in: Graphics Card - News | July 24, 2012 | by: Ridwan Fariz

A New Dawn: Demo Teknologi VGA NVIDIA Terbaru

Masih ingatkah Anda dengan ikon seorang peri cantik yang pada sepuluh tahun lalu (2002) pernah diperkenalkan oleh NVIDIA? Dawn, merupakan aplikasi yang mendemokan kemampuan dari sebuah graphics card GeForce FX dengan merender seorang karakter peri yang memiliki detail yang sangat tinggi dan juga memiliki ekspresi dan gerakan layaknya seorang manusia, dan pada zamannya saat itu teknologi (graphics card) yang mampu merender karakter seperti ini merupakan hal yang sangat luar biasa.

Setelah sepuluh tahun, kali ini NVIDIA menghadirkan kembali peri cantik tersebut dengan menggunakan teknologi yang jauh lebih tinggi dibandingkan demo Dawn sepuluh tahun yang lalu. A New Dawn, merupakan judul dari demo teknologi yang baru saja dirilis NVIDIA dan dapat diunduh secara gratis. Berbeda dengan Dawn yang dirilis pada sepuluh tahun lalu yang memang hanya memfokuskan untuk merender karakter sang peri saja, pada demo teknologi A New Dawn ini lingkungan hutan yang berada disekeliling peri ini dirender dengan detail yang sangat tinggi juga menggunakan feature Tesselation (DirectX 11) dengan menampilkan lebih dari empat juta triangles hanya untuk lingkungannya saja. Detail dari karakter sang peri ini dirender dengan sangat realistik, seperti kibasan rambut (physic) terlihat nyata, warna kulit dari karakter peri kini tidak terlihat terlalu glossy ataupun matte yang terlalu pucat. Selain itu juga penggunaan efek cahaya lainnya (DOF/bokeh) yang sudah menjadi teknik rendering post-processing and film-based saat ini sudah diaplikasikan pada demo teknologi A New Dawn dari NVIDIA ini.

Sebelum Anda mengunduh dan mencoba demo A New Dawn ini pada PC Gaming kesayangan Anda, ada baiknya Anda melihat terlebih dahulu system requirement dari aplikasi ini, dan persiapkan juga “mental” yang cukup kuat,  dapat dipastikan PC Gaming kebanggaan Anda akan cukup “dibantai” karena memang kebutuhan hardware untuk menjalankan si peri cantik ini sangatlah tinggi. NVIDIA sendiri menciptakan demo ini untuk menunjukkan kemampuan dan performa dari graphics card flagship miliknya yaitu GeForce GTX 690.

  • GPU: GTX 670 or 680 (GTX 670 SLI, GTX 680 SLI, or GTX 690 recommended for Ultra mode)
  • CPU: 2.5GHz Dual-Core or higher
  • System Memory: 4GB
  • Disk Space: 2GB
  • Operating System: Windows 7 or Windows Vista

Bahkan dari beberapa member di forum Guru3D yang telah mencobanya dengan menggunakan graphics card seperti GTX 570, hanya mendapatkan belasan frame rate per second saja! Kami sendiri di JagatReview sedang mengunduhnya saat ini, bagi Anda yang cukup penasaran ingin mencobanya, dapat langsung mengunduhnya disini, dan bagi Anda yang sudah mencobanya silahkan memberikan komentarnya pada artikel ini. Selamat mencoba!

 

 

 

Tags: