in: News - Processors | August 30, 2012 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

AMD perkenalkan Steamroller pada Hot Chips Symposium 2012

Belum lama ini, spesifikasi AMD FX ‘Vishera’ terpaparkan di Internet. Prosesor AMD Vishera yang menggunakan arsitektur “PileDriver” ini sudah lama ditunggu-tunggu para penggemar CPU AMD karena menjanjikan performa yang lebih tinggi dan diharapkan bisa bersaing di pasaran. Tapi sebelum prosesor Piledriver versi Desktop resmi dirilis, AMD sudah memberikan sedikit ‘sneak peek’ mengenai arsitektur mereka yang terbaru, Steamroller, tepatnya pada ajang Hot Chips Symposium 2012.

Pada acara tersebut, Senior Vice-president dan CTO AMD, Mark Papermaster, memaparkan berbagai hal mulai dari Surround Computing, Heterogeneous System Architechture (HSA), hingga beberapa perubahan dan peningkatan yang dilakukan AMD pada arsitektur Steamroller terbaru mereka, seperti yang terlihat pada Slide presentasi AMD berikut ini: *klik untuk memperbesar*

Seperti yang terlihat dari slide di atas, AMD berencana meningkatkan performa Steamroller dengan memberikan satu tambahan instruction decoder, berjumlah total 2 (Dua) instruction Decoder per satu modul Steamroller, berbeda dengan Bulldozer (mungkin juga Piledriver) yang hanya memiliki satu instruction decoder per modul seperti yang terlihat di bawah ini:

Steamroller vs Bulldozer

Selain peningkatan jumlah dekoder instruksi, AMD juga menjanjikan peningkatan 5-10% pada Scheduling efficiency,  dan tidak melupakan rasio performance per watt.

Jika semuanya berjalan sesuai jadwal yang seharusnya, maka Steamroller akan hadir dipasaran di tahun yang sama dengan perilisan Intel Haswell , pertengahan 2013 nanti.

Sumber : Hotchips.org

Tags:

Share This: