Abraham Lincoln Vampire Hunter: Adaptasi yang Mengecewakan

Reading time:
June 27, 2012
Abraham Lincoln Vampire Hunter Poster

Membebaskan penduduk berkulit hitam dari perbudakan merupakan tindakan kemanusiaan yang menjadikan Abraham Lincoln sebagai salah satu tokoh penting dalam sejarah. Namun, berdasarkan novel garapan Seth Grahame-Smith, Abraham telah melakukan lebih dari sekadar membebaskan Amerika Serikat dari sistem perbudakan dan berkecipung di dunia politik. Dalam novel tersebut, presiden Amerika Serikat ke-16 itu menyimpan profesi rahasia, yaitu sebagai seorang pemburu vampir.

Memodifikasi sejarah hidup tokoh sebesar Abraham Lincoln dengan menambahkan bumbu mistis dan menempatkannya sebagai pahlawan dalam cerita tersebut merupakan konsep yang sangat menarik. Bahkan cover buku yang menampilkan Abraham berdiri tegap penuh wibawa dengan janggut khasnya di bagian depan, serta kepala vampir dan kapak penuh darah di genggaman tangannya ditampilkan di bagian belakang sudah cukup menarik perhatian. Sayangnya, saya tidak bisa mengatakan hal yang sama mengenai isi novel tersebut.

Abraham Lincoln Vampire Hunter 2

Penggunaan jurnal Abraham semasa hidup sebagai landasan cerita Abraham Lincoln: Vampire Hunter menjadikan alur cerita dalam novel terasa sangat lambat dan cenderung membosankan. Setiap detail mengenai kehidupan keluarganya, hubungan dengan orang tuanya, kesulitan yang dihadapi ketika menghadapi kematian ibunya, hingga proses adaptasi dengan keluarga barunya dieksplorasi secara mendetail.

Berbeda dengan novelnya, film adaptasi yang mengusung judul yang sama justru memotong banyak bagian membosankan tersebut. Di satu sisi, hilangnya detail sejarah hidup Abraham semasa kecil menghilangkan sisi membosankan dari cerita, tetapi di sisi lain justru bagian inilah yang membuat film Abraham Lincoln: Vampire Hunter terasa kurang menggigit.

Abraham Lincoln Vampire Hunter 1

Berawal di Indiana pada tahun 1818, Abraham Lincoln kecil (Lux Haney-Jardine) dicambuki oleh anak buah Jack Barts (Marton Csokas), karena melindungi temannya, Will (Curtis Harris), yang berusaha mengejar kedua orangtuanya yang hendak dijual sebagai budak. Untuk melindungi anaknya, Thomas Lincoln (Joseph Mawle) menyerang balik. Aksinya menyulut kemarahan Jack yang melakukan kunjungan mendadak ke kediaman Lincoln dan meracuni ibu Abraham, Nancy Lincoln (Robin McLeavy) yang sedang tidur.

Hari selanjutnya, Thomas mendapati istrinya tersebut terkapar di tempat tidur dengan penyakit yang bahkan tidak dapat diidentifikasi oleh dokter. Nancy pun meninggal. Sembilan tahun berlalu, Abraham Lincoln (Benjamin Walker) yang termotivasi oleh balas dendam, menembak kepala Jack. Namun, Jack yang ternyata adalah seorang vampir tidak terpengaruh oleh tembakan tersebut dan justru menyerang balik. Untungnya, Henry Sturgess (Dominic Cooper), seorang asing yang ditemui Abraham di bar, menolongnya dan menjelaskan bahwa vampir benar-benar ada. Ia pun menawarkan jasanya untuk melatih Abraham menjadi seorang pemburu vampir. Didorong oleh perasaan ingin membunuh Jack, Abraham menerima tawaran tersebut dan petualangannya pun dimulai.

Esensi emosional hilang di tengah aksi penuh darah

Hilangnya detail kedekatan Lincoln dengan ibunya, memperkecil kemungkinan penonton untuk mengerti secara mendalam kemarahan, kesedihan, dan hasrat yang mendorong Abraham untuk memburu dan membunuh vampir sebanyak-banyaknya. Kondisi ini menjadikan masa transisi Abraham menjadi seorang pemburu vampir terasa tawar dan kepuasan ketika melihat satu per satu vampir jatuh di atas genangan darah mereka sendiri berkat kapak kepercayaan Abraham juga kurang terasa.

Abraham Lincoln Vampire Hunter 5

Namun, jika Anda senang dengan film penuh aksi pertarungan jarak dekat dengan darah bercipratan tentunya dapat menikmati film ini. Apalagi ditambah dengan kelihaian bermain kapak yang ditampilkan oleh Benjamin Walker. Tampaknya Timur Bekmambetov menggunakan pengalamannya menggarap film bertema vampir, Night Watch dan Day Watch, serta aksi menegangkan yang penuh darah dan gerakan-gerakan spektakuler dalam Wanted dengan sangat baik. Pertarungan yang dihadapi Abraham pun mengalami gradasi dari taraf singkat dan biasa saja menjadi epik dan spektakuler di penghujung film.

Abraham Lincoln Vampire Hunter 6

Dengan Seth Grahame-Smith sebagai penulis novel dan naskah adaptasi membuat saya berharap film ini dapat menampilkan bagian-bagian terpenting dari cerita. Sayangnya, Seth justru banyak memangkas cerita-cerita di awal kehidupan Abraham yang seharusnya dapat memperkokoh fondasi dan menonjolkan esensi drama dalam Abraham Lincoln: Vampire Hunter. Kondisi ini terasa semakin parah, karena kemampuan acting para pemeran seakan yang tidak tergali secara maksimal untuk menonjolkan sisi emosional masing-masing karakter. Walaupun begitu, Abraham Lincoln: Vampire Hunter merupakan film laga-fantasi yang menghibur.

Tanggal rilis:
22 Juni 2012

Genre:
Action, horror, fantasy

Durasi:
105 menit

Sutradara:
Timur Bekmambetov

Pemain:
Benjamin Walker, Mary Elizabeth Winstead, Dominic Cooper, Anthony Mackie

Studio:
Tim Burton Productions, 20th Century Fox

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…