in: News | July 11, 2012 | by: Gatot Tri Yuwono

AMD Richland Menjadi Penerus Trinity

Berbeda dengan prosesor AMD Llano, prosesor AMD Trinity, APU generasi kedua, mengawali debutnya di pasar perangkat mobile. Sedangkan debut AMD Trinity untuk perangkat desktop diperkirakan baru dimulai pada akhir tahun 2012. Meskipun begitu, ternyata AMD telah mempersiapkan APU generasi ketiga, Richland, yang diproduksi dengan proses fabrikasi 28nm.

Unit CPU AMD Richland akan terdiri dari versi dual-core dan quad-core yang dilengkapi feature Turbo Core Technology. Hingga saat ini belum dapat dipastikan apakah unit CPU AMD Richland akan menggunakan arsitektur Piledriver seperti yang digunakan oleh Trinity atau akan menggunakan arsitektur generasi terbaru, Steamroller.

Sedangkan untuk unit GPU, AMD Richland akan menggunakan graphics card seri HD 8000 yang merupakan keluarga graphics card AMD Sea Island. Diperkirakan, AMD Richland dual-core akan dilengkapi unit GPU dengan 128 Stream Processor dan 384 Stream Processor untuk versi quad-core. Tentu saja feature dual-graphics tetap akan hadir di sini.

Satu hal menarik dari AMD Richland adalah prosesor ini akan menggunakan soket FM2 seperti AMD Trinity. Untuk memori, AMD Richland akan mendukung memori DDR3 dengan kecepatan 1866 MHz.

Diperkirakan, AMD akan merilis Richland pada akhir kuartal dua tahun 2013. Ini berarti, AMD Richland kemungkinan akan menghadapi prosesor 22nm dari Intel, Haswell, pada waktu diluncurkan. Sejauh mana kemampuan APU generasi ketiga ini dalam menghadapi prosesor dari Intel baik pada generasi Haswell ataupun generasi sebelumnya? Kita tunggu saja tanggal mainnya.

Sumber

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES