in: News - Overclocking | July 22, 2012 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Futuremark LOC 2012: Kesempatan Merebut Tiga Tiket Terakhir MSI MOA 2012

Penyelenggara kompetisi overclocking terbesar sedunia MSI, kembali berkolaborasi dengan Futuremark untuk mengadakan kontes overclocking Futuremark Lord of Overclocking (LOC) 2012. Kompetisi online yang diadakan rutin setiap tahun oleh Futuremark ini nantinya akan memperebutkan 3 (tiga) tiket untuk menuju MSI MOA 2012 Worldwide Final di Taipei. Sebelum kontes ini diadakan, MSI juga sudah bekerjasama dengan Hwbot.org untuk mengadakan babak penyisihan regional, yang digunakan untuk memilih total 12 overclocker terbaik dari berbagai belahan dunia untuk mengikuti babak Final bulan September nanti. Sebagai informasi tambahan, rekan kami Hendra Masli dan Alva Jonathan sudah lolos ke babak Final MSI MOA 2012 dengan menjuarai babak penyisihan MSI MOA region Asia.

Pihak MSI sudah mengonfirmasikan bahwa di babak Final nanti, akan terdapat total 16 (enam belas) tim yang bertanding, 12 berasal dari penyisihan regional, 1 tim pemenang tahun lalu, dan 3 tim yang menjadi terbaik overall di kontes Futuremark LOC 2012. Ini berarti Futuremark LOC 2012 adalah kesempatan terakhir bagi para overclocker di seluruh Dunia untuk mengikuti MSI MOA 2012!

Format Kontes yang Berbeda

Benchmark yang dilombakan kali ini: 3Dmark11

Tahun ini, Futuremark LOC dikemas dengan format yang sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Salah satu perbedaan yang mencolok adalah tidak adanya pembatasan region pada lomba kali ini. Perlu diketahui, kontes Futuremark LOC selalu dibagi menjadi 3 (tiga) region, yaitu Amerika, Eropa/TimurTengah/Afrika, dan Asia. Dengan tidak adanya pembatasan wilayah ini, otomatis persaingan antar overclocker akan semakin berat!

Perbedaan yang kedua, meski benchmark yang dilombakan hanya 3DMark 11, namun ada 3 (tiga) sub-kategori yang berbeda, yakni

  1. 3DMark 11 Overall Score (Performance Preset), dengan limitasi Single GPU only.
  2. 3DMark 11 Physics Score
  3. 3DMark 11 Graphics Score (Performance Preset), tanpa limit jumlah GPU

Pembagian sub-kategori ini menjadikan kontes Futuremark LOC 2012 menjadi cukup menarik untuk disaksikan, karena tiap-tiap subkategori ini pastinya membutuhkan konfigurasi hardware yang berbeda. Futuremark sendiri tidak memberi persyaratan hardware yang terlalu kompleks, karena kompetisi ini dibuka bagi semua user yang menggunakan motherboard dan VGA merk MSI.

Hadiah yang Melimpah

Kompetisi overclocking Futuremark LOC selalu diwarnai dengan hadiah yang melimpah, dan pada kompetisi ini Futuremark memberi 19 (sembilan belas) macam hadiah, yang terbagi atas :

3 Tiket menuju MSI MOA 2012: Bagi pemenang utama tiap kategori

12 Hadiah Mingguan: Bagi peserta yang skornya tertinggi setiap minggu per kategori (Total 12 hadiah : 4 minggu x 3 kategori)

4 Lucky Draw: Bagi peserta yang beruntung setiap minggu

Hadiah yang diberikan sangatlah menarik.  Tidak percaya? Lihat saja list hadiah lengkap berikut ini:

*klik untuk memperbesar*

 

MSI GTX 680 Lightning : Akankah jadi Hardware unggulan?

Kompetisi Futuremark LOC akan berlangsung dari tanggal 27 Juli 2012 hingga 23 Agustus 2012. Selama periode tersebut overclocker dan para PC performance enthusiast dari segala penjuru dunia akan saling berlomba menjadi yang terbaik untuk memperebutkan tiga tiket menuju MSI MOA 2012 Worldwide Final. Perbincangan mengenai siapa calon pemenang dari Futuremark LOC 2012 pun sudah mulai merebak di berbagai forum online, namun menurut kami jalannya kompetisi ini belum bisa diprediksi karena ada sebuah hardware baru yang akan turut meramaikan kontes ini,yakni MSI GTX 680 Lightning!

Mungkinkah VGA Baru ini memecahkan rekor 3DMark11?

VGA racikan MSI yang perlahan mulai muncul ke permukaan ini masih misterius. Sampai saat artikel ini dipublish, belum ada satupun kabar mengenai extreme overclocking dari VGA ini yang bereda, kemungkinan besar ini berkaitan dengan belum adanya software MSI Afterburner Extreme untuk GTX 680 Lightning. Yah, we’ll find out soon enough.

Berminat?

Bagi Anda yang berminat mengikuti kontes Futuremark LOC 2012, silahkan kunjungi Competition page pada web Futuremark berikut ini.

Simak juga berbagai update mengenai jalannya kompetisi ini dan juga berita terbaru seputar MSI MOA 2012,  hanya di JagatReview!

 

 

 

 

 

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES