in: News | August 8, 2012 | by: Deliusno

APT Akan Terus Menjadi Masalah Serius Bagi UKM

Sebuah ancaman yang serius mengintai perusahaan skala menengah atau biasa dikenal dengan nama UKM. Beberapa waktu yang lalu, Symatec menemukan ancaman yang mereka sebut sebagai advanced persistent threats (APTs). Apakah sebenarnya APT itu? Temukan jawabannya di artikel berikut ini.

APT merupakan salah satu serangan terarah yang menggunakan rekayasa sosial dan malware yang dikostumisasi untuk mendapatkan akses tidak sah ke informasi penting.

Fondasi serangan APT mirip dengan Stuxnet. Serangan ini banyak berawal dari flash disk yang terkontaminasi. Saat flash disk tersebut dicolok ke PC atau notebook, maka secara otomatis sistem komputer akan terinfeksi malware.

Uniknya, APT terkadang sulit terdeteksi oleh anti-virus. Hal tersebut dapat terjadi karena APT tidak didesain untuk merusak sistem, melainkan untuk mencuri data. Serangan ini pun tidak secara otomatis bekerja. Biasanya jenis serangan ini akan menunggu sekitar 5 hingga 6 bulan. Namun, tidak beroperasi bukan berarti serangan ini benar-benar diam. Malware ini akan terus terhubung dengan server si penjahat cyber.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jenis serangan APT ini merupakan ancaman serius bagi UKM. Tingginya tingkat produksi dan cepatnya sistem bisnis harus bergerak merupakan salah satu alasan mengapa UKM banyak diserang.

Data-data penting dan rahasia milik korban banyak yang dijual di underground economy.

Symantec menegaskan kalau ancaman ini nyata dan sudah banyak terjadi.

Bagaimana cara mencegah ATP masuk ke sistem? Symantec menyarankan untuk lebih meningkatkan security awareness. Jangan sembarangan mencolok USB Flash disk, lebih baik di-scan terlebih dahulu.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES