in: Graphics Card - News | July 20, 2012 | by: Ridwan Fariz

MSI Mempersiapkan HD 7970 Lightning Berbasis Tahiti XT GHz Edition yang Dilengkapi Water Cooling

Tentu Anda sudah mengenal varian graphics card Lightning dari MSI. Varian ini diciptakan dan didesain khusus untuk para overclocker ekstrim ataupun para enthusiast user yang ingin mendapatkan performa maksimal. Sebelumnya kami telah me-review kemampuan varian Lightning HD 7970 yang memang memiliki performa sangat tinggi dan juga sarat akan feature overclocking. Bahkan rekan kami dari JagatReview mampu membukukan clock GPU sebesar 1700 MHz pada kualifikasi MOA 2012 wilayah Asia Pasifik dan sekaligus berhasil menjadi yang terkencang pada kompetisi penyisihan tersebut.

Diketahui beberapa waktu lalu AMD kembali merilis varian Tahiti XT terbarunya. Walaupun memang bukan merupakan GPU yang benar-benar baru karena tidak ada perbedaan teknologi maupun feature yang diusung, Tahiti XT baru ini menggunakan chip GPU dengan proses fabrikasi 28nm yang lebih sempurna dibandingkan dengan chip GPU Tahiti XT sebelumnya. Hal tersebut berimbas dengan pencapaian clock yang bisa lebih tinggi. AMD dengan cukup percaya diri menggunakan clock sebesar 1 GHz pada HD 7970 yang kini memiliki gelar GHz edition. Dengan chip GPU Tahiti XT (GHz) yang memiliki potensi clock lebih tinggi ini, kini MSI sedang mempersiapkan varian Lightning HD 7970 yang diharapkan mampu memberikan performa lebih tinggi lagi.

Berbekal dengan chip GPU Tahiti XT “Upgraded Version”, MSI akan merilis HD 7970 Lightning miliknya ini dilengkapi dengan pendingin water cooling yang tentu saja mampu memberikan limit pencapaian dari clock graphics card ini lebih tinggi lagi dibandingkan dengan pendingin konvensional. Water cooling yang akan digunakan ini dibuat oleh EK WaterBlocks (EKWB) yang sudah dikenal dengan solusi pendingin water coolingnya yang sangat baik. Dari gambar yang terlihat, tampak graphics card ini dilengkapi display output berupa empat buah mini-DisplayPort dan dua DVI yang keenamnya ini dapat digunakan untuk menampilkan enam layar sekaligus menggunakan feature Eyefinity. Detail mengenai spesifikasi clock yang akan digunakan masih belum diketahui, dan kemungkinan besar produk ini akan diproduksi dengan jumlah yang terbatas.

*Update: Kami menerima informasi terbaru bahwa graphics card ini bukanlah produk Lightning terbaru dari MSI, melainkan informasi berita mengenai water block yang diproduksi EKWB khusus untuk MSI HD 7970 Lightning.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES