satu lagi dari RSS Feed Google Reader

Satu lagi RSS Feed Google yang dapat digunakan dengan syarat meminta Anda untuk memasukkan akun yang dimiliki. Tampilan aplikasi ini layaknya sebuah profesional RSS reader berbayara: memiliki enam buah menu utama yang masing-masing memiliki fungsinya sendiri. Di barisan pertama terdapat beberapa tool, seperti searching, lite dan dark themes, dan sinkronisasi tombol.

Sementara itu, di jendela utama terdapat enam buah menu yaitu reading list yang berisi informasi yang menjadi media utama, subscription berisi daftar RSS feed yang telah terangkum, starred yang memiliki kemiripan dengan fitur Favourite, recommended adalah tempat RSS yang direkomendasikan, read adalah berita yang telah dibaca, dan terakhir adalah save tempat Anda dapat menemukan setiap RSS feed yang telah disimpan.

Bila yang lainnya menyediakan menu Setting, D7 Google Reader menyediakan menu serupa bernama Preference. Di sini Anda akan menemukan beberapa kustomisasi yang dapat disesuaikan, seperti accounts, general, subcriptions, article list, dan article. Pihak developer menyediakan aplikasi ini secara gratis. Bila Anda ingin meng-upgrade ke versi pro, Anda harus membayar sebesar US$1,54.

RSSDeomen News abd Podc ast Reader – Lengkap dan Produktif

Sebagai peserta yang memiliki file setup dan penggunaan memori internal yang paling besar di antara lainnya, aplikasi ini dipersenjatai dengan fitur menarik yang tidak dimiliki oleh aplikasi lainnya. Berbagai berita sudah disediakan secara default. Walau begitu, Anda dapat menambahkan beberapa channel yang belum ada di aplikasi ini.

Kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi yang satu ini adalah pengaturan terhadap penghapusan berdasarkan semua item yang telah dibaca, mengembalikan file yang telah dihapus, menghapus file, membersihkan cache, mengatur sumber, dan mengatur grup. Bila RSS Feed reader lainnya hanya dapat menampilkan berita dalam bentuk teks saja, RSSDeomen News abd Podc ast Reader menyediakan podcast sebagai salah satu media tambahannya.

Ada dua cara untuk mendukung perkembangan aplikasi ini pertama dengan mengupdatenya ke versi pro yang dijual seharga 5.05 dolar US atau memberikan rating sebanyak lima bintang pada Google Play Store. Sementara panduan file atau help dapat ditemukan langsung pada http://meecel.wordpress.com/help/. Software ini tergolong memenuhi standar kemudahaan penggunaan dengan feature yang sangat berlimpah.

CNN RSS News – Berita Internasional

Siapa yang tidak mengenal dengan CNN, salah satu media internasional yang menghadirkan berbagai informasi penting dan akurat? Kini berbagai dari CNN dapat langsung dinikmati pada perangkat android Anda dengan mempergunakan CNN RSS News. Desain aplikasi ini cukup menarik dengan variasi warna merah.

Berbagai data dan informasi yang ditampilkan di sini memiliki beberapa kategori yang terletak di bagian bawah, seperti Top Story, Americas, US, Technology, Sciences and space, Entertainment, World Sport, Football, Asia, Europe, Middle East, Africa, World Buisiness, Golf, Motor Sport, Tennis, Travel, Most Recent, Business 360, Connect The World, in The Field, Inside Middle East, International Desk, Prism, Quest Means Business, The Screening Room, World Sport, dan UK Election.

Aplikasi ini tampaknya memang dikhususkan untuk menerima berbagai berita langsung dari CNN. Anda tidak dapat menambahkan berita ataupun channel tambahan dari berbagai situs lainnya. Sementara itu, pihak pengembang juga menyediakan iklan yang terletak di bagian bawah sebelum kategori sehingga tidak mengganggu proses baca pengguna. Personalisasi di menu setting juga tidak banyak pilihan, seperti Screen Setting, Preview Setting, Delete Old News, dan New Time Limit.

Pembanding

gReader cukup menarik untuk dijadikan pembanding dari aplikasi-aplikasi lain yang mengikuti pengujian kali ini. Aplikasi dari Google ini memiliki beberapa keistimewaan, salah satunya adalah login untuk digunakan. gReader juga akan meminta Anda memasukkan akun Google yang dimiliki sebelum menggunakannya. Beberapa item yang disertakan di sini memiliki fungsi utama yang sama dibandingkan peserta lainnya.

Di versi 2.6.6 ini, Google menyertakan beberapa kelebihan menarik, seperti Voice Reading – (Pro) berfungsi untuk membaca berbagai artikel, swiping yang merupakan animasi tambahan yang dapat ditemukan di list item, membersihkan cache yang berguna untuk membersihkan artikel yang diduplikasi, penglihatan yang lebih baik dengan fitur night mode, Oauth, dan beberapa perbaikan atau bugs yang dimiliki oleh versi sebelumnya.

Rekomendasi

Di kesempatan kali ini, kami merekomendasikan aplikasi terbaik dengan berbagai pertimbangan, seperti kinerja, stabilitas, dan efisiensi. Daris hasil pengujian yang telah dilakukan, semua aplikasi di artikel ini berhasil memberikan yang terbaik dan menunjukkan performa yang memenuhi standar penggunaan RSS Feed Reader. Pihak produsen ternyata menyertakan produknya dengan berbagai fitur menarik yang memang sulit untuk diabaikan begitu saja.

Harus diakui bahwa pemilihan pertarungan aplikasi ini cukup ketat dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan. Akan tetapi, kami merekomendasikan satu buah aplikasi yang patut mendapatkan tempat di perangkat Android Anda yaitu RSSDeomen News abd Podc ast Reader. Aplikasi ini menunjukkan kemampuan dan fitur yang lengkap dan stabilitas yang dapat diandalkan. Aplikasi ini tidak hanya menghadirkan teks, tetapi juga sebuah podcast.

Support

Setiap developer menyertakan panduan filenya berupa offline ataupun online. Bahkan, ada sebuah aplikasi yang menunjukkan pengoperasiannya dengan sebuah animasi sederhana. Setiap aplikasi juga memberikan dukungan penuh terhadap perbaikan bugs di versi sebelumnya dan memberikan feedback yang cukup cepat apabila mendapatkan email kritikan atau pertanyaan.

Kesimpulan

Bagi beberapa orang yang memiliki kesibukan dan mobilitas tinggi, menyaksikan berita dari televisi menjadi hal yang sangat suit dilakukan. Salah satu solusi yang tepat guna adalah dengan menggunakan RSS Feed Reader di perangkat Android yang dimiliki. Dengan menyertakan RSS Feed di ponsel, pengguna tidak akan ketinggalan berita lagi dari segala penjuru dunia hanya dengan kekuatan mengeklik saja.

Di pengujian kali ini, terlihat bahwa masing-masing produsen mengembangkan produknya dengan menanamkan berbagai fitur menarik. Kali ini RSSDeomen News abd Podc ast Reader berhasil menunjukkan kelebihan-kelebihannya mulai dari segi fitur, performa, dan stabilitas selama pengujian berlangsung.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES