in: News | July 12, 2012 | by: Ridwan Fariz

NVIDIA Akan Meluncurkan GTS 650 Ti, GTX 660 Ti dan Dua VGA Barunya Pada Agustus ini?

Kita sudah melihat kehebatan dari Graphics card NVIDIA GTX 680 yang diketahui menggunakan GPU Kepler dengan fabrikasi 28nm ini sejak Maret lalu. NVIDIA berhasil memberikan gebrakan untuk kompetitor dan juga memenuhi ekspektasi para fans NVIDIA yang sudah menunggu kehadiran graphics card terbarunya ini, dengan memberikan performa yang mengagumkan dan juga feature unik “GPU Boost” yang pertama kali di-implementasikan oleh NVIDIA, dan tentu saja terakhir adalah penawaran harga yang lebih kompetitif yang memaksa kubu sebelah harus melakukan price cut pada produk yang dimilikinya.

Bagi para pengguna mainstream yang masih belum bisa menjangkau graphics card High End seperti GTX 680, GTX 670, atau bahkan GTX 690, kini tidak perlu menunggu lebih lama lagi, karena dari rumor yang kami dapatkan bahwa NVIDIA akan merilis empat Graphics card terbarunya (GeForce 600 series) untuk kelas Sweet Spot-Mainstream pada bulan Agustus ini antara lain :

GeForce GTX 660 Ti

Tentu saja Anda sudah menantikan graphics card kelas Sweet Spot seperti GTX 660 Ti ini untuk segera dirilis, karena pada umumnya graphics card pada segmen inilah yang mampu memberikan price performance ratio paling menarik. Dari rumor yang didapatkan, GTX 660 Ti ini akan menggunakan GPU GK104 yang berarti masih sama seperti yang digunakan “kakak-kakaknya” GTX 680/GTX 670 namun dengan beberapa pemangkasan seperti jumlah memory dan interface yang menjadi 192-bit.

GeForce GTX 660

Dibawah GTX 660 Ti tersedia juga GTX 660 (plain) yang dikabarkan graphics card ini akan menggunakan GPU dengan kode GK 106 yang memiliki total 1152 Stream Prosesor (CUDA Cores) dan juga dilengkapi memory berukuran 1.5 GB GDDR5 dengan interface 192-bit. Perkiraan harga yang akan digunakan saat launching berkisar US$200 – US$250 yang tentu akan sangat menarik bagi para mainstream user/gamer yang ingin meng-update ataupun membangun PC/Gaming-rig barunya dengan graphics card ini.

GeForce GTS 650 Ti

GeForce GTS 650 Ti, informasi penamaan dari graphics card ini masih belum dipastikan apakah nantinya akan menggunakan nama GTS ataukah GTX. Graphics card ini akan menggunakan GPU GK106 yang sama seperti GTX 660 namun dengan jumlah 5 buah SM (Streaming Multiprocessor) yang bertotal 960 SP/Cuda Cores. Ukuran memory standar yang digunakan yaitu 1GB/2GB GDDR dengan interface 192-bit. Harga perkiraan akan beriksar US$120 – US$160 pada peluncurannya.

GeForce GT 640 GDDR5

Mungkin Anda sudah pernah membaca review dari graphics card GT 640 ini sebelumnya, tetapi pada bulan Agustus nanti NVIDIA sudah menyiapkan versi baru dari graphics card ini yang dikabarkan kali ini akan menggunakan memory GDDR5 yang akan memberikan bandwidth memory yang lebih lebar, dan tentu akan berimbas pada peningkatan performa jika dibandingkan seri sebelumnya yang hanya menggunakan GDDR3. Walaupun merupakan seri termurah dari varian Kepler, namun nampaknya GTS 650 Ti masih jauh lebih menjanjikan untuk Gaming purpose.

Masih terdapat banyak spekulasi dan diskusi mengenai spesifikasi yang akan diusung NVIDIA pada graphics card kelas mainstream yang akan dirilis Agustus nanti, namun selama kita masih belum melihat bukti ataupun informasi sah yang bocor ataupun dirilis, kita baru bisa menyebut informasi tersebut sebagai prediksi semata. Berikut tabel yang kami dapatkan dari Guru3D mengenai penempatan dari keempat graphics card terbaru dari NVIDIA ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES