in: Casing | July 10, 2012 | by: Hendra Wijaya

Review CM Storm Trooper: Casing Gaming FULL TOWER XL-ATX

Pengujian

Pengujian kali ini, kami menggunakan hardware-hardware berikut yang akan dirakitkan di casing gaming CoolerMaster CM Storm Trooper ini.

  • PSU: Corsair HX1050 Watt
  • Motherboard: Gigabyte 990FXA-UD7
  • Prosesor: AMD FX-8150
  • Memori: Corsair Vengeance 1866 Cl9 8GB kit Dual Channel.
  • VGA Card: Nvidia GTX 570
  • Storage: WD Velociraptor 300 GB 10000 RPM, SSD Kingston HyperX 120GB

Bracket storage dari CM Storm Trooper

Casing ini dilengkapi dengan tempat penyimpanan storage khusus untuk SSD.

Berbeda dengan casing biasa, pada casing CM Storm Trooper ini hard disk storage dimasukan dari sidepanel kanan bukan dari kiri

CM Storm Trooper yang sudah dirakit dengan motherboard ATX, terlihat masih banyak ruangan yang tersisa pada bagian bawah casing ini.

Sistem cable-management dari CM Storm Trooper

Bagian belakang casing yang sudah dirakit

 

Hasil Pengujian
Desain yang mirip dengan seri CoolerMaster HAF-X

Casing CM Trooper ini memiliki desain exterior yang mirip dengan casing coolermaster HAF-X, terutama pada bagian depan, kiri dan kanannya. Sedangkan yang menjadi perbedaan mencolok pada casing CM Trooper ini adalah casing ini dilengkapi dengan pegangan handle yang kuat dan kokoh untuk mempermudah casing ini diangkat dan dibawa ke tempat-tempat LAN Party atau gathering para gamer.

Walaupun memiliki desain exterior yang mirip dengan casing HAF-X, Casing CM Trooper ini memiliki desain interior yang cukup berbeda jauh terutama pada bagian tempat penyimpanan storage hard disk/SSD dan Drive-Bay 5.25″.

Menggunakan bahan yang kuat dan kokoh, tetapi ringan

Casing ini menggunakan bahan yang kuat pada bagian kerangka utama dan penutup sidepanel casing ini. Bahan yang digunakan memang tidak setebal dan sekokoh casing HAF-X demi mengurangi bobot berat casing ini. Hal ini tentunya tergolong wajar untuk sebuah casing yang diperuntukan untuk gamer hardcore yang cukup sering berpindah-pindah tempat dan suka membawa gaming gear dan rignya kemana saja dia pergi.

Fitur Storm Guard yang dapat memberikan keamanan lebih untuk gaming gear para gamer

Dengan Fitur Storm Guard, Anda akan mendapat kenyamanan lebih khususnya untuk keamanan rig ketika sedang mengikuti acara LAN-Party. Feature ini memberikan keamanan lebih kepada gaming-gaming gear kesayangan Anda, seperti mouse, headset dan keyboard. Fitur ini akan mengunci kabel-kabel gaming equipment dengan cara menyelipkan kabel-kabelnya pada fitur ini. Memang fitur ini memberi keamanan lebih, tetapi bukan berarti 100% bebas pencurian, hanya sekadar mempersulit dan mengulur waktu yang tentunya dapat membuat sang pencuri berpikir untuk tidak menjadikan gaming gear Anda sebagai target curian. Jadi dengan adanya fitur ini mungkin Anda bisa berasa nyaman ketika meninggalkan rig ketika sedang membeli snack, beristirahat di luar, ataupun sedang ke toilet.

Ruang cable-management dibelakang tray motherboard tergolong sempit

Ruang cable-management pada casing ini tergolong cukup sempit untuk kelas casing FULL-Tower XL-ATX. Ketika kami merakit dengan konfigurasi single VGA card dengan 2 unit HDD/SSD saja kami sudah mulai terasa cukup repot menutup sidepanel kanan casing ini, apalagi jika sudah menggunakan konfigurasi multi-VGA card SLI/CFx dengan hard disk/SSD dalam jumlah banyak, konfigurasi cable-management harus benar-benar rapi, baru sidepanel kanan casing ini dapat ditutup.

Kesimpulan

Casing CM Storm Trooper ini merupakan casing gaming yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan para hardcore gamer yang membutuhkan casing PC gaming yang dapat memuat komponen-komponen high-end seperti Motherboard XL-ATX yang tentunya juga dilengkapi dengan pegangan handling yang dapat mempermudah untuk dibawa ke mana saja, tanpa memperdulikan bobot berat yang akan diangkut.

Kelebihan:

  • Mendukung penggunaan motherboard berukuran XL-ATX
  • Front-panel sudah dilengkapi dengan USB 3.0
  • Dilengkapi pegangan handling yang mempermudah untuk mengangkat dan memindahkan casing ini
  • Fitur “Fire storm Guard” yang memberi keamanan lebih

Kekurangan:

  • Ruang cable-management yang tergolong sempit untuk kelasnya
  • Masih tergolong berat untuk sebagai casing gaming mobile

Ditributor : PT. Astrindo Senayasa

Harga : +- RP1.700.000,00 (Kisaran Harga)

 

 

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES