in: Movies | May 7, 2012 | by: Lucky Natalia

The Avengers Bukukan Pendapatan Total US$641,8 Juta dalam 12 Hari Penayangan!

Sejak minggu lalu, perhatian pencinta film terpusat ke film fantasi adaptasi dari komik Marvel, The Avengers. Film action yang memberikan tontonan aksi dari Iron Man, Captain America, Hulk, dan Thor ini dirilis dalam format 3D dan IMAX di seluruh dunia sejak 25 April lalu dan berhasil memuaskan para penggemar berat karakter-karakter Marvel legendaris ini. Buktinya, lebih dari US$600 juta sudah berhasil dikantongi oleh Marvel. Marvelous!

Marvel boleh berbangga hati karena The Avengers berhasil memikat hati penonton—bahkan sampai mengindahkan harga tiket 3D yang lebih mahal dari tiket reguler—dan berhasil menyedot pundi-pundi uang dengan jumlah yang sangat fantastis. Di Amerika Utara sendiri, Walt Disney Studios, sebagai perusahaan yang mendistribusikan film ini, menyatakan bahwa The Avengers berhasil meraup pendapatan sebesar US$200,3 juta di dua hari penayangan perdananya dan US$441,5 juta di seluruh dunia—belum termasuk Jepang. Total setelah 12 hari penayangan, film ini mengumpulkan US$641,8 juta di seluruh dunia dan jumlah itu akan terus bertambah!

Euphoria The Avengers tidak terlepas dari strategi market yang dilancarkan Marvel Studios. Seperti yang kita ketahui, The Avengers merupakan film keenam dari deretan film Marvel yang teaser-nya bisa kita lihat di akhir closing credit Thor. Strategi ini juga dilakukan untuk film-film lainnya yang membuat penonton tidak sabar untuk menantikan kehadiran film marvel selanjutnya. Selain itu, Marvel Studios tidak pernah main-main menggarap versi layar lebar karakter-karakter legendarisnya dengan menginvestasikan cukup banyak dana baik untuk produksi maupun marketing. Contohnya untuk The Avengers, Marvel Studios menghabiskan sekitar US$220 juta untuk produksi dan US$100 juta untuk promosi.

Di samping keberhasilan strategi market, perilisan film ini dalam format 3D dan IMAX juga menambah pemasukan karena harga tiket yang sedikit lebih mahal dibandingkan harga tiket biasa.

Hingga saat ini, The Avengers mendapatkan banyak respon positif, baik dari segi akting, aksi, maupun special effect-nya. Bahkan, karakter Hulk yang sebelumnya tidak begitu laris di pasaran, mendapatkan pujian berkat akting prima Mark Ruffalo. Film ini mendapat rating 94% fresh dari Rotten Tomatoes dan sebuah angket mengungkapkan bahwa film ini mendapat nilai yang sangat jarang diberikan kepada film lainnya, A+.

Tags:

Share This: