in: Graphics Card - News | July 27, 2012 | by: Ridwan Fariz

GeForce GTX 660 Ti = GTX 670 dengan Bandwidth 192-bit?

Sebelumnya kami telah memberikan informasi mengenai spekulasi empat graphics card yang akan dirilis pada Agustus 2012 ini. Kali ini kami mendapatkan informasi lain dari sebuah website luar (sweclockers.com) yang menyebutkan mengenai spesifikasi lengkap dan juga tanggal rilis dari salah satu graphics card NVIDIA yang akan dirilis bulan depan.

16 Agustus, merupakan tanggal yang disebut-sebut sebagai tanggal peluncuran resmi dari GeForce GTX 660 Ti yang memang merupakan graphics card yang sudah ditunggu-tunggu oleh banyak user dan penggemar dari graphics card NVIDIA di seluruh dunia. Karena sesuai tradisi NVIDIA, GeForce GTX dengan akhiran angka 60 ini selalu memberikan price-performance ratio yang sangat baik, dengan menawarkan performa kelas atas tetapi dengan harga yang dibanderol masih relatif terjangkau oleh sebagian besar kalangan gamer.

Lalu bagaimana dengan spesifikasi dari GTX 660 Ti ini? Pada berita mengenai spekulasi sebelumnya disebutkan bahwa graphics card ini akan menggunakan chip GPU yang sama seperti kakak-kakaknya GTX 680/GTX 670 yaitu GK104. Dari informasi terakhir yang kami dapatkan, GeForce GTX 660 Ti ini tidak lain dan tidak bukan merupakan GTX 670 (GK104), tetapi dengan pengurangan bandwidth memory yang sebelumnya menggunakan 256-bit kini menjadi 192-bit, dan TDP dari graphics card ini pun turun menjadi 150 Watt saja. Di luar Bandwidth Memory dan TDP, disebutkan bahwa kedua graphics card ini memiliki kemiripan yang sangat persis baik dari segi clock (core/memory) maupun jumlah shader (CUDA) yang dimiliki.

Harga dari graphics card ini diramalkan akan berkisar pada angka US$ 300-320, dengan spesifikasi seperti yang disebutkan di atas tidaklah heran jika AMD cukup cemas dan langsung mengambil strategi price cut pada beberapa graphics card terbarunya, karena diperkirakan bahwa “jagoan mainstream” terbaru dari NVIDIA ini akan cukup “memukul” beberapa graphics card AMD seperti HD 7870 atau bahkan HD 7950. Mari kita tunggu saja berita selanjutnya, semoga berikutnya kami dapat memberikan Hands-On dan review secara langsung graphics card yang memang sudah ditunggu-tunggu ini. Stay tune at JagatReview!

Sumber

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES