[Review] The Expendables 2: Bertabur Bintang dan Darah

Reading time:
August 17, 2012

The Expendables 2 Poster
Setelah menonton Valentine’s Day di tahun 2010, ada satu anggapan yang muncul dan melekat dalam benak saya: “Film layar lebar yang dipenuhi nama-nama bintang besar Hollywood lebih menonjolkan nilai jual dari pemerannya sehingga kualitas cerita yang disuguhkan terasa pas-pasan dan cenderung mengecewakan.” Namun, pada dasarnya memang saya tidak begitu menyukai film drama komedi-romantis seperti itu. Lalu, bagaimana dengan film laga?

The Expendables 2 2

Kekecewaan serupa muncul ketika akhirnya saya menonton The Expendables (2010). Walaupun dihiasi bintang-bintang laga ternama, seperti Sylvester Stallone, Dolph Lundgren, Jason Statham, bahkan Jet Li, The Expendables tidak berhasil memuaskan ekspektasi saya. Dua tahun berlalu, Lionsgate merilis sekuel film laga bertabur bintang tersebut dengan lebih banyak bintang lainnya, termasuk sang legenda, Chuck Norris. Bagaimana kualitas The Expendables 2 dibanding film sebelumnya?

Misi yang personal

The Expendables 2 3

Barney Ross (Stallone) dan tim tentara bayarannya, The Expendables, kembali beraksi. Kali ini, Ross mendapat misi dari Mr. Church (Bruce Willis) untuk menyelamatkan sebuah objek dengan didampingi oleh Maggie (Yu Nan) dan anggota terbaru mereka, Billy the Kid (Liam Hemsworth). Misi tersebut mempertemukan mereka dengan grup teroris bernama Sang yang dipimpin oleh Jean Vilain (Jean-Claude Van Damme). Keberhasilan menjalankan misi pun terancam ketika Vilain menyandera salah satu anggota The Expendables. Terbentuknya misi baru tak terelakkan dan The Expendables terpaksa menyusuri daerah berbahaya untuk menghentikan Sang. Apa objek yang dimaksud? Apa yang hendak direncanakan Vilain dengan objek tersebut? Siapa anggota The Expendables yang ditawan oleh Sang?

Full action, klise, dan darah

Jika dibandingkan dengan film laga lain yang baru kami review, The Bourne Legacy, tampak jelas adanya perbedaan kualitas plot yang disuguhkan. The Expendables 2 memiliki plot yang sederhana dan langsung menempatkan para bintang di tengah aksi baku tembak. Perbedaan tersebut bukanlah hal yang aneh, mengingat franchise Bourne memang dibangun di atas fondasi cerita tentang rahasia pemerintah. Fondasi tersebut melahirkan plot film yang berlapis-lapis dengan beragam masalah yang menyelubungi masing-masing karakter. Hal tersebut tidak terjadi dalam The Expendables 2 yang lebih menonjolkan satu masalah dan satu motivasi yang mendorong satu grup tentara bayaran tersebut untuk beraksi.

The Expendables 2 Van Damme

Dengan plot yang lebih straight forward, dosis action-nya pun lebih berlimpah. Sejak awal film dimulai, Stallone, dkk langsung dihadapkan ke kerumunan musuh yang mencoba menghabisi mereka. Aksi baku tembak yang dihiasi mobil-mobil penghancur dan pameran kemampuan bela diri Jet Li ditampilkan dengan apik. Alunan musik yang menegangkan dan cipratan darah dari tubuh musuh meningkatkan pengalaman laga dalam film ini. Namun, adegan tersebut menunjukkan sebuah klise film laga: para pahlawan dapat berdiri di lapangan terbuka, di tengah kerumunan musuh, dan dihujani peluru yang terus meleset dari target, tetapi mereka selalu berhasil menghabisi musuh setiap kali menarik pelatuk.

The Expendables 2 1

Selain klise film laga yang tentunya mudah ditemukan selama film berjalan, daya tarik utama dari The Expendables 2 adalah taburan bintang laga veteran yang menghiasi film tersebut. Selain Van Damme, bintang laga lain yang kali ini muncul adalah Chuck Norris dan kehadiran aktor yang satu ini sangat menghibur. Mengapa demikian? Jawaban dari pertanyaan ini harus Anda cari sendiri. Yang pasti Anda akan dibuat tertawa oleh aktor tersebut. Suntikan humor dalam film ini memang cukup banyak, dari isi percakapan para karakter hingga catch phrases dari film-film yang pernah mereka bintangi sebelumnya.

The Expendables 2 Chuck Norris

Secara keseluruhan, The Expendables 2 merupakan film laga yang sangat menghibur. Memang cukup disayangkan banyak nama besar yang muncul dalam porsi yang sangat sedikit dalam film ini. Pastikan Anda tidak membawa anak atau anggota keluarga lain yang masih di bawah umur untuk menonton film ini!

Tanggal rilis:

17 Agustus 2012 (Indonesia)

Genre:

ACTION!!!

Durasi:

102 menit

Sutradara:

Simon West

Pemain:

Sylvester Stallone, Jason Statham, Liam Hemsworth, Bruce Willis, Chuck Norris, Jean-Claude Van Damme, Arnold Schwarzenegger

Studio:

Millenium Films, Nu Image Films

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…
March 28, 2024 - 0

Shift Up: Rambut Panjang EVE Tahan Pengembangan Stellar Blade Satu Tahun

Sebuah fakta yang tidak bisa dibantah bahwa seperti apa yang…