in: Motherboard | May 24, 2012 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Review Gigabyte B75M-D3H: Chipset Alternatif Terjangkau dengan Dukungan Ivy Bridge

Utility Bawaan

EasyTune6

Salah satu utiliti bawaan yang kami temui di motherboard ini adalah EasyTune6. Software khas Gigabyte ini sering kami jumpai di berbagai motherboard keluaran mereka, dan kali ini mereka menyertakan software ini juga untuk motherboard Gigabyte B75M-D3H.  Sayangnya, karena chipset motherboard yang ada tidak mendukung overclocking walaupun Anda menggunakan CPU Intel seri-K, kami tetap tidak bisa menggunakan software ini untuk mengganti CPU multiplier. Yang bisa anda lakukan kurang lebih:

  • Memonitor Suhu CPU / PCH
  • Memonitor RPM dari fan CPU, atau mengubahnya jika fan Anda mendukung PWM control
  • Mengubah CPU BCLK
  • Mengubah clock IGP jika Anda menggunakannya
  • Memonitor SPD dari memori, dan mengubah tegangan Memori atau clock memori

Perlu diperhatikan, pengubahan variabel sistem kecuali kecepatan fan seperti CPU BCLK, frekuensi IGP, maupun memori akan membutuhkan restart sebelum setting tersebut diaplikasikan. Perubahan berbagai setting di atas juga akan mengakibatkan perubahan pada BIOS, jadi pengubahan yang diberikan tidak bisa berlaku on-the-fly.

Intel Small Business Advantage

Sebagai satu tambahan unik, chipset Intel B75 mendukung sebuah kumpulan software utility yang disebut Intel Small Business Advantage. Software utility yang diberikan Intel ini memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai hal yang umumnya berhubungan dengan maintenance dan security, misalnya saja ‘PC Health Center’ yang membantu menjadwalkan kapan Anda melakukan system maintenance, seperti Defrag,Backup, delete cookies, dadn lain-lain. Ada juga fitur security seperti ‘USB Blocker’ yang dapat membantu mem-blok tipe-tipe perangkat USB tertentu sesuai permintaan penggunanya.  

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES