in: News | August 18, 2012 | by: Dedy Irvan

Promo Smartphone: Android Canggih Menjadi Murah

Di bulan Agustus 2012 ini ada beberapa smartphone Android kelas premium yang kami pantau ditawarkan dengan harga murah di pasaran Indonesia. Ingin tahu yang mana saja?

Dari pemantauan singkat kami, berhasil ditemukan 3 smartphone yang berasal dari kelas premium, namun sudah turun harganya. Meski mungkin sudah agak berumur (karena diperkenalkan di tahun 2011), namun karena pada dasarnya ketiga smartphone ini adalah kelas premium, Anda akan tetap bisa merasakan keungulan spesifiknya. Seperti diketahui, smartphone kelas premium selalu “dibumbui” fitur ekstra yang berlimpah atau bahkan istimewa. Fitur kelas atas ini yang susah ditemukan pada smartphone kelas menengah saat ini.

Sony Ericsson Xperia Arc S (Lt18i)

Xperia Arc S terlihat ditawarkan seharga 2,1 juta rupiah di www.erafone.com. Penurunan harga yang cukup jauh, mengingat harga terakhirnya yang berada di kisaran 3 – 3,5 juta rupiah.

Update: Berdasarkan pantauan hari ini, Xperia Arc S di www.erafone.com sudah habis terjual!

Smartphone single-core 1.4 GHz ini adalah salah satu smartphone premium terakhir dari masa kejayaan prosesor single core untuk smartphone kelas atas. Keunggulannya, tentu terletak pada kamera 8 megapixel khas Sony yang menawarkan kualitas gambar sangat baik. Sementara itu, prosesor Qualcomm Snapdragon 1,4 GHz yang dipakai juga menawarkan performa yang masih tergolong baik untuk saat ini. Jangan lupa, Sony sudah menyediakan OS Android ICS untuk smartphone ini.

Review Sony Ericsson Xperia Arc

Keunggulan:

–    Layar 4,2”, 16:9, dengan BRAVIA engine, 480×854 pixel
–    Sony xLOUD
–    Kamera 8 Megapiksel berkualitas tinggi
–    Prosesor single core berkecepatan tinggi
–    Expansion slot (MicroSD)
–    Micro HDMI terpisah dari port USB
–    MicroUSB OTG
–    Tipis (8.7mm)
–    OS Android ICS 4.0

 

LG Optimus 2X

Salah satu smartphone dual core pertama ini terlihat ditawarkan dengan harga 2,5 juta rupiah di gerai Selular Shop. Promo tersebut seharusnya berakhir di bulan Juli 2012, tapi menurut gerai di Pondok Indah Mall (Jakarta), harga tidak kembali dinaikkan.

Ingin smartphone brand premium dengan prosesor dual core 1 GHz yang tangguh dan dilengkapi dengan layar Gorilla Glass? Ini dia pilihan murahnya. Ingin bermain game? Tidak ada masalah dengan smartphone ini. Terlebih lagi, dengan digunakannya SoC NVIDIA Tegra 2, Anda bisa mencari game yang sudah dioptimalkan di www.tegrazone.com.

Keunggulan:

–    Layar 4,0”, dengan Gorilla Glass, 480×800 pixel
–    Kamera 8 Megapiksel, bisa merekam video 1080p (24fps), kamera kedua 1,3 Megapiksel
–    Prosesor dual core 1 GHz, NVIDIA Tegra 2
–    Expansion slot (MicroSD)
–    Micro HDMI terpisah dari port USB
–    MicroUSB

 

(Google) Galaxy Nexus

Smartphone Google yang diproduksi oleh Samsung ini sedang di-sale di www.erafone.com dengan harga Rp 3.999.000. itu berarti harganya turun dari kisaran pasar 5 jutaan rupiah.

Dengan spesifikasi yang tinggi, smartphone ini akan bisa memuaskan kebutuhan pengguna paling serius sekalipun. Prosesor dual-core yang digunakannya adalah yang pertama kali disertifikasi untuk OS Ice Cream Sandwich (ICS). Saat ini, smartphone bertubuh lebar ini bahkan sudah memperoleh OS Jelly Bean secara resmi! Layarnya yang berukuran besar adalah daya tarik yang menawan. Layar Super AMOLED berukuran 4,65 inci dengan resolusi 720×1280 pixel (HD) ini hanya bisa disaingi oleh segelintir smartphone tercanggih terbaru saat ini, yang harganya di atas 5 juta rupiah. Terlebih lagi, layar Super AMOLED pada Galaxy Nexus ini memiliki warna putih yang netral, bukan kebiru-biruan atau kehijau-hijauan seperti pada produk Samsung lainnya. Dukungan dari produsennya (Google) dan hardware yang mumpuni membuat smartphone ini menjadi sangat menarik.

Keunggulan:

–    Layar 4,65”, dengan Gorilla Glass, Super AMOLED, 720×1280 pixel
–    Kamera 5 Megapiksel, bisa merekam video 1080p (30fps), kamera kedua 1,3 Megapiksel
–    Prosesor dual core 1.2 GHz, TI OMAP 4460
–    Memory storage 16GB built-in
–    NFC (Near Field Communication)
–    MicroUSB MHL, kombinasi dukungan TV-out 1080p (dengan konverter)
–    Tipis (8.9mm)
–    Dukungan OS sudah mencapai Android Jelly Bean (4.1)

 

Pilih yang mana?

Ketiga smartphone di atas memiliki keunggulan masing-masing. Apabila Anda membutuhkan kamera foto terbaik dari ketiganya, tanpa terlalu mempedulikan game 3D yang berat dan bisa menikmati layar relatif besar yang berkualitas, Sony Xperia Arc S adalah pilihan terbaik dengan harga terendah, 2,1 juta rupiah. Dengan harga murah ini, Anda harus merelakan tidak adanya kamera kedua. Akan tetapi, tersedianya OS Android ICS dan fitur khas Sony bisa menjadi kompensasi yang baik.

Apabila Anda mempunyai dana ekstra, tidak terlalu kritis terhadap kualitas hasil foto, dan menginginkan beragam fitur performa tapi dalam paket murah, LG Optimus 2X adalah pilihan yang baik. Bodi yang agak tebal dan ukuran layar “hanya” 4.0 inci memang menjadi trade-off dari harganya. Sementara itu, update ke OS Android ICS masih harus dinantikan beberapa saat (bulan?) lagi.

Jika Anda menginginkan pengalaman menggunakan salah satu smartphone Android terbaik saat ini, dengan harga sudah terjangkau, Galaxy Nexus adalah pilihannya. Upgrade OS dari smartphone ini bahkan masih terjamin setelah Jelly Bean! Dan layarnya yang nyaman akan membuat Anda susah berpaling ke smartphone lain, sekaligus membangkitkan rasa iri pengguna smartphone 3 jutaan lain. Well, sedemikian baiknya, sehingga Apple berusaha menghambat smartphone ini dijual di pasaran Amerika Serikat 🙂

Butuh tablet Android murah? Anda bisa menyimak berita promo tablet kami, yang tak kalah menarik.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES