in: News | June 29, 2012 | by: Gatot Tri Yuwono

VGA NVIDIA GeForce GTX 660 Meluncur Bulan Juli?

Perilisan GeForce GT 640 di ajang Computex 2012 yang lalu menandai telah terisinya dua kelas dari lini graphics card NVIDIA seri 600 dengan arsitektur Kepler, entry-level dan high-end, menyisakan kelas mainstream. Tentu saja NVIDIA tidak tinggal diam membiarkan kelas ini kosong mengingat disinilah biasanya graphics card sweet-spot berada.

Untuk mengisi kelas mainstream, NVIDIA akan merilis GeForce GTX 660 yang diperkirakan akan keluar pada bulan Juli mendatang. Sayangnya hingga saat ini belum ada kepastian mengenai spesifikasi graphics card ini dan chip GPU apa yang akan digunakan. Apakah NVIDIA tetap akan menggunakan chip GPU GK104 dengan beberapa unit SMX yang di non-aktifkan atau NVIDIA akan membuat chip GPU baru seperti chip GK107 pada GT 640.

GK104 Block Diagram

Salah satu hal menarik adalah NVIDIA diperkirakan akan merilis dua versi GeForce GTX 660. Versi pertama adalah GTX 660 Ti dan versi kedua GTX 660 (non-Ti). Sepertinya NVIDIA ingin mengulang skema yang telah mereka lakukan pada graphics card seri GTX 560 terdahulu.

Tidak ubahnya seperti spesifikasi, kepastian harga untuk dua versi graphics card ini juga belum dapat dipastikan. Diperkirakan harga graphics card ini akan berada di rentang harga US$199-US$249. Meskipun begitu terdapat juga kabar bahwa seri terkencang GTX 660 akan berada di kisaran harga US$299.

Apakah Anda sudah tidak sabar menunggu kehadiran GeForce GTX 660? Atau jangan-jangan Anda telah siap dengan sejumlah dana dan siap untuk membeli GTX 660 begitu keluar di pasaran Indonesia? Kami berharap performa graphics card ini tidak kalah menarik dibandingkan saudara-saudaranya.

 

Sumber 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES