in: News | August 30, 2012 | by: Deliusno

Tidak Ada NFC di iPhone 5?

Belakangan ini, santer terdengar sebuah kabar yang menyatakan kalau iPhone generasi berikutnya akan menggunakan komponen NFC. Komponen tersebut diadakan untuk mendukung feature dompet digital pada iOS 6. Sebuah blog di China pun menguatkan rumor tersebut. Blog tersebut menampilkan gambar bagian dalam dari iPhone 5 dan menandai sebuah bagian yang dicurigai sebagai NFC. Namun, sebuah situs memprediksi dan membuat sebuah kesimpulan yang berlawanan dari berita yang ada selama ini, iPhone 5 tidak akan dilengkapi dengan NFC!

AnandTech baru saja membuat kesimpulan kalau iPhone 5 tidak akan dilengkapi dengan chip NFC. Salah satu alasan mengapa AnandTech mengambil kesimpulan tersebut adalah besarnya area penutup bagian belakang. Selain itu, kecilnya ruangan pada bagian atas dan bawah dari chip tersebut, semakin meyakinkan AnandTech kalau bagian yang ditandai ini bukanlah NFC.

NFC beroperasi di band 13.56MHz dan memiliki gelombang yang ckup besar, yaitu 22.1 m. Menurut AnandTech, untuk mengoptimalkan NFC pada sebuah smartphone adalah sebuah tantangan tersendiri, apalagi pada smartphone dengan ukuran panjang 5 inci.

Selain itu, untuk menghasilkan gelombang yang baik, biasanya diperlukan inductor yang besar. Biasanya, antenanya lah yang memiliki ukuran besar. Dengan informasi tersebut, AnandTech memprediksi kalau bagian yang ditandai tersebut tidak digunakan untuk menaruh chip NFC.

Masih menurut AnandTech, memiliki area belakang yang cukup besar (unibody metal back case) juga akan menurunkan performa dari NFC.

Prediksi manakah yang benar? Apakah iPhone 5 akan menggunakan NFC? Mari kita tunggu bersama jawabannya pada 12 September mendatang!

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES