in: Motherboard | May 24, 2012 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Review Gigabyte B75M-D3H: Chipset Alternatif Terjangkau dengan Dukungan Ivy Bridge

Board Overview

*Foto Hi-Res, Klik Untuk memperbesar*
Color-scheme khas Gigabyte, warna PCB Biru dipadu dengan slot ekspansi berwarna biru muda & putih
4x DDR3 DIMM, mendukung mode Dual-channel

4-Pin 12V CPU Power Input
Solid Capacitor + Low RDS(on) MOSFETs
Heatsink untuk PCH (chipset)

Meski motherboard ini datang dengan form-factor Micro-ATX, densitas komponen yang terdapat pada motherboard ini tidak terlalu padat, sehingga ergonomi dari board ini masih tergolong baik. Hanya saja, kami merasa jarak antara slot DIMM ke PCIe no.1 agak rapat.

Backpanel

Beginilah tampilan sisi backpanel I/O dari Gigabyte B75M-D3H. Konektor yang disediakan:

  • 1x HDMI Port
  • 1x VGA (D-SUB) Port
  • 1x DVI Port
  • 1x PS/2 Keyboard/Mouse Port
  • 4x USB 2.0/1.1 Ports
  • 2x USB 3.0/2.0 Ports
  • 1 x RJ-45 Port (LAN), support 10/100/1000 MBit
  • 3x analog audio jacks
Konektor yang tersedia cukup ‘standar’. 3x analog audio jack yang terhubung dengan Realtek ALC887 memberikan dukungan mode 5.1 channel audio. Untuk mengaktifkan mode 7.1, Anda harus menggunakan Front panel HD Audio module.

PCI Express/PCI Slot

Di motherboard ini terdapat 2 (dua) buah slot PCIe. Slot PCIe yang pertama, paling dekat dengan soket CPU, terhubung dengan PCIe Controller pada CPU dan berjalan pada konfigurasi PCIe 16x. PCIe slot pertama ini dapat mendukung mode PCIe  3.0 jika Anda menggunakan CPU berbasis Ivy Bridge. Sebaliknya jika Anda menggunakan CPU berbasis Sandy Bridge, Anda hanya bisa menggunakan mode PCIe 2.0. PCIe slot kedua mendapat jalurnya dari chipset Intel B75 dan berjalan pada konfigurasi PCIe 4x. Anda masih dapat menggunakan mode multi-GPU Crossfire, dengan konfigurasi 16x/4x. Selain itu, Gigabyte memberikan 2 (dua) buah slot legacy PCI untuk berbagai periferal lama.

SATA & Header USB

Mobo B75M-D3H memiliki total 6 (enam) port SATA yang semuanya dikontrol oleh chipset B75. Oleh karena limitasi chipset, jumlah port SATA yang mendukung mode 6gb/s hanya ada 1(satu), sedangkan 5 (lima) port lainnya akan berjalan pada mode SATA 3gb/s. Bagi Anda yang mungkin menggunakan SATA6G SSD, perbedaan transfer rate antara kedua mode SATA ini cukup signifikan.

Di bawah ini hasil uji  kami menggunakan SSD Kingston HyperX 120GB antara port SATA 6gb/s dengan Sata 3Gb/s , terlihat jelas dimana mode SATA6Gb/s mempunyai rata-rata transfer rate sebesar 500MB/s, sedangkan mode SATA 3gb/s menemui batasnya di sekitar 250MB/s-an.

*Klik untuk memperbesar*

Chipset B75 mendukung total 4 (empat) USB 3.0 port. 2 (dua) sudah berada di bagian backpanel I/O, sedangkan dua sisanya bisa Anda dapatkan apabila menggunakan USB3.0 header module yang dijual terpisah.

Fitur Tambahan Lain

Salah satu fitur kebanggaan Gigabyte, DualBIOS, dapat anda temukan di motherboard ini.  

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES