in: Movies | July 22, 2012 | by: Ernest Dimitria

The Dark Knight Rises: Pertarungan Terberat Batman di Layar Lebar

Setelah melalui masa penantian yang cukup lama, akhirnya installment ketiga dari trilogi Batman garapan Christopher Nolan dirilis. Beragam berita dari set, trailer, poster, dan sebuah video featurette berdurasi 13 menit telah menghiasi masa penantian tersebut. Namun, apakah kualitas The Dark Knight Rises dapat memenuhi ekspekstasi dan hype yang ditumbuhkan selama ini? No Doubt!

Mengambil setting waktu delapan tahun setelah peristiwa di The Dark Knight, kota Gotham berada dalam kondisi damai. Sayangnya, hal yang sama tidak bisa mewakili perasaan Bruce Wayne yang telah mengisolasi diri dari dunia setelah kehilangan teman lamannya, Rachel Dawes (Maggie Gyllenhaal). Begitu pula halnya dengan Komisaris James Gordon (Gary Oldman) yang menyimpan konspirasi di balik kematian Harvey Dent (Aaron Eckhart) dan menghilangnya Batman dari kota Gotham.

Acara peringatan kematian Harvey Dent dijadikan kesempatan bagi Selina Kyle (Anne Hathaway) untuk memenetrasi Wayne Manor di balik kedok seorang pelayan. Bruce berhasil memergoki Selina dalam aksinya mencuri kalung mutiara milik ibunya dan sidik jari Bruce yang menempel di brankas. Satu set sidik jari Bruce dijual ke rival bisnisnya dan digunakan oleh seorang teroris bernama Bane (Tom Hardy) untuk menghancurkan Wayne Enterprises dan meninggalkan Bruce dalam kondisi bangkrut.

Siapakah Bane sebenarnya? Apa rencana yang dimiliki Bane untuk Bruce dan Batman? Mengapa Bane begitu bersemangat menghancurkan kota Gotham? Lalu, siapakah Selina Kyle dan apa motivasinya mencuri sidik jari Bruce? Semua pertanyaan tersebut pun dijawab dengan sangat indah melalui naskah garapan Nolan bersaudara (Christopher dan Jonathan) dan David S. Goyer ini.

Penutup yang sempurna

Setelah kehadiran musuh bebuyutan Batman, The Joker yang digambarkan dengan sempurna oleh alm. Heath Ledger dalam installment sebelumnya, sulit rasanya membayangkan musuh yang lebih kompleks dan menyeramkan darinya. Namun, interpretasi karakter Bane oleh Nolan yang digambarkan dengan sangat baik oleh Tom Hardy (Inception) mengubah pandangan tersebut. Penampilan, suara, sifat, dan misteri di balik tokoh antagonis bertopeng tersebut menambahkan bumbu ketegangan yang cukup signifikan. Bahkan ekspresi mata Tom Hardy berhasil menunjukkan kengerian karakter tersebut. Bane pun menjadi musuh Batman yang sepadan.

Selain Bane, Nolan sukses membawa Selina Kyle/Catwoman ke layar lebar dengan tetap setia terhadap penggambaran karakter tersebut dalam komik. Selina selalu berdiri di garis antara kebaikan dan kejahatan yang membuat setiap langkahnya menjadi sebuah misteri tersendiri. Sama halnya dengan hubungan Selina dengan Bruce dan Catwoman dengan Batman yang kerap berubah dan sulit ditebak. Sayangnya, bahkan waktu 164 menit tidak cukup menggambarkan chemistry di antara kedua karakter tersebut dengan baik.

There’s never a dull moment. Itulah yang terasa ketika menonton film ini. Tidak hanya kelihaian para pemeran dalam menggambarkan masing-masing karakter, tetapi Nolan seringkali menempatkan sang pahlawan dalam kondisi yang sama sekali tidak menguntungkan, menghilangkan harapan dan mengejutkan penonton dengan beragam plot twist yang mencengangkan. Kehadiran karakter baru lainnya, seperti John Blake (Joseph Gordon-Levitt) dan Miranda Tate (Marion Cotillard), ditemani dengan kehadiran kendaraan baru bagi Batman yang dinamakan The Bat oleh Lucious Fox (Morgan Freeman).

Bagi saya, setiap aspek dalam film ini berhasil melampaui ekspektasi yang dibangun oleh rangkaian teaser yang ditawarkan selama masa penantian. Dari action yang menegangkan, plot twist yang mencengangkan, dan campur aduk emosi yang dimunculkan berhasil menjadikan The Dark Knight Rises sebagai penutup franchise yang sempurna. Namun, Nolan mengumbar sejumlah teaser di bagian akhir film yang menandakan hadirnya pahlawan baru. Apakah Nolan akan membuat installment keempat Batman dan mematahkan rencana reboot yang telah mengudara cukup lama?

Tanggal rilis:
20 Juli 2012 (Indonesia)

Genre:
Action, crime

Durasi:
164 menit

Sutradara:
Christopher Nolan

Pemain:
Christian Bale, Michael Caine, Gary Oldman, Tom Hardy, Morgan Freeman, Marion Cotillard, Anne Hathaway, Joseph Gordon-Levitt

Studio:
Warner Bros. Pictures, DC Entertainment

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES